3/20/2023

Latihan Soal Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris SM-UNNES Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan Tahun 2023

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) untuk Jenjang Sarjana Melalui Seleksi Mandiri Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan Tahun 2023 sudah mulai dibuka. 

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang untuk meningkatkan kualitas mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dalam rangka menghasilkan calon guru Sekolah Dasar yang unggul. 


Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash



Untuk dapat mendaftar jalur ini, teman- teman harus memenuhi persyaratan umum diantaranya merupakan siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2023 dan masih terdaftar aktif di kelas XII/XIII. Teman- teman dapat melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai bukti. Selain persyaratan tersebut, teman- teman wajib mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES termasuk kesanggupan dalam pembiayaan belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk golongan 1 atau 2 (semester 1 s.d. 8) dan diakselerasi untuk mengikuti PPG Prajabatan.

Sedangkan persyaratan khusus pendaftaran SM-UNNES Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan 2023 mencakup Nilai rapor semester 1 s.d. 5 dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, rumpun atau mata pelajaran IPA, rumpun atau mata pelajaran IPS, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Bahasa Indonesia pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat dengan nilai minimal 8. Data- data nilai tersebut dibuktikan melalui dokumen rapor atau transkrip nilai maupun dokumen resmi lainnya.

Adapun materi yang diujikan pada Seleksi Mandiri Unnes 2023 Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan Tahun 2023 adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris serta tes wawancara.

Tes TPA dan Bahasa Inggris diujikan pada tanggal 12 Juni 2023 dan tes wawancara pada tanggal 17 Juni 2023 mendatang. 

Berkaitan dengan ujian yang akan diteskan yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris, teman- teman dapat melatih kemampuannya melalui soal- soal TPA dan Bahasa Inggris pada tautan link berikut,



Selamat Belajar. Semoga Sukses.

No comments:

Post a Comment