3/22/2023

7 Keutamaan dan Kemuliaan Bulan Ramadhan yang Perlu untuk Diketahui

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, yaitu bulan dimana Allah Swt menurunkan Al Qur'an kepada nabi Muhammad Saw, bulan yang penuh dengan keberkahan, pengampunan dan keistimewaan- keistimewaan lainnya. 

Nah, apa saja yang menjadi keistimewan dari bulan Ramadhan, berikut kami rangkum ada 7 keutamaan dari Bulan ramadhan yang mesti kita ketahui untuk menigkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt.

Gambar oleh Данила Кривошеев dari Pixabay

Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Quran
Allah SWT menurunkan Al Quran kepada nabi Muhammad Saw pada bulan ramadhan, yang mana peristiwa turunnya Al Quran tersebut dikenal dengan Nuzulul Quran. Al Quran sebagai kitab suci umat Islam diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan sebagai peristiwa penting dalam kenabian nabi Muhammad Saw. 

Al Quran digunakan sebagai petunjuk, penjelas, dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan. Hal ini termaktub dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 185 yang artinya Bulan ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan- penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda antara yang benar dan yang batil

Ramadhan merupakan Bulan Penuh Keberkahan
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan bagi umat Islam sehingga bulan Ramadhan disebut sebagai syahrul Mubarak yang artinya bulan penuh keberkahan. Ibadah yang dilakukan pada Bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt, pintu surga dibuka dan pintu neraka akan ditutup, setan- setan dibelenggu dan diikat serta dilepaskan setelah bulan Ramadhan usai. 

Ramadhan merupakan Bulan Penuh Maghfiroh
Bulan Ramadhan merupakan kesempatan yang baik untuk umat Islam dalam melakukan taubat, sebagaimana hadis Nabi yang artinya Salat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapus dosa- dosa di antara  masa- masa itu selama dosa- dosa besar dijauhi. (HR Muslim)

Perintah untuk Berpuasa
Ibadah puasa merupakan rukun Islam keempat dimana perintah untuk menjalankannya termaktub dalam Al Quran secara jelas melalui Surah Al baqarah Ayat 183 yang artinya Hai orang- orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang- orang sebelum kalian agar kalian semua bertakwa.

Perintah untuk Berzakat
Membayar zakat merupakan penyempurna dari puasa di bulan ramadhan dimana ketika puasa Ramadhan telah selesai dilaksanakan maka disempurnakanlah dengan menunaikan zakat untuk diberikan kepadafakir miskin dan golongan lainnya sebagaimana Allah berfirman dalam QS At Taubah ayat 60 yang artinya Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang- orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (muallaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang- orang berhutang, untuk jalan Allah dan orang yang sedang berpergian sebagai kewajiban dari Allah Swt. Allah Maha Mengetahui Maha Bijaksana (QS At taubah :60)

Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar disebut juga malam kemuliaan yang hanya ada di Bulan suci Ramadhan. Malam Lailatul Qadar kemuliaannya melebihi seribu bulan seperti firmn Allah Swt dalam Al Quran Surah Al Qadar ayat 1 sampai 3 yang artinya, Sungguh kami telah menurunkan Al Quran pada malam kemuliaan (1) Dan tahukah kamu, apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan (3).

Pintu Surga di Buka dan Pintu Neraka di tutup pada bulan Ramadhan
Pada bulan Ramadhan, pintu surga dibuka dan pintu neraka akan ditutup, setan- setan dibelenggu dan diikat serta dilepaskan setelah bulan Ramadhan,sebagaimana hadis Riwayat Bukhari, Apabila bulan Ramadhan datang, maka pintu- pintu langit dibuka, pintu- pintu jahanam ditutup dan setan- setan dibelenggu

Itulah keutamaan dan kemuliaan bulan Ramadhan yang perlu untuk diketahui. Semoga Ramadhan ini menjadi bulan yang penuh berkah dalam kehidupan kita dan dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Amin.

No comments:

Post a Comment