3/27/2023

Rangkuman dan Latihan Soal IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat (Part III) : Pemberdayaan Masyarakat

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Kita lanjutkan  belajarnya pada mapel IPS kelas 7 SMP/ MTs semester 2 Kurikulum Merdeka untuk tema 04 Pemberdayaan Masyarakat Part III tentang Pemberdayaan Masyarakat. Bagian I dan bagian II sudah saya post pada tulisan sebelumnya. 


Gambar oleh ejaugsburg dari Pixabay

Materi IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka tema 04 Pemberdayaan Masyarakat terdiri atas empat sub bab. Berikut rinciannya, 

A. Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat
1. Pengaruh Faktor Geografis yang Memengaruhi Keragaman Budaya
2. Jenis Keragaman Budaya 

B. Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya 
1. Sejarah Lokal
2. Permasalahan Sosial Budaya

C. Pemberdayaan Masyarakat 
1. Uang
2. Pendapatan 
3. Tabungan 
4. Investasi  
5. Literasi Keuangan
6. Pengelolaan Keuangan Keluarga 

D. Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat 

Oleh karenanya, rangkuman materi dan latihan soal akan saya bahan melalui empat bagian tulisan. Nah, pada tulisan ini kita bahas untuk sub bab ketiga yaitu tentang Pemberdayaan Masyarakat



Rangkuman Materi IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat bersumber pada buku IPS terbitan Kemendikbud jadi sangat pas sekali sebagai tambahan belajar secara mandiri. Rangkuman juga saya lengkapi dengan latihan soal untuk menguji sejauh mana pemahaman akan materi tersebut. 

Baik, langsung saja yaa, berikut Rangkuman dan Latihan soalnya,
========================================================================================

Rangkuman dan Latihan Soal IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat (Part III) : Pemberdayaan Masyarakat

1. Sistem barter digunakan masyarakat sebelum uang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Barter merupakan pertukaran antar barang untuk memenuhi kebutuhan.

2. Barter dianggap kurang efisien karena dalam barter seringkali tidak menemui titik temu karena perbedaan keinginan seseorang terhadap barang yang ditukar dengan barang lain. Selain itu dalam sistem barter sulit ditentukan nilai untuk standar pertukaran. Uang merupakan solusi untuk mengatasi dari kelemahn pada barter.

3. Di Indonesia berdasarkan lembaga pembuatnya, uang dibedakan menjadi dua yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal yaitu uang logam dan kertas yang
diterbitkan oleh pemerintah. Sedangkan uang giral merupakan deposito atau simpanan di bank yang dapat diambil melalui cek, giro, atau surat perintah pembayaran lain yang sah.

4. Manusia membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Langkah untuk mendapatkan pendapatan berupa uang dilakukan dengan cara melakukan suatu pekerjaan atau menyediakan faktor produksi. 

5. Pendapatan merupakan hasil (dalam satuan uang) yang diperoleh individu atau perusahaan atas kegiatan yang dilakukan. Pendapatan setiap orang berbeda tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan. Pendapatan yang didapat sebaiknya dikelola dengan baik sesuai prioritas kebutuhannya.

6. Salah satu faktor yang memengaruhi perilaku konsumsi adalah besar kecilnya pendapatan. Seseorang dengan pendapatan yang sedikit akan menggunakan sebagian besar pendapatannya untuk membeli makanan sedangkan semakin besar pendapatan seseorang maka persentase pendapatan yang digunakan untuk kegiatan konsumsi semakin kecil dan mengalihkannya dalam bentuk tabungan.

7. Hubungan antara pendapatan dan perilaku konsumsi ini dikenal sebagai Hukum Engel. Hukum Engel menyatakan bahwa:
“Semakin kecil pendapatan, semakin besar bagian pendapatan itu ditujukan untuk konsumsi. Begitu pula sebaliknya, semakin besar pendapatan, semakin besar bagian pendapatan itu ditujukan untuk tabungan”

8. Pendapatan seseorang dapat digunakan untuk melakukan konsumsi maupun disimpan dalam bentuk tabungan sehingga besarnya pendapatan akan sama dengan besarnya konsumsi ditambah dengan tabungan. Keyness menyatakan bahwa :
Setiap pertambahan pendapatan akan menyebabkan pertambahan konsumsi dan pertambahan tabungan”, atau dapat ditulis dengan: ∆Y=∆C+∆S
keterangan:
∆Y : pertambahan pendapatan
∆C : pertambahan konsumsi
∆S : pertambahan tabungan

9. Tabungan merupakan simpanan yang berasal dari pendapatan, berupa uang yang belum atau tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari atau kepentingan lain.

10. Menabung di bank lebih dipilih daripada menabung di rumah karena lebih aman dan banyak bank yang terdaftar pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS berfungsi sebagai penjamin keamanan tabungan nasabah hingga 2 milyar. 

11. Beberapa manfaat seseorang menabung yaitu:
a. Melatih gaya hidup hemat
b. Uang tersedia untuk hal mendesak
c. Meminimalkan hutang

12. Tabungan dan investasi sering kali dianggap sama oleh masyarakat namun keduanya berbeda. Tabungan bertujuan untuk menyimpans edangkan investasi bertujuan untuk menaikkan nilai tambah yang dimiliki. Investasi dapat berupa saham, obligasi dan reksadana.

13. Seseorang, yang melakukan
investasi berharap mendapatkan imbalan berupa laba, deviden ataupun bunga dari hasil investasinya.

14. Banyak investasi yang sifatnya menipu atau tidak kredibel, oleh karenanya harus selektif dalam memilih bentuk investasi. Adapun investasi yang harus dihindari adalah sebagai berikut :
a. Imbalan hasil investasi terlalu tinggi dengan waktu yang singkat
b. Sedikit informasi atau bahkan tidak ada mengenai perusahaan investasi yang dipilih
c. Investor seringkali diminta mencari orang lain untuk bergabung 
d. Tidak jelas jenis usaha yang dijalankan
e. Biasanya dipromosikan oleh tokoh masyarakat atau artis untuk memikat investor

15. Keputusan keuangan merupakan hal yang dilakukan oleh setiap individu baik dalam hal pembelian, penjualan, tabungan, investasi ataupun kegiatan lain yang berhubungan dengan keuangan.

16. Prinsip dasar keuangan tradisional adalah perilaku rasional, yang artinya setiap manusia diasumsikan selalu rasional dalam pengambilan keputusan dengan tujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

17. Pengetahuan tentang literasi sangat penting pada masa sekarang karena pertumbuhan produk keuangan sangat cepat dan mudah diakses oleh semua orang di dunia. manfaat memahami literasi keuangan bagi masyarakat adalah:
a. Mampu menyeleksi, memanfaatkan produk, layanan keuangan sesuai kebutuhan, kemampuan, dan melakukan perencanaan keuangan yang baik
b. Terhindar dari investasi yang tidak jelas 

18. Kemampuan seseorang dalam memahami tentang literasi keuangan  menurut OJK dibagi menjadi empat tingkatan yaitu:
a. Well literate, yaitu ketika seseorang mempunyai keterampilan untuk memanfaatkan layanan dan produk keuangan karena keyakinan dan pengetahuan yang dimiliki terhadap layanan dan produk keuangan tersebut.
b. Sufficient literate, yaitu ketika seseorang mempunyai keyakinan dan pengetahuan terhadap layanan dan produk keuangan.
c. Less literate, yaitu ketika seseorang kurang mempunyai pengetahuan mengenai lembaga jasa keuangan serta beberapa pengetahuan tentang produk lembaga serta jasa keuangan.
d. Illiterate, yaitu ketika seseorang tidak mempunyai keyakinan dan pengetahuan terhadap layanan dan produk keuangan serta tidak mempunyai keterampilan dalam memanfaatkan layanan dan produk keuangan.

19. Pengelolaan memiliki berbagai tujuan, yakni:
a. Meminimalkan pengeluaran dana yang tidak diinginkan pada masa mendatang
b. Mengalokasikan dana yang tersedia secara efektif dan efisien
c. Mencapai target perencanaan keuangan jangka panjang
d. Meningkatkan dan melindungi kekayaan yang dimiliki
e. Mengatur pemasukan dan pengeluaran kas
f. Mengelola utang dan piutang
g. Mencegah pemborosan

20. Langkah utama dalam mengelola keuangan adalah membuat perencanaan atau anggaran. Perencanaan adalah proses dalam menetapkan tujuan, strategi untuk mencapai tujuan serta langkah yang diperlukan agar tujuan tersebut dapat tercapai.

21. Langkah pengelolaan keuangan
a. Menyusun Tujuan keuangan
b. Menyusun Rencana Pendapatan
c. Menyusun Rencana Pengeluaran
- membedakan kebutuhan dan keinginan
- memilih prioritas pengeluaran
- melakukan penghematan pada pos pengeluaran
- menabung secara periodik
- merencanakan program untuk masa mendatang

d. Melakukan Review
- sistem amplop
- sistem buku kas harian
- sistem kas keluarga

Latihan Soal IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat (Part III) : Pemberdayaan Masyarakat

1. Sistem barter diterapkan dalam pembayaran sebelum uang ditemukan. Pernyataan yang tepat tentang sistem barter adalah ....
A. sistem penukaran uang pada masa lalu
B. sistem pertukaran antarbarang
C. sistem menaikkan harga barang pada masa lalu 
D. sistem penukaran uang dengan barang


2. Salah satu hal yang menjadikan sistem barter ditinggalkan adalah ....
A. nilai barang yang tetap
B. nilai standar penukaran sulit dicapai
C. dinilai terlalu rumit untuk dilakukan
D. tidak dikenal di masyarakat tertentu 


3. Uang logam yang diterbitkan oleh pemerintah disebut uang ....
A. kartal
B. giral
C. valas
D. digital 


4. Di bawah ini yang termasuk jenis uang kartal adalah ....
A. uang kertas
B. giro
C. cek
D. deposito


5. Berikut ini yang bukan merupakan uang giral adalah ....
A. deposito
B. cek
C. uang logam
D. giro 


6. Langkah yang tepat dilakukan manusia untuk mendapatkan pendapatan berupa uang adalah ....
A. melakukan kegiatan pengelolaan pekerjaan
B. menyediakan faktor produksi
C. melakukan suatu pekerjaan
D. semua jawaban benar


7. Agar suatu pendapatan dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan maka hal yang dilakukan adalah ....
A. memenuhi semua keinginannya
B. memenuhi semua kebutuhannya
C. mengelola pendapatan dengan baik
D. menghasilkan pendapatan yang banyak 


8. Dalam hukum Engel berlaku suatu asas bahwa pendapatan yang kecil sebagian besar bagiannya dipergunakan untuk ....
A. penyediaan barang komplementer
B. konsumsi
C. tabungan
D. investasi 


9. Penyebab utama tren menabung di rumah saat ini ditinggalkan adalah ....
A. tidak praktis
B. masalah keamanan
C. tidak mendapat keuntungan
D. tidak dijamin lembaga penjamin simpanan 


10. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat dari menabung adalah ....
A. melatih gaya hidup hemat
B. tersedia uang untuk kebutuhan mendesak
C. meminimalkan hutang
D. memenuhi keinginan 


11. Perbedaan dari investasi dan tabungan adalah terletak pada ....
A. nominal uang
B. bentuk uang 
C. nilai tambah yang dimiliki
D. bonus yang melimpah 


12. Seseorang yang berinvestasi biasanya akan mendapatkan ....
A. laba
B. bunga
C. deviden
D. semua jawaban benar 


13. Berikut ini yang bukan termasuk instrumen investasi adalah ....
A. saham
B. obligasi
C. tabungan
D. reksadana


14. Investasi dapat ditempuh dengan modal yang kecil berupa ....
A. saham
B. obligasi
C. reksadana
D. portofolio 


15. Salah satu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian diinvestasikan kembali dalam bentuk portofolio efek oleh Manajer investasi adalah ....
A. obligasi
B. saham
C. investasi emas
D. reksadana 


16. Prinsip dasar keuangan tradisional adalah perilaku rasional, artinya ....
A. setiap manusia diasumsikan selalu rasional dalam pengambilan keputusan dengan tujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan
B. setiap manusia harus cermat dan teliti dalam  pengambilan keputusan dengan tujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan
C. setiap manusia dalam pengambilan keputusan harus mempertimbangkan aspek lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan
D. setiap manusia memiliki kebebasan hak untuk mendapatkan apa yang diinginkan


17. Pak Ali memiliki keterampilan untuk memanfaatkan layanan dan produk keuangan karena keyakinan dan pengetahuan yang dimiliki terhadap layanan dan produk keuangan. Dalam hal ini tingkatan literasi keuangan Pak Ali ....
A. sufficient literate
B. well literate 
C. less literate 
D. illiterate 


18. Ketika seseorang mempunyai keyakinan dan pengetahuan terhadap layanan dan produk keuangan maka orang tersebut dapat digolongkan sebagai ....
A. sufficient literate
B. well literate 
C. less literate 
D. illiterate


19. Ketika seseorang kurang mempunyai pengetahuan mengenai lembaga jasa keuangan serta beberapa pengetahuan tentang produk lembaga serta jasa keuangan maka orang tersebut digolongkan sebagai ....
A. sufficient literate
B. well literate 
C. less literate 
D. illiterate


20. Ketika seseorang tidak mempunyai keyakinan dan pengetahuan terhadap layanan dan produk keuangan serta tidak mempunyai keterampilan dalam memanfaatkan layanan dan produk keuangan maka orang tersebut termasuk dalam golongan ....
A. sufficient literate
B. well literate 
C. less literate 
D. illiterate


21. Langkah utama dalam mengelola keuangan adalah ....
A. membuat rincian pengeluaran
B. mendaftar barang yang  dibutuhkan
C. membuat perencanaan atau anggaran
D. mengalokasikan dana 


22. Tujuan keuangan yang akan dicapai pada waktu tertentu harus disusun untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Jangka pendek berkisar dalam kurun waktu ....
A. 0 - 1 tahun
B. >1 tahun
C. 1- 5 tahun
D. >5 tahun 


23. Langkah menyusun rencana pendapatan adalah  ....
A. mencatat semua pendapatn rutin tiap bulan
B. memaksimalkan pengeluaran
C. mendaftar bonus yang didapatkan
D. menghitung besaran laba


24. Pencatatan sederhana pemasukan dan pengeluaran yang didapatkan selama satu bulan merupakan karakteristik dari sistem pengelolaan keuangan keluarga ....
A. sistem amplop
B. sistem buku kas harian
C. sistem kas keluarga
D. sistem buku kas harian dan kas keluarga 


25. Sistem pengelolaan keuangan yang menitikberatkan pada alokasi anggaran pengeluaran menjadi beebrapa pos merupakan ciri dari ....
A. sistem amplop
B. sistem buku kas harian
C. sistem kas keluarga
D. sistem buku kas harian dan kas keluarga 



No comments:

Post a Comment