2/27/2023

Memahami Teks Berita, Pengertian, Ciri- Ciri, Struktur dalam Teks dan Contohnya

Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan radio, ditayangkan di televisi maupun diunggah dalam website atau situs. Teks berita bersiikan fakta namun tidak semua fakta dapat diangkat menjadi sbeuah berita

Ciri- ciri teks Berita
Teks berita memiliki ciri- ciri khusus yang dapat membedakan dengan jenis teks yang lainnya. Adapun ciri- ciri dari teks berita diantaranya :
  1. Bersifat faktual  atau dapat dipercaya
  2. Dapat diterima masyarakat
  3. Jelas
  4. Menarik
  5. Menggunakan kalimat sederhana
  6. Segera disampaikan
  7. Terkini
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Suatu teks dapat dikatakan layak sebagai teks berita apabila memenuhi syarat sebuah teks berita. Syarat teks berita pada dasarnya mengacu pada ciri teks berita. Berikut syarat sebuah teks  agar layak disebut sebagai teks berita :
  1. Faktual, artinya teks berita harus berisi fakta atau peristiwa nyata.
  2. Aktual, artinya suatu teks berita harus merupakan peristiwa yang masih hangat atau baru
  3. Seimbang, artinya teks tersebut tidak boleh memihak kepada siapapun, jadi berita yang disajikan seimbang atau berimbang
  4. Lengkap, artinya teks berita haruslah lengkap dengan unsur 5W + 1H (What, Why, Who, When, Where + How) dan harus memenuhi unsur atau struktur teks berita
  5. Menarik, artinya berita disampaikan dengan judul yang menarik sehingga orang akan lebih tertarik untuk membaca teks berita tersebut
  6. Sistematis, artinya berita harus disajikan secara berurutan (terstruktur) agar jelas dan mudah dipahami.

Unsur- Unsur Teks Berita
Unsur dasar sebuah teks berita adalah 5W + 1 H (What, Why, Who, When, Where + How). What untuk menanyakan apa yang terjadi. Why untuk menanyakan mengapa hal itu terjadi, Who untuk menanyakan siapa yang ada dalam peristiwa, When untuk menanyakan kapan kejadian berlangsung, Where untuk menanyakan dimana kejadian terjadi dan how untuk menanyakan bagaimana kejadian itu bisa terjadi. Dalam bahasa Inggris kata- kata tersebut dikenal dengan question words.

Struktur Teks Berita
Ada tiga struktur teks berita yang saling berkaitan membentuk suatu teks menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Struktur teks berita terdiri dari orientasi, peristiwa dan sumber berita. 
a. Orientasi berita
Orientasi berita merupakan bagian tentang awal mula dari suatu kejadian atau peristiwa yang akan diberitakan. bagian ini biasanya berisi tentang penjelasan secara singkat akan informasi yang diberitakan tersebut.

b. Peristiwa
Peristiwa merupakan bagian tentang inti pokok konflik atau permasalahan yang dibahas di dalam suatu berita. Peristiwa juga menjelaskan tentang runtutan jalannya kejadian dari awal hingga akhir berdasarkan fakta sebenarnya.

c. Sumber berita
Sumber berita berisikan asal diperolehnya informasi yang diberitakan. Bagian sumber berita dapat terletak  pada bagian akhir berita namun juga sering terdapat pada bagian dalam berita itu sendiri.

Susunan Teks Berita
a. Kepala Berita
Pembuatan judul haruslah dibuat semenarik mungkin, singkat, padat, dan mudah diingat dan tentunya harus sesuai dengan isi berita.

b. Teras Berita
Teras berita berisikan inti berita dengan menyebut pokok 5W + 1 H yang bertujuan menjelaskan secara singkat terhadap isi berita. Teras berita terletak di bawah judul biasanya terdapat pada paragraf pertama. teras berita memiliki kedudukan yang sangat penting disamping judul berita. Bentuk teras berita dapat berupa 
  • Teras simpulan yaitu teras yang berisikan kesimpulan atau pemadatan isi
  • Teras pernyataan, yaitu teras yang berisikan pernyataan orang atau sumber
  • Teras kutipan, yaitu teras yang berisi kutipan seseorang
  • Teras kontras yaitu teras yang berisikan sesuatu yang bertentangan dengan apa yang sedang berlaku dalam masyarakat
  • Teras Eksklamasi yaitu teras yang berisikan suatu ungkapan yang menunjukkan jeritan, rasa sakit, dan ungkapan sejenisnya
c. Tubuh berita
Tubuh berita berisi penjelasan yang lebih rinci tentang berita yang disampaikan, penjelasan panjang lebar tentang 5W + 1 H 

d. Ekor berita
Ekor berita berisi penutup yang berupa kesimpulan dans aran. Ekor berita bersifat opsional, artinya tidak bersifat mutlak harus ada dalam sebuah berita.    

Kaidah Kebahasaan Teks Berita
Kaidah kebahasaan merupakan kaidah atau ketentuan bagaimana suatu teks dibangun. Kaidah kebahasaan memungkinkan kita membedakan apakah suatu teks itu tergolong ke dalam teks berita atau tidak. Ciri dari kaidah kebahasaan teks berita adalah sebagai berikut :

a. Adanya keterangan
Keterangan dalam teks berita digunakan untuk menjelaskan kalimat- kalimat dalam teks berita. Keterangan diperlukan agar pembaca berita dapat memahami berita dengan baik dan benar.

b. Verba transitif
Verba adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman atau pengertian dnamis lainnya. Verba transitif pada umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Verba transitif merupakan verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek dan satu yang lainnya sebagai objek dalam kalimat aktif.

c. Verba pewarta
Verba pewarta merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu percakapan sehingga menjadi ciri khas kebahasaan yang ada dalam teks berita. Contoh verba pewarta adalah mengatakan, memberitakan, memaparkan, dan sebagainya. 

Contoh Teks Berita dan Analisis Unsur- Unsurnya
Untuk lebih memahami unsur- unsur teks berita, yuk kita coba perhatikan bacaan teks berita berikut ini,

Waduk Gajah Mungkur Siaga Kuning, Warga di Bantaran Sungai Diimbau Waspada

Elevasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri kembali dalam kondisi siaga kuning. Masyarakat diimbau untuk waspada.

"Pintu (spillway WGM) dibuka karena siaga. Selain itu karena SOP yang sudah berlaku," kata Kepala Sub Devisi Jasa Air Jasa Tirta III/1 Fendri Ferdian kepada detikJateng, Senin (27/2/2023).

Ia mengatakan sejak dibuka 14 Februari lalu, pintu spillway WGM belum kembali ditutup. Namun limpahan air yang dilepaskan ke aliran Bengawan Solo disesuaikan dengan kondisi elevasi di WGM.

Fendri menuturkan pada Senin (27/2) pukul 14.00 WIB elevasi WGM berstatus siaga kuning. Ketinggian air naik dari waktu sebelumnya. Saat ini ketinggian air mencapai 136.63 m SHVP.

Menurut Fendri, pada siang ini pihaknya melepaskan air dengan debit 180 meter kubik per detik dari pintu air tersebut (spillway). Selain itu, limpasan air dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di waduk tersebut debitnya 58 meter per detik.

Sehingga, total air yang dikeluarkan dan masuk ke aliran Bengawan Solo dari waduk itu mencapai 238 meter kubik per detik.

Diketahui, kondisi waduk dikatakan siaga hijau jika ketinggian air mencapai 135.30 mdpl. Sedangkan siaga kuning jika ketinggian air mencapai 136.00 mdpl. Sementara itu waduk berstatus siaga merah jika ketinggian air mencapai 137.20 mdpl.

"Kami mengimbau kepada masyarakat selama musim penghujan agar tidak melakukan kegiatan di badan sungai. Karena sewaktu-waktu dapat terjadi kenaikan debit Bengawan Solo. Kami selalu berkoordinasi dengan lembaga terkait seperti BPBD (saat ada peningkatan outflow)," kata Fendri.

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Teguh Setiyono mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi yang ada. Pada kondisi tertentu, ketika air dari waduk meluap, early warning system (EWS) akan berbunyi.

"Selama ini mekanismenya koordinasi ketika ada peningkatan outflow (spillway). PJT memberitahu BPBD dan turun ke masyarakat di sekitar bantaran sungai BS. BPBD kemudian menginfo ke jejaring kami seperti camat, lurah, RW dan RT setempat. Ini untuk antisipasi," kata Teguh.

Sumber : detikJateng

Unsur- Unsur yang terdapat dalam berita tersebut adalah sebagai berikut :
1. What (Apa yang terjadi)?
Elevasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri kembali dalam kondisi siaga kuning

2. When (kapan)?
Senin tanggal 27 Februari 2023 pukul 14.00 WIB

3. Where (dimana)?
Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri

4. Why (mengapa)?
Ketinggian air naik dari waktu sebelumnya yang saat ini ketinggian air mencapai 136.63 m SHVP

5. How (bagaimana tindak lanjutnya)?
Masyarakat selama musim penghujan agar tidak melakukan kegiatan di badan sungai karena sewaktu-waktu dapat terjadi kenaikan debit Bengawan Solo dan dihimbau agar tetap waspada dengan potensi yang ada.

Itulah tentang Teks Berita, Pengertian, Ciri- Ciri, Struktur dalam Teks dan Contohnya. Semoga tulisan ini bisa membantu teman- teman dalam memahami teks berita. Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment