3/28/2023

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 8 Dampak Sosial Informatika (Part III) : Media Sosial

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Masih dengan mapel Informatika kelas 7 SMP Seemester 2 Kurikulum Merdeka Bab 8 Dampak Sosial Informatika, kita lanjutkan lagi untuk bagian ketiga yaitu sub bab materi Media Sosial. Materi sub bab ini merupakan lanjutan dari materi sub bab pertama dan kedua yang sudah saya post sebelumnya. Nah, buat teman- teman yang belum belajar untuk bagian pertama dan kedua, bisa menyimak pada post sebelumnya yaa..


Image by Pexels from Pixabay

Adapun materi Informatika kelas 7 SMP bab 8 Dampak Sosial Informatika, terdiri dari empat sub bab yaitu 

A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  
1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat 
2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi 

B. Kolaborasi di Dunia Maya

C. Media Sosial 

D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi 
1. Hukum Privasi
2. Persetujuan yang Diinformasikan 

Nah, untuk memudahkan teman- teman dalam belajar, setiap materi tersebut akan dibuat secara terpisah. Rangkuman juga dilengkapi dengan latihan soal untuk menguji sejauh mana kemampuan teman- teman dalam mempelajari materi ini. Latihan soal sejumlah 10 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. 

Baik, kita mulai dari rangkuman terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan latihan soal di bagian akhir. Selamat Belajar.

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 8 Dampak Sosial Informatika (Part III) : Media Sosial

1. Media sosial ialah salah satu teknologi yang dihasilkan dari perkembangan revolusi Komputasi. Media sosial adalah media interaktif yang memungkinkan
penggunanya untuk berkreasi, menuliskan ide dan ekspresi, serta membagikan informasi tersebut dalam komunitas virtual. Media sosial sering disebut
sebagai produk Web 2.0, di mana pengguna dapat men ciptakan kontennya sendiri. 

2. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendeinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat sendiri oleh pengguna".

3. Media sosial pertama kali ditemukan sejak dibuatnya GeoCities yaitu aplikasi media sosial berbasis web yang dibuat tahun 1994 yang mengembangkan layanan website hosting di mana pengguna dapat membuat dan mempublikasikan situs web sesuai kreasi pengguna. 

4. Selanjutnya disusul aplikasi clasmates pada tahun 1995, merupakan layanan jejaring sosial (social network) yang awalnya digunakan untuk membantu penggunanya
mencari teman sekolah dan kuliah. Aplikasi ini selanjutnya berkembang dengan konten yang lebih menarik, yaitu pembuatan buku tahunan sekolah, berbagi trailer film, musik, dan foto. 

5. Sosial media berkembang dengan kehadiran sixdegrees.com tahun 1997, yang saat itu telah memiliki fitur proil, daftar teman, dan ailiasi sekolah bagi penggunanya. Pengguna sixdegrees diharapkan menggunakan nama aslinya.

6. Aplikasi chat juga berkembang pada era ini dengan banyak digunakannya ICQ, AIM, IRC, dan iChat. Open Diary adalah aplikasi jejaring sosial berikutnya yang dikembangkan pada tahun 1998 yang merupakan komunitas buku harian daring (online diary).

7. Perkembangan terus berlanjut dengan dikembangkannya LiveJournal tahun 1999, Ryze tahun 2001, Friendster 2003. Friendster memiliki basis pengguna yang banyak di negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. LinkedIn selanjutnya dibangun tahun 2003 sebagai jejaring sosial untuk kalangan korporasi dan berorientasi pada pekerjaan.

8. Generasi berikutnya, ada hi5 yang dibangun di bulan Juni 2003, MySpace di bulan Agustus 2003, dan Orkut di Januari 2004. Tahun 2004 bulan Januari berkembanglah sebuah aplikasi jejaring sosial yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg yang diberi nama Facebook.

9. Youtube selanjutnya muncul pada tahun 2005 sebagai platform berbagi video. Youtube memiliki itur di mana penggunanya dapat mengunggah video, melihat video,
memberikan rate pada video tertentu (like, dislike), sharing video, membuat playlist, mengomentari video (comment), dan berlangganan (subscribe) pada konten pengguna lain. 

10. Aplikasi sosial media berikutnya adalah Yahoo!360 yang dikembangkan pada bulan Maret 2005 dan Bebo pada bulan Juli 2005. Pada bulan Juli 2006 dikembangkan suatu media sosial baru yang diberi nama Twitter. Twitter awalnya merupakan layanan berbasis teks dengan batasan 140 karakter, di mana penggunanya memposting “tweets”/ twit. 

11. Media sosial berikutnya adalah Tumblr yang diciptakan tahun 2007, Instagram pada bulan Juli 2010 dan Google+ pada bulan Juli 2011, dan terus berkembang sampai saat ini.  

12. Media sosial saat ini berpengaruh besar pada budaya masyarakat. Makin  banyaknya pengguna smartphone berdampak pada makin banyak pengguna media sosial.

13. Penggunaan media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Media sosial dimanfaatkan oleh banyak institusi dalam membantu pekerjaan mereka. Dampak positif media sosial di antaranya seperti berikut. 
a. Kedekatan sosial antarpenggunanya. Kedekatan sosial akan membawa pengaruh baik dalam hal saling membantu antarkelompok dan saling berbagi konten yang berguna.
b. Mempermudah komunikasi. Media sosial dapat membantu mempermudah komunikasi, sehingga perusahaan besar, menengah, kecil atau mikro dapat memanfaatkannya untuk
pemasaran produk ke pelanggan, pemerintah dapat memanfaatkan untuk memperbaiki layanan ke masyarakat, dan lainnya. 
c. Proses rekrutmen karyawan. Media sosial dapat digunakan untuk melihat rekam jejak calon karyawan saat proses rekrutmen karyawan.
d. Penegakan hukum dan investigasi. Foto-foto pelanggaran hukum yang di-posting di media sosial dapat digunakan oleh pihak berwenang untuk menindaklanjuti dengan penangkapan pelanggar hukum.
e. Media sosial memiliki platform yang dapat diisi dengan games, feedback, review, dan program lain yang berhubungan dengan aktivitas daring.

14. Sisi negatif media sosial
a. Pengaruh terhadap kesehatan emosional
b. berita bohong atau berita palsu
c. pencurian data

Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 8 Dampak Sosial Informatika (Part III) : Media Sosial

1. Di bawah ini pernyataan yang tidak tepat tentang media sosial adalah ....
A. memungkinkan penggunanya untuk berkreasi 
B. pengguna dapat menuliskan ide dan ekspresi 
C. pengguna dapat membagikan informasi dalam komunitas virtual 
D. pengguna dapat berkomunikasi tanpa koneksi internet 


2. Media sosial yang pertama kali dibuat adalah ....
A. sixdegrees
B. Twitter
C. GeoCities
D. Classmates 


3. Geocoties merupakan media sosial berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk ....
A. membuat status dalam tampilannya
B. membuat video
C. mempublikasikan situs web
D. mengenal lingkungan terdekat


4. Aplikasi classmates  merupakan layanan jejaring
sosial (social network) yang awalnya diperuntukkan sebagai ....
A. layanan web hosting
B. layanan video 
C. pencarian pertemanan di kampus 
D. afiliasi produk 


5. Komunitas buku harian daring membuat jejaring sosial yang bernama ....
A. AIM
B. Open Diary 
C. Friendster 
D. IRC 


6. Basis jejaring sosial di Indonesia berkembang dengan pesat diawali dengan media sosial ....
A. Friendster 
B. OpenDiary 
C. Live Journal 
D. Ryze 


7. Jejaring sosial yang dibangun untuk kalangan korporasi dan berorientasi pada pekerjaan adalah ....
A. Facebook
B. Twitter
C. LinkedIn
D. Instagram 


8. Media sosial facebook menjadi media sosial populer di seluruh dunia. Media sosial ini dikembangkan oleh ....
A. Larry Page
B. Sergey Brin
C. Mark Zuckerberg
D. Bill Gates 


9. Youtube menjadi media sosial populer yang berfokus pada konten berupa ....
A. tulisan
B. video 
C. karakter gambar 
D. microblogging 


10. Quora merupakan media sosial yang digunakan sebagai layanan ....
A. tanya jawab 
B. multimedia messaging 
C. video 
D. video call 


Lanjut ke bagian III atau Part IV
Rangkuman Materi  dan Latihan Soal Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 8 Dampak Sosial Informatika (Part IV)

No comments:

Post a Comment