3/28/2023

Kumpulan Rangkuman Materi dan Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 (Genap) Kurikulum Merdeka Lengkap

Informatika adalah bidang ilmu tentang pembelajaran, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Landasan dalam informatika adalah berpikir komputasional (computational thinking) yang merupakan suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning)  mengenai sistem dan persoalan. 

Moda berpikir (thinking mode) tersebut dilengkapi dengan pengetahuan baik secara teoretis maupun praktis, serta teknik untuk  analisis, memodelkan dan menyelesaikan persoalan.

Dalam informatika terdapat bidang-bidang pengetahuan pendukung yang mencakup Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK),  Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).

Image by Pexels from Pixabay


Nah, untuk melengkapi belajar sahabat Ahzaa semuanya, kami akan memberikan  kumpulan rangkuman materi dan  latihan soal mapel Informatika khususnya untuk kelas 7 SMP semester 2 (genap) Kurikulum Merdeka yang sudah kami publish pada tulisan- tulisan sebelumnya. Rangkuman materi dan latihan soal merupakan kompilasi dari latihan soal Informatika dari materi yang diajarkan pada semester 2 (genap) dari bab 6 sampai bab 8. 

Berikut kumpulan latihan soal sebagai bahan belajar untuk mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 (genap)  Kurikulum Merdeka dan pilih rangkuman latihan soal pada setiap tautan link di bawah bab (tulisan yang berwarna biru)

Kumpulan Rangkuman Materi dan Latihan Soal Mapel Informatika Kelas 7 SMP Semester 2 (Genap) Kurikulum Merdeka Lengkap

 1  Bab 6 Analisis Data
   A. Mengenal Data
   B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja
   C. Pengolahan Data Dasar
   D Pengolahan Data Lanjutan
   E. Kasus Analisis Data Unplugged 
 2  Bab 7 Algoritma dan Pemrograman                
 3  Bab 8 Dampak Sosial Informatika
   A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
   B. Kolaborasi di Dunia Maya
   C. Media Sosial
   D. Informasi Pribadi dan Hukum Privasi
 4  Bab 9 Praktika Lintas Bidang Informatika

Jangan lupa untuk bagikan ke teman- teman lainnya yaa... Selamat Belajar dan Berlatih

Semoga Bermanfaat.

Salam.  

No comments:

Post a Comment