2/03/2023

Rekomendasi Novel Bertema Guru yang Mesti Di Baca, Ada yang Menguras Air Mata

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang di AhzaaNet. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan yaa.. Baik, menjelang akhir pekan ini kita akan mengulas beberapa novel yang berkaitan dengan guru. Yap, guru merupakan pahlawan kita, pahlawan tanpa tanda jasa. Beliau- beliau memperjuangkan, mengajari, mendidik kita menjadi orang- orang yang berkepribadian di sekolah. 

Nah, beberapa penulis pun menuangkan karyanya melalui tulisan berbentuk novel yang menceritakan suka dan duka sebagai seorang guru. Ada beberapa karya yang perlu dibaca di bawah untuk melihat guru dalam berbagai aspek dan meluaskan perspektif kita tentang guru sehingga kita lebih menghargai jasa- jasanya. Baik, berikut ulasannya,

1. Novel Guru Aini


Novel garapan Andrea Hirata ini bercerita tentang Desi, guru Matematika yang ditempatkan di SMA Ketumbi berlokasi di pelosok Sumatera yaitu Tanjung Hampar. Hal yang dihadapi oleh Desi ketika mengajar adalah bahwa semua siswanya takut pada pelajaran Matematika. Itulah yang menjadi tantangan Desi, bagaimana kegigihannya akan mengalahkan realita yang terjadi. Salah satu siswanya bernama Aini yang bercita-cita menjadi seorang dokter namun memiliki nilai matematika yang buruk. Keinginan Aini yang kuat untuk meraih mimpinya membuatnya mendaftar ke kelas bu guru Desi karena dia guru matematika paling jenius disana. Nah, akankah bu guru Desi berhasil membantu Aini untuk mewujudkan cita-citanya? Seperti biasa yaa Andrea Hirata menyuguhkan karya yang menguras perasaan, haru, sedih, jenaka melalui tokoh- tokohnya. Recommended banget untuk di baca. 

2. Dua Belas Pasang Mata (Twenty-Four Eyes)


Bu Guru Oishi merupakan guru baru di sebuah desa nelayan yang miskin. Dia berasal dari desa pohon pinus. Bu guru Oishi selalu tampil kebarat- baratan, sehingga penduduk desa sempat mengucilkannya. Namun dia bersikeras untuk menghadapinya karena  tidak ada guru lagi yang dapat mengajarkan mereka. Akhirnya para siswa pun mulai menyukai kehadirannya. Tidak berapa lama, perang pecah dan di kota Tanjung dan memporak-porandakan tempat tersebut. Hal tersebut tentunya mengubah kehidupan Bu Oishi dan siswa- siswa didiknya pada tahun-tahun berikutnya. Nah, apa saja yang terjadi pada kehidupan Bu Oishi dan anak muridnya?

3. Totto-Chan


Totto-chan adalah anak yang punya rasa ingin tahu sangat besar. Tetapi rasa keingintahuannya itulah yang membuat dirinya dianggap nakal sehingga akhirnya dikeluarkan dari sekolah. Ibunya mendaftarkan ke sekolah yang baru untuk Totto yaitu Tomoe Gakuen, yaitu sekolah yang pembelajarannya dilakukan di gerbong kereta. Sekolah Tomoe Gakuen memiliki aturan yang unik yaitu siswa- siswanya diperbolehkan mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan. Sistem ini dibuat oleh sang kepala sekolah yaitu Pak Kobayashi. 

Pak Kobayashi menerapkan aturan unik tersebut agar anak-anak bisa belajar sebisa mungkin. Salah satunya adalah kebebasan memilih mata pelajaran yang diinginkan. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan anak-anak kesempatan mempelajari mata pelajaran yang diinginkan sejak awal agar saat sudah besar, ilmunya dapat diterapkan. Pak Kobayashi juga memastikan bahwa anak-anak memakan makanan bergizi dengan membawa makan siang yang berisi sayuran dan ikan. Beliau sangat mencintai sekolah dan ingin anak-anak muridnya menjadi secerdas mungkin. Kecintaannya pada pendidikan dapat dilihat dari caranya mengelola sekolah tersebut.

4. Botchan


Novel ini bercerita tentang Botchan, yaitu seorang anak muda yang jujur dan idealis. Botchan ditugaskan untuk mengajar Matematika di Matsuyama, pedalaman desa Shikoku setelah lulus kuliah. Namun, yang dia hadai adalah siswa- siswa yang bandel dan  rekan gurunya yang berperilaku aneh.

Suatu hari, Botchan diajak memancing oleh guru kepala dan guru seni. Botchan merasa janggal dengan pembicaraan mereka yang sepertinya membahas dirinya. Kejanggalan pun dirasakan dan ia mulai merasa dijebak oleh guru kepala. Botchan yang tidak terima dengan perbuatan guru kepala berencana untuk membalas tindakannya satu per satu. Botchan dalam cerita ini menginginkan agar sistem sekolah yang buruk dan orang- orang dengan moral yang kurang baik dapat berubah menjadi baik.  sistem sekolah tersebut agar menjunjung moral baik karena sekolah itu dipenuhi oleh orang-orang dengan moral dan sifat yang buruk.

Itulah rekomendasi Novel Bertema Guru yang teman- teman wajib baca. Ingin memiliki salah satu atau semuanya? Teman- teman dapat membelinya melalui Gramedia.com. Bisa melalui tautan link di bawah ini dan tentunya ada buku- buku dan novel lain yang tidak kalah seru untuk di baca loh.

Dapatkan bukunya disini ðŸ‘‡


Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment