3/19/2023

Mau Masuk SMK Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)? Yuk Ketahui Fakta- Fakta di Dalamnya

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang sekolah yang membekali peserta didik  dengan keterampilan  sesuai dengan jurusannya sehingga siap menghadapi tuntutan kerja pada bidang industri. Ada banyak program keahlian (jurusan) yang ada di SMK, peserta didik dapat memilih yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Salah satu program keahlian di SMK adalah Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG). 

Konsentrasi Jurusan pada bidang Informatika
Perkembangan teknologi yang gencar sekarang ini menuntut perubahan dalam segala bidang khususnya teknologi. Sistem konvensional akan berubah menjadi sistem modern atau berbasis digital. Oleh karena itu diperlukan sistem aplikasi yang mendukung alat- alat yang digunakan. Nah, program keahlian di SMK  yang sesuai dengan pengembangan aplikasi tersebut adalah Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG).  

Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) merupakan konversi Spektrum Keahlian SMK Paradigma Baru sesuai dengan Kepmendikbudristek No. 165/M/2021 yang sebelumnya merupakan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). PPLG sendiri berkosentrasi pada bidang informatika, yaitu software developer, baik itu web developer, mobile developer maupun game developer.

PPLG belajar tentang Coding
Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) mengajarkan peserta didik dalam pengembangan perangkat lunak yang meliputi pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas melalui mata pelajaran kejuruan yang ada di dalamnya. Materi yang dipelajari meliputi Informatika, C++, CSS, HTML, Java Script, Database, PHP dan masih banyak lagi lainnya. 

aktivitas coding

Selain itu peserta didik juga mempelajari tentang personal komputer & jaringan seperti merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi. 

Peluang Kerja Program Keahlian PPLG yang Menjanjikan
Peserta didik yang mengambil program keahlian PPLG dapat menekuni bidang pekerjaan seperti Software Engineer, Database Engineer / Database Administrator, Software Tester, Game Developer, Web Development atau Konsultan IT. Pekerjaan - pekerjaan tersebut menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diincar saat ini mengingat kebutuhan akan dunia IT yang semakin besar. 

Program Keahlian PPLG Mudah untuk Lanjut kuliah 
Saat ini ada banyak universitas atau perguruan tinggi yang dapat menampung lulusan SMK yang mengambil program keahlian PPLG. Lulusan SMK dnegan Program Studi PPLG dapat mendaftar ke universitas atau perguruan tinggi yang membuka program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Mendapatkan Proyek saat Masih Sekolah
SMK yang memiliki Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) biasanya menjalin kerjasama dengan perusahaan baik dalam kelas Industri, magang, maupun perekrutan lulusan. Perusahaan tersebut juga akan memilih peserta didik yang berpotensi untuk membantu dalam mengerjakan proyek- proyeknya dalam program magang siswa. Keuntungannya adalah selain mendapatkan pengalaman, juga mendapatkan salary yang lumayan buat membantu kebutuhan sehari- hari. 

Nah, bagaimana teman- teman? tertarik dengan Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) SMK? Sesuaikan dengan minat dan bakat ya? Bagi yang sudah masuk program studi ini, bagi dong pengalamannya.. tuliskan di kolom komentar ya?

No comments:

Post a Comment