3/30/2023

Serunya Belajar Coding bersama Anak dengan Blockly Games

Teman- teman, kira- kira hal apa yang akan dilakukan saat liburan panjang nanti? Nah, buat teman- teman yang belum memiliki rencana keluar atau maunya dirumah saja, ada satu platform menarik untuk coding yang dapat diajarkan oleh teman- teman ke anaknya yaitu dengan Blockly Games

Image by Pexels from Pixabay

Blockly games, sesuai naman merupakan salah satu aplikasi untuk belajar coding khususnya untuk anak- anak. Blockly games berisi serangkaian  permainan edukasi  yang akan memudahkan dalam belajar coding khususnya untuk anak. 

Tampilan Blockly Games

Platform ini berisikan delapan tahapan belajar coding yang dimasukkan dalam sistem permainan sehingga cocok untuk anak yang belum memiliki pengalaman sebelumnya tentang coding. Blockly games mendukung Bahasa Indonesia sehingga sangat memudahkan bagi teman- teman untuk mengoperasionalkannya. 

Untuk menggunakannya, teman- teman tidak perlu mendaftar dan platform ini sifatnya opensource. Silahkan ke web nya di https://blockly.games/?lang=id untuk menggunakannya. 

Bagian pertama, yaitu pengenalan bentuk-bentuk Blockly dalam permainan Puzzle atau teka teki. Para pengguna harus menyatukan puzzle- puzzle tersebut berdasarkan gambar, ciri- ciri, jumlah kaki yang benar. Misalnya, gambar bebek, yang harus digabungkan dengan puzzle bebek, klik pada jumlah kaki, dan gabungkan ciri- cirinya yaitu puzzle berwarna ungu pada puzzle yang berwarna hijau. Lengkapi semuanya lalu Periksa jawaban. 


Bagian kedua, Maze/ Labirin, yaitu menjalankan perintah untuk orang yang ada di dalam peta dengan memberikan perintah- perintah tertentu hingga sampai ke tujuannya. Tahapan ini dimulai dengan level sederhana kemudian semakin lama akan meningkat menjadi lebih menantang.


Bagian Ketiga, Bird/ burung, yaitu pengguna diinstruksikan untuk mengubah sudut tujuan untuk membuat burung mendapatkan cacing dan tanah di sarangnya. Ada 10 level yang dapat dicoba dengan tingkatan yang semakin sulit dan menantang. 




Bagian keempat, Turtle/ Kura-kura, yaitu  pengguna akan menjalankan program dengan cara membuat perintah untuk menggambar persegi


Bagian kelima, Movie/ Film, yaitu bagian yang berisikan pengantar persamaan matematika. Pada bagian ini, pengguna dapat menggunakan bentuk sederhana untuk menggambar orang


Bagian keenam, Music/ Musik, yaitu  pengantar fungsi yang digunakan untuk menulis musiklalu kita bisa menerbitkan musik tersebut.


Bagian ketujuh, Pond Tutor, yaitu tahapan yang akan memperkenalkan pemrograman berbasis teks dimana akan terdapat pergantian level antara blok dan JavaScript aktual dalam editor teks.


Bagian kedelapan, Pond, yaitu bagian akhir yang digunakan untuk memprogram dengan sistem blok atau JavaScript.

Oya, Blockly Games bisa di download apabila ingin digunakan secara offline untuk memaksimalkan akses penggunaan tanpa internet. Teman- teman dapat mendownload Blockly Games DISINI , 

Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba yaa..

No comments:

Post a Comment