3/20/2023

Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang Sarjana Melalui Seleksi Mandiri Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan Tahun 2023: Yuk Simak Syarat dan Ketentuannya

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan sudah mulai dibuka mulai tanggal 1 Maret 2023 sampai 9 Juni 2023. Jalur ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES). 

Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang PGSD Unggulan tahun 2023/2024 bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang khususnya dalam rangka meningkatkan calon guru Sekolah Dasar yang unggul. Dalam prosesnya mahasiswa akan langsung melanjutkan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman pendaftaran https://penerimaan.unnes.ac.id

Photo by Ave Calvar on Unsplash

Persyaratan Umum
Persyaratan umum pendaftaran SM-UNNES PGSD tahun 2023/ 2024 diperuntukkan untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII. Hal tersebut dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah. 

Selain itu persyaratan umum lainnya adalah bahwa setiap mahasiswa wajib mematuhi etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES. Aturan tersebut mencakup kesanggupan membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan 1 atau 2 dari semester 1 sampai dengan 8 serta diakselerasi untuk mengikuti PPG Prajabatan. 

Persyaratan Khusus
Adapun persyaratan khusus untuk mendaftar adalah bukti dokumen rapor atau transkrip nilai maupun dokumen lain yang menunjukkan nilai rapor semester 1 s.d. 5 mata pelajaran Bahasa Inggris, rumpun atau mata pelajaran IPA, rumpun atau mata pelajaran IPS, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Bahasa Indonesia pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat dengan nilai minimal 8. 

Para pendaftar juga harus mengikuti Ujian Tes Tertulis Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik serta wawancara sebagai syarat ketentuan yang wajib dipenuhi. 

Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran SM-UNNES jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan sebasar Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) yang dibayarkan melalui Bank BTN dan Bank BNI 46 di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menunjukkan kode pembayaran Virtual Account (VA). 

Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi
Para pendaftar membuka laman pendaftaran di https://penerimaan.unnes.ac.id dan mengisi biodata dan mengisi formulir pendaftaran secara online untuk menerima kode pembayaran berupa nomor virtual account (VA). Melalui kode virtual Account (VA) tersebut, lalu dilakukan pembayaran ke Bank- bank yang ditunjuk seperti Bank BTN dan Bank BNI 46 melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking.

Pengisian data nilai Rapor dilakukan setelah melakukan pembayaran. Nilai Rapor diisikan dari semester 1 sampai 5 yaitu nilai Pengetahuan dan prestasi.

Setelah pengisian data nilai rapor, pendaftar diisyaratkan untuk mengunggah file scan yang berupa :
a. surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK
b. pas foto diri berwarna terbaru. Ukuran maksimul file yang dipersyaratkan adalah 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg
c. identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar)
d. bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh

Selain itu calon peserta juga akan mengisi form pendaftaran berupa borang yang mencakup unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti prestasi yang dimiliki.

Setelah semua dokumen terisi lengkap dan semua unggahan sukses diupload, serta pengsiian borang berhasil, maka  Kartu Peserta SM-Unnes Jalur Kelas Pendidikan Guru Kelas Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan dapat dicetak dan ditandatangani.

Tes Seleksi
Ikuti tes sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Adapun tes tulis yang berupa TPA dan Bahasa Inggris dilaksanakan pada 12 Juni 2023 dan tes wawancara pada tanggal 17 Juni 2023 (bagi peserta yang lolos Ujian TPA dan Bahasa Inggris). Sementara itu hasil seleksi diumumkan pada  tanggal 23 Juni 2023 di laman penerimaan.unnes.ac.id.

Ketentuan Lain Pendaftaran
Selain ketentuan- ketentuan di atas, ada beberapa ketentuan lain yang menjadi syarat wajib yaitu pra peserta wajib melakukan registrasi administrasi setelah dinyatakan lulus seleksi. Pengumuman registrasi administrasi akan diberitahukan kemudian.

Selain itu peserta dapat dinyatakan gugur jika tidak lulus SMA/ MA/SMK/ MAK, tidak melakukan registrasi admnistrasi sesuai ketentuan dan secara terbukti emlakukan pemalsuan data /melakukan kecurangan/memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Informasi yang kurang jelas, dapat menghubungi Petugas  Unit  Layanan Terpadu  (ULT)  UNNES  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.

Jika ada perubahan jadwal, pengumuman dapat dilihat melalui https://penerimaan.unnes.ac.id

No comments:

Post a Comment