3/27/2023

Rangkuman dan Latihan Soal IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat (Part II) : Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Kita lanjutkan  belajarnya pada mapel IPS kelas 7 SMP/ MTs semester 2 Kurikulum Merdeka untuk tema 04 Pemberdayaan Masyarakat.


Image by Belajati Raihan Fahrizi from Pixabay

Materi IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka tema 04 Pemberdayaan Masyarakat terdiri atas empat sub bab. Berikut rinciannya, 

A. Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat
1. Pengaruh Faktor Geografis yang Memengaruhi Keragaman Budaya
2. Jenis Keragaman Budaya 

B. Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya 
1. Sejarah Lokal
2. Permasalahan Sosial Budaya

C. Pemberdayaan Masyarakat 
1. Uang
2. Pendapatan 
3. Tabungan 
4. Investasi  
5. Literasi Keuangan
6. Pengelolaan Keuangan Keluarga 

D. Peranan Komunitas dalam Kehidupan Masyarakat 

Oleh karenanya, rangkuman materi dan latihan soal akan saya bahan melalui empat bagian tulisan. Nah, pada tulisan ini kita bahas untuk sub bab kedua yaitu tentang Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya



Rangkuman Materi IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat bersumber pada buku IPS terbitan Kemendikbud jadi sangat pas sekali sebagai tambahan belajar secara mandiri. Rangkuman juga saya lengkapi dengan latihan soal untuk menguji sejauh mana pemahaman akan materi tersebut. 

Baik, langsung saja yaa, berikut Rangkuman dan Latihan soalnya,
========================================================================================

Rangkuman IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat (Part II) Sub Bab Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya

1. Sultan Nuku: Pembawa Persatuan Multikultur Maluku dan Papua
- Daerah Maluku dan Papua mengalami pergolakan dalam pergantian takhta di Kerajaan Tidore. 
- Tokoh yang mempunyai peran sentral adalah Nuku bersama  adiknya, Kamaluddin.
- Belanda campur tangan dengan gagasannya untuk menjadikan Tidore sebagai salah satu wilayah kekuasaannya sepeninggal Sultan Gaizira pada April 1780 dengan mengangkat Pata Alam sebagai Sultan Tidore.
- Belanda menjadikan Tidore sebagai vasal dan mengangkat Pata Alam sebagai pemimpin dengan tugas menjaga keamanan di wilayahnya pada 17 Juli 1870.
- Rakyat masih menghendaki Kamaluddin dan Nuku menjalankan pemerintahan sebagai Sultan.
- Persoalan tersebut menimbulkan pergolakan sebagai protes dalam bentuk perampasan dan pembakaran.
- Belanda kemudian melakukan serangan ke daerah yang mengakui Nuku menjadi Sultan yang berujung ditangkapnya Pangeran Kamaludin. 
- Pangeran Nuku yang memiliki hubungan dengan Papua dan Inggris berhasil melarikan diri ke daerah Papua.
- Kedudukan Nuku semakin kuat setelah diangkat sebagai sultan oleh bangsa Papua yang selanjutnya menyerang Seram untuk merebut daerah tersebut dari Ternate.
- Pata Alam melancarkan sebuah strategi dalam rangka memperoleh loyalitas dari
raja-raja di Papua pada tahun 1783 namun gagal dan utusannya berbalik arah dengan memihak Sultan Nuku yang akhirnya bersama Nuku, Papua bersama- sama melawan Belanda.
- Nuku semakin kuat dan mulai menyerang Ternate dan Tidore yang mengakibatkan Tidore kacau
- Belanda kemdudian menangkap Pata Alam karena dicurigai berkomplot dengan Nuku. 
- Belanda menghukum rakyat Tidore dihukum dengan kejam (dikenal dengan Revolusi Tidore 1783)
- Belanda mengangkat Pangeran Kamaluddin sebagai pengganti Pata Alam serta berkomunikasi dengan Inggris di Benggala dan mencari bantuan ke Banjarmasin serta Mangindanau. 
- Belanda akhirnya mengakui Nuku sebagai Sultan Seram karena pengaruh yang kuat.
- Selama berjuang, Sultan Nuku harus berpindah- pindah tempat, tetapi Ternate dan Tidore selalu gagal menundukan Nuku.
- Banyaknya wilayah yang setia kepada Belanda dan ternate membuat pengaruh Sultan Nuku merosot pada pertengahan 1790.
- Dukungan Inggris, rakyat Tidore, dan Jamaludin, ayahanda Sultan Nuku membuat sebagian besar pembesar kerajaan menyerah. 
- Sultan Kamaluddin kemudian melarikan diri ke Ternate yang selanjutnya digempur berkali- kali oleh Nuku yang menduduki Tidore.
- Ternate diserahkan oleh Belanda pada 21 Januari 1781 dan memeroleh pengakuan resmi serta diangkat sebagai Sultan Tidore setelah melalui perjuangan panjang dan penuh kegigihan. 
- Nuku memerintah sampai 14 November 1805 dan meninggal sebagai Sultan Kerajaan Tidore

2. Ratu Kalinyamat
Ratu Kalinyamat merupakan puteri ketiga dari Sultan Trenggana yang memiliki nama kecil Ratu Kalinyamat atau Retna Kencana. 
- Gelar Kalinyamat diberikan setelah ia menikah dengan Raden Toyib (Sultan Hadlirin) dan memperoleh sebuah tempat bernama Kalinyamat yang berada di antara Jepara dan Kudus.
- Arya Penangsang, anak dari Pangeran Seda ing Lepen, tidak menerima pengangkatan Sunan Prawata. Alhasil Sunan Prawata pun dibunuh sebagai upaya balas dendam. 
- Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat kemudian pergi ke Kudus dalam rangka memperjuangkan keadilan kepada Sunan Kudus. Tetapi dalam perjalanan pulang, Sultan Hadlirin dibunuh oleh para utusan Arya Penangsang.
- Ratu Kalinyamat kemudian pergi bertapa ke Gunung Danaraja yang berada di sebelah utara Sungai Jepara. 
- Ratu berjanji akan memberikan seluruh harta dan kekuasaannya pada orang yang berhasil membunuh Arya Penangsang.
- Arya Penangsang berhasil dikalahkan oleh Sultan Hadiwijaya dengan bantuan Ki Pemanahan, Ki Juru Martani, Ki Panjawi, dan Danang Sutawijaya.
- Ratu Kalinyamat kemudian dikenal sebagai wanita penguasa di Jawa pada pertengahan abad ke-16 (1549). 
- Ratu Kalinyamat merupakan salah satu tokoh penting yang berpengaruh di pantai utara Jawa yang kekuasannya meliputi Pati, Juana, Jepara, dan Rembang.
- Jepara kemudian berkembang pesat terutama pada bidang pelayaran dan perdagangan dibuktikan dengan angkatan laut yang kuat dan pelabuhan yang aman.
- Ratu Kalinyamat melakukan kerjasama dengan penguasa di daerah lain melalui Maluku, Cirebon, Tuban, Johor, dan Banten. 
- Ratu Kalinyamat menerapkan sistem commenda yang dikenal di Nusantara pada abad ke-16 M dimana para raja (penguasa) wilayah pesisir memiliki wakil-wakil yang
berkedudukan di Malaka serta dapat bertindak dengan melakukan penanaman modal pada kapal dalam negeri dan luar negeri yang akan berlayar untuk berdagang dengan wilayah lain. 
- Hasil ekspor terbesar berasal dari beras, gula, kayu, kelapa, dan berbagai jenis palawija. 
- Ketika Malaka jatuh kepada Portugis, para pedagang di Malaka mendapatkan gangguan dari Portugis untuk berdagang rempah-rempah.
- Atas dasar itulah, Sultan Johor mengadakan
kerjasama dengan Ratu Kalinyamat
- Ratu Kalinyamat kemudian menurunkan bantuan berupa 4.000 tentara dari Jepara dan
40 kapal sebagai upaya untuk merebut Malaka dari tangan Portugis.
- Ratu Kalinyamat banyak melakukan kerjasama dengan beberapa kerajaan untuk melawan Portugis, yaitu  kerajaan Aceh, dan Kerajaan Hitu di Maluku. 
- Ratu Kalinyamat dijuluki sebagai “Rainha de Japara, Senhora Poderosa e Rica de Kranige Dame” yang artinya Ratu Jepara, seorang wanita kaya dan berkuasa, wanita pemberani.

3. Laksamana Malahayati
- Keumalahayati dikenal sebagai Laksamana wanita pertama di dunia modern dari kerajaan Aceh.
- Keumalahayati merupakan keturunan dari kalangan sultan-sultan Aceh terdahulu, Ayahnya seorang laksamana yang bernama Mahmud Syah dan Kakeknya bernama Muhammad Said Syah, seorang laksamana yang juga merupakan putra Sultan Salahuddin Syah yang memerintah tahun 1530-1539 M.
- Sebelum diangkat menjadi Laksamana, Keumalahayati merupakan pemimpin pasukan wanita yang merupakan pasukan dari wanita- wanita yang suaminya gugur di medan perang antara Aceh dan Portugis 
- Keumalahayati memimpin armada laut Kerajaan Aceh pada masa Sultan Alaidin Riayatsyah Al Mukminul (1589-1604) dengan 2000-3500 lebih pasukan.
- Tugas Keumalahayati sebagai Laksamana adalah mengatur pasukan laut dan mengawasi kapal- kapal perang milik kerajaan Aceh dan pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah syahbandar.
- Pada tanggal 21 Juni 1599, kapal Belanda bernama de Leeuw dan Leeuwin di bawah  pimpinan Cornelis de Houtman dan Frederick de Houtman berlabuh di ibu kota kerajaan Aceh. 
- Belanda kemudian hendak mengacau di kerajaan Aceh, alhasil, Laksamana Keumalahayati menggagalkan upaya Belanda tersebut dengan membunuh Cornelis de Houtman dan menawan Frederick de Houtman. 
- Pad asaat melawan Portugis, Darma Wangsa (Iskandar Muda), Keumalahayati, dan pasukannya berhasil melawan dan mengusirnya dalam pertempuran di Teluk Krueng Raya. 
- Kuemalahayati gugur dan dimakamkan di Lereng Bukit Kota Dalam, yaitu pada sebuah bukit terlarang di Desa Nelayan.

4. Syarif Abdurrahman 
- Syarif Abdurrahman adalah putera dari Syarif Husain dan wanita Dayak yang lahir pada tahun 1742. 
- Syarif Abdurrahman menjadi menantu sultan dengan menikahi Ratu Sirih Anom dari Banjarmasin.
- Pada akhir tahun 1771, Syarif Abdurrahman bersama beberapa pengikutnya berlayar di Sungai Kapuas hingga pertemuan dengan Sungai Landak dan membangun pemukiman
baru yang kemudian berkembang menjadi pusat perdagangan yaitu Pontianak.
- Syarif Abdurrahman kemudian melakukan ekspansi ke Sangau yang merupakan vasal dari Kerajaan Banten.
- Banten yang mengalami kemunduran menyerahkan Sangau kepada Belanda. 
- Syarif Abdurrahman mengakui supremasi Belanda karena sadar akan kekuatan Belanda dan Belanda pun mempunyai hak atas monopoli hasil daerah Pontianak berupa emas, berlian, sarang burung, lada, karet, rotan, lilin, dan sagu.

5. Permasalahan kehidupan sosial dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya ekploitasi lahan berlebihan, kesenjangan sosial dan kemiskinan, kesetaraan gender, dan kenakalan remaja
- Eksploitasi lahan perkebunan sudah dimulai sejak zaman VOC hingga saat ini. Peningkatan pemukiman dan kebutuhan masyarakat yang meningkat menjadi faktor pendorong dari eksploitasi lahan yang berlebihan. 
- Deforestasi atau perambahan hutan adalah fenomena yang masih  terjadi hingga saat ini. Alih fungsi lahan yang semula peruntukannya merupakan daerah resapan air, berubah menjadi lahan perkebunan sawit yang meningkatkan besaran aliran permukaan atau run off yang berakibat terjadinya banjir dan kekeringan di seluruh penjuru negeri.
- Lahan- lahan pertanian yang berubah menjadi lahan pemukiman akan mengancam kedaulatan pangan negara. 
- Fenomena lain yang merupakan permasalahan sosial  sejak era kolonial hingga hari ini adalah kesenjangan sosial dan kemiskinan.
- Kesenjangan sosial di Indonesia muncul sebagai akibat dari adanya perbedaan tingkat pendapatan individu dan erat kaitannya dengan kemiskinan.
-  Meskipun banyak tokoh perempuan yang menjadi inisiasi kesetaraan gender namun masih banyak masalah ketidaksetaraan gender di Indonesia. Kesetaraan gender  dapat tercapai saat keduanya memperoleh kesempatan untuk parisipasi, akses, manfaat, dan kontrol yang sama dalam berbagai aspek kehidupan.
- Kenakalan remaja dalam konteks sosial budaya sangat luas yang mencakup berbagai macam kenakalan remaja seperti vandalisme, tawuran antarpelajar,dan  penyalahgunaan obat- obatan terlarang. 

Latihan Soal IPS Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Tema 04 Pemberdayaan Masyarakat (Part II) : Permasalahan Kehidupan Sosial Budaya

1. Di bawah ini yang merupakan tokoh dalam pergolakan dan pergantian tahta di kerajaan Tidore pada tahun 1780 adalah ....
A. Sultan Baabullah
B. Sultan Nuku
C. Sultan Mahmud
D. Sultan Jamaluddin


2. Sultan yang diangkat oleh Belanda sepeninggal Sultan Gaizira yang meninggal pada April 1780 adalah ....
A. Sultan Nuku
B. Kamaluddin
C. Pata Alam
D. Sultan Baabullah


3. Pergolakan dan pemberontakan rakyat terhadap Pata Alam dalam bentuk pemerasan dan pemberontakan disebabkan oleh ....
A. sikap sewenang- wenang Belanda
B. monopoli perdagangan oleh Belanda dan pihak kerajaan
C. tidak diakuinya Pata Alam sebagai Sultan oleh rakyat
D. sikap sombong para pemimpin kerajaan


4. Faktor yang menyebabkan kedudukan Nuku semakin kuat adalah ....
A. dukungan rakyat
B. pengangkatannya sebagai Sultan oleh bangsa Papua
C. dukungan Inggris atas pangeran Nuku
D. bersatunya kerajaan pulau- pulau di sekitarnya


5. Hal yang menjadi latar belakang Revolusi Tidore tahun 1783 adalah ....
A. penangkapan Sultan Nuku
B. penangkapan Pata Alam dan hukuman kejam Belanda terhadap rakyat Tidore
C. perebutan kekuasaan kerajaan Tidore
D. penyerangan Sultan Nuku terhadap Pata Alam


6. Faktor yang menjadi penyebab menurunnya pengaruh Nuku pada pertengahan 1790 adalah ....
A. perebutan kekuasaan keluarga
B. bersatunya kerajaan - kerajaan kepulauan untuk menyerang Nuku
C. banyaknya wilayah yang bersumpah setia kepada Belanda dan Ternate
D. dukungan Inggris kepada Belanda


7. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab kemenangan Nuku sehingga diangkat resmi menjadi Sultan Tidore adalah ....
A. dukungan Inggris
B. pemihakan rakyat Tidore
C. dukungan ayah Sultan Nuku yaitu Jamaludin
D. keberpihakan pulau- pulau kecil terhadap Nuku


8. Berikut ini pernyataan yang tepat tentang Ratu Kalinyamat adalah ....
A. merupakan ratu yang memiliki kekuatan maritim yang kuat
B. memerintah kerajaan Demak setelah Sultan Trenggana
C. mampu menyatukan wilayah Jawa, Bali dan sekitarnya
D. mampu menaklukkan kerajaan- kerajaan di wilayah nusantara


9. Nama kecil Ratu Kalinyamat adalah ....
A. Retna Dumilah
B. Retna Kencana
C. Ayu Kencana
D. Ayu Kumara


10. Suami dari Ratu Kalinyamat adalah ....
A. Sultan Trenggana
B. Raden Thoyib
C. Arya Panangsang
D. Arya Seda


11. Kalinyamat merupakan suatu wilayah yang di daerah ....
A. Demak dan Jepara
B. Jepara dan Demak
C. Jepara dan Kudus
D. Kudus dan Demak 


12. Salah satu hal yang menjadi kekacauan di pusat kerajaan Demak adalah ....
A. penyerangan dari kerajaan lain
B. kedatangan bangsa asing
C. wafatnya Sultan Trenggana
D. perebutan kekuasaan 


13. Pengangkatan Sunan Prawata menjadi raja Demak memantik rasa kecewa yang berujung balas dendam oleh anak Pangeran Seda ing Lepen yang bernama ....
A. Arya Seda
B. Arya Panangsang
C. Ki Pemanahan
D. Danang Sutawijaya


14. Ratu Kalinyamat menerapkan sistem commenda dalam hubungan dagang dan pelayaran yaitu ....
A. adanya perwakilan di Malaka
B. armada laut di setiap perwakilannya
C. kebijakan terpusat
D. sistem perdagangan yang melibatkan militer


15. Ratu Kalinyamat pernah menurunkan tentara dan kapal untuk membantu Sultan Johor demi merebut Malaka dari tangan ....
A. Inggris
B. Portugis
C. Belanda
D. Spanyol 


16. Laksamana wanita pertama di dunia modern yang berasal dari Aceh adalah ....
A. Cut Nya Dhien
B. Cut Meutia
C. Keumalahayati
D. Ratu Kalinyamat 


17. Inong Bale merupakan pasukan yang berisikan tentara perempuan yang berlatar belakang ....
A. keluarganya juga berperang melawan Portugis
B. suaminya gugur di medan perang melawan Portugis
C. keluarganya diitawan Portugis
D. seluruh hartanya dirampas Portugis 


18. Selain mengatur sejumlah pasukan laut, tugas Laksamana Keumalahayati adalah ....
A. mengawasi kapal-kapal perang (galley) milik kerajaan Aceh dan pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah syahbandar
B. mengawasi perdagangan yang dilakukan oleh orang- orang asing dan bangsa Aceh
C. mengawasi jalur perdagangan wilayah Malaka
D. membasmi perompak yang merampok kapal- kapal lewat di wilayah Malaka 


19. Wilayah yang didirikan oleh Syarif Abdurrahman bersama beberapa pengikutnya dan menjadi pusat perdagangan  di daerah Kalimantan adalah ....
A. Banjarmasin
B. Pontianak 
C. Martapura
D. Balikpapan 


20. Di bawah ini yang menjadi penyebab dari eksploitasi lahan secara berlebihan di Indonesia adalah ....
A. peningkatan jumlah penduduk seiring dengan peningkatan kebutuhan lahan
B. komersialisasi sekelompok orang
C. kebutuhan sarana prasarana yang meningkat
D. jawaban A, B dan C benar 


21. Alih fungsi lahan yang semula daerah resapan air akan menyebabkan ....
A. munculnya spesies baru
B. banjir yang tidak terkendali
C. berpindahnya habitat ke tempat yang lebih baik
D. tercapainya kebutuhan pangan


22. Lahan pertanian yang menipis akan menyebabkan ....
A. kesenjangan ekonomi
B. rusaknya lahan perkebunan
C. terancamnya kedaulatan pangan negara
D. perubahan pola kerja masyarakat 


23. Kesenjangan sosial di Indonesia muncul sebagai akibat dari adanya perbedaan ....
A. jumlah penduduk dalam suatu wilayah
B. pekerjaan yang dimiliki
C. pendapatan individu antarmasyarakat
D. kebijakan yang timpang 


24. Menandai properti yang bukan miliknya dengan inisial kelompoknya (dapat berupa nama kelompok, singkatan dari nama sekolah atau lainnya merupakan aksi ....
A. vandalisme
B. kekerasan remaja
C. bullying
D. kebebasan berekspresi


25. Aksi klitih yang marak yang merupakan salah satu tindak kejahatan melibatkan para remaja dapat ditanggulangi dengan peran dari pihak ....
A. sekolah
B. lingkungan
C. sekolah dan kepolisian
D. keluarga, sekolah dan kepolisian


No comments:

Post a Comment