3/27/2023

Pemegang KIP Kuliah Mendaftar UTBK SNBT 2023, Benarkah Gratis? Simak Info Selengkapnya

Pendaftaran UTBK SNBT 2023 sudah mulai digelar per-tanggal 23 Maret 2023 hingga 14 April 2023 melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Berkaitan dengan pendaftaran dan keikutsertaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK- SNBT) 2023, para peserta diharuskan membayar biaya ujian sebesar Rp. 200.000,00 yang dapat dilakukan melalui Bank Pemerintah yang ditunjuk.  


Berkaitan dengan pembayaran biaya UTBK SNBT 2023, pendaftar pemegang KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran sehingga dapat langsung mencetak kartu peserta dengan klik Ambil Kartu Peserta. Sementara bagi para pendaftar diluar kategori pemegang KIP Kuliah 2023 akan dikenakan biaya UTBK dengan nominal Rp. 200.000.

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Gratis Daftar UTBK SNBT 2023
Calon mahasiswa pemegang KIP Kulian non- bayar biaya UTBK, akan terdapat status yang menunjukkan Status KIP Kuliah dengan notifikasi Terdaftar (Gratis Biaya UTBK). 

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI no.4/PMK.02/2023 tentang nominal tarif seleksi nasional yang ditetapkan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial yang ditetapkan sebesar Rp 0 atau nol rupiah. 

Pada Peraturan Menteri tersebut dijelaskan pula bahwa Seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) untuk perguruan tinggi negeri program diploma/sarjana dan Layanan sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri termasuk dalam Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang ditetapkan tarif sebesar Rp0,00 (nol rupiah) atau 0 persen (nol persen).

Seperti dilansir dari Instagram KIP Kuliah, calon mahasiswa sebagai penerima KIP Kuliah yang ingin mendaftar UTBK SNBT 2023 harus telah terdaftar pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Calon mahasiswa dapat menunggu update status pendaftaran KIP Kuliah berubah pada laman tersebut yang akan tertera status KIP Kuliah "Terdaftar" (Gratis biaya UTBK)

Status KIP Kuliah Jika Gagal pada Jalur Penerimaan
Bagi para siswa yang sudah membuat akun KIP Kuliah 2023 tetapi dinyatakan tidak diterima pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, maka akun KIP Kuliah tersebut dapat digunakan pada jalur UTBK SNBT 2023. Dan apabila pada jalur UTBK SNBT 2023 juga gagal, maka akun KIP Kuliah masih dapat digunakan pada jalur peneriman di perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS) melalui jalur seleksi mandiri. 

Kartu KIP Kuliah juga masih dapat digunakan untuk mengikuti penerimaan mahasiswa baru tahun berikutnya apabila memutuskan untuk melanjutkan kuliah di tahun berikutnya dengan melakukan pembaruan akun KIP Kuliah. 

No comments:

Post a Comment