2/03/2023

Inilah Alasan Mengapa Video Pembelajaran Wajib diterapkan di Kelas Anda

Teman- teman, tahukah bahwa pelibatan video dalam pembelajaran dapat menjadi cara yang bagus loh dalam melibatkan dan menciptakan pengalaman belajar bagi siswa yang lebih interaktif. Saatnya kita sebagai guru untuk memanfaatkan alat yang tepat dan kreativitas, dalam membuat video pembelajaran  yang informatif dan menarik.

Gambar oleh Hatice EROL dari Pixabay

Melalui tulisan ini, akan kami ulas mengapa video pembelajaran menjadi hal yang penting dalam kelas. Video pembelajaran dapat berupa animasi, dokumenter, ceramah dan tutorial interaktif. Saat ini kita mengenal berbagai bentuk video dalam pembelajaran antara lain sebagai berikut,

1. Video ceramah
Video tersebut akan menampilkan seorang guru yang berbicara tentang topik tertentu dan memberikan penjelasan secara menyeluruh kepada siswa. Video - video ini banyak dimanfaatkan selama pembelajaran daring pada tahun lalu atau dalam pembelajaran online. 

2. Video tutorial
Video tutorial merupakan salah satu cara yang baik untuk mengajari siswa tentang bagaimana cara melakukan sesuatu atau melakukan tugas tertentu. Melalui video tersebut siswa akan melihat langkah- demi langkah tentang melakukan sesuatu. Video tutorial dapat diterapkan pada semua jenjang, baik SD sampai SMA. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris misalnya, dapat ditampilkan video tentang bagaimana membuats esuatu dalam bab Procedure Text

3. Video instruksional
Video instruksional berupa video singkat yang menjelaskan instruksi untuk satu topik yang sering digunakan di ruang kelas. Contoh video instruksional adalah video tindakan pencegahan keamanan yang menjelaskan peraturan yang harus dipatuhi di dalam laboratorium.

4. Video penjelasan
Video penjelasan merupakan video yang dibuat untuk memberikan penjelasan mendetail tentang subjek atau topik tertentu. Video jenis ini biasanya menyertakan visual seperti diagram atau animasi untuk membantu siswa memahami konsep dengan jelas. Misalnya, menayangkan video tentang terjadinya Tsunami yang akan memberikan pemahaman konsep secara jelas kepada siswa.

Kelebihan- Kelebihan Video Pembelajaran
Video pembelajaran akan memberikan Pengalaman Belajar
Video pembelajaran merupakan cara yang bagus untuk memberikan pengalaman belajar yang dinamis dan menarik bagi siswa. Video pembelajaran dapat diakses dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

Selain itu video pembelajaran akan memberikan ruang kepada siswa dalam berfokus terhadap materi yang dipelajari. Siswa yang belajar dengan menonton video pembelajaran cenderung tetap terlibat dalam materi daripada mereka yang membaca atau mendengarkan rekaman audio. Hal ini berarti bahwa video mungkin berguna untuk memotivasi siswa yang kurang tanggap terhadap metode pengajaran konvensional.

Video pembelajaran memudahkan penjelasan konsep secara visual
Video pembelajaran akan melibatkan dan menerangkan siswa tentang berbagai topik. Video pembelajaran cara yang efektif untuk memecah konsep kompleks menjadi potongan-potongan yang mudah dipahami, serta memberikan demonstrasi secara visual untuk menggambarkan topik dengan lebih jelas.

Video Pembelajaran mudah dibagikan
Video pembelajaran dapat dengan mudah dibagikan secara online sehingga dapat menjangkau siswa di secara luas. 

Itulah mengapa video pembelajaran wajib ada di kelas kita. Semoga tulisan ini bermanfaat buat teman- teman semuanya khususnya guru. Salam.

No comments:

Post a Comment