3/13/2023

Latihan Soal Bahasa Indonesia Tes Seleksi Akademik Masuk SMK Boarding Jateng dan SMK Semi Boarding Jateng 2023/ 2024

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar menghadapi Tes Seleksi Akademik Masuk SMK Boarding Jateng dan SMK Semi Boarding Jateng 2023/ 2024. Latihan soal ini merupakan lanjutan dari seri latihan soal akademik untuk masuk SMK Boarding Jateng dan SMK Semi Boarding Jateng yang sebelumnya membahas untuk mapel Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. 


Pada soal latihan Bahasa Indonesia Tes Seleksi Masuk SMK Boarding Jateng dan SMK Semi Boarding Jateng 2023/ 2024 kali ini, bentuk soal adalah pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 soal lengkap dengan pembahasannya. Setiap soal saya lengkapi dengan pembahasan yang dibuat dengan sistem spoiler untuk memudahkan belajar. 

Photo by Ave Calvar on Unsplash

Baik, langsung saja yaa berikut latihan soalnya,

Selamat berlatih dan semoga lolos ke tahapan selanjutnya.

1. Maju tidaknya suatu organisasi, instansi, bahkan negara amat bergantung dari kedisiplinan para warganya. Kedisiplinan merupakan pilar utama, baik disiplin waktu, disiplin kerja, disiplin keuangan, disiplin administrasi, dan lain-lain. Dengan kedisiplinan, segala sesuatu dapat direncanakan secara matang, pelaksanaannya akan terkontrol, dan hasil kerjanya bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, kedisiplinan harus dibina dan dikembangkan di berbagai dimensi kehidupan.
Ide pokok paragraf di atas adalah...
A. kemajuan organisasi
B. kedisiplinan dalam berorganisasi
C. tanggungjawab berorganisasi
D. pengembangan disiplin


2. Tempat yang menjadi tujuan pertama adalah kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Rombongan diterima oleh Ketua Administrasi Kampus mewakili Rektor di Balairung Jenderal Rudini. Kegiatan berikutnya berkeliling kampus melihat sarana dan prasarana yang ada. Tempat tujuan kedua adalah kampus Universitas Padjajaran (UNPAD). Setiap rombongan diberi pengarahan tentang kampus UNPAD sesuai dengan fakultas yang dikunjungi. Tempat tujuan ketiga adalah restoran setempat untuk menikmati santap siang. 
Isi laporan tersebut di atas adalah... 
A. laporan pengamatan
B. laporan kegiatan
C. laporan perjalanan
D. laporan penelitian


3. Kami, dalam rangka menggalang persahabatan sesama warga SMP mengajak pengurus OSIS sekolah Saudara mengadakan latih tanding bola basket. Seandainya  Saudara setuju, latih tanding tersebut dilaksanakan pada :

Hari : Jumat, 17 Maret 2023
Tempat : Lapangan SMP Mandiri
Waktu : pukul 15.30 s.d selesai

Apabila kamu sebagai Pengurus OSIS dan setuju dengan isi surat tersebut, balasan isi surat yang tepat adalah … .
A. Sesungguhnya OSIS Angkasa merasa senang dengan latih tanding ini, tetapi waktunya  bersamaan rtepatan dengan kegiatan tonti di sekolah kami. Untuk itu kami mohon maaf tidak dapat memenuhinya.
B. Pada dasarnya kami sangat senang dengan latih tanding yang saudara usulkan Saudara. untuk itu, salah satu  perwakilan OSIS Angkasa sekolah kami untuk mengatur acara berikutnya.
C. Acara latih tanding yang  Saudara  minta sangat bagus. Hal ini  sangat kebetulan sekali karena kami sedang mempersiapkan Porseni tingkat Provinsi. 
D. Menggalang persatuan antarsiswa sangat baik. Kami pengurus OSIS Angkasa merasa senang dengan kegiatan latih tanding tersebut. Tetapi , pada saat ini kami belum mempersiapkan tim kami.


4. Meskipun perekonomian mulai membaik, jumlah pekerja kategori lulusan sarjana pada sektor formal di Jateng pada tahun 2021 tercatat 22.578 orang di 1.293 perusahaan. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 ketika perekonomian nasional masih dihantam pandemi Covid-19. Saat itu, jumlah pekerja sarjana 21.000 orang.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ….
A. keadaan perekonomian di Jateng semakin meningkat
B. jumlah pekerja dengan jumlah perusahaan tak seimbang
C. jumlah pekerja lulusan sarjana di Jateng mengalami kenaikan
D. perusahaan merupakan sektor formal para pekerja lulusan sarjana


5.
(1)  Mereka tidak hanya datang dari seluruh Indonesia, tetapi juga dari seluruh dunia,
(2) Panorama bawah laut yang memesona menjadi pemikat untuk datang ke Bunaken.
3. Mereka datang karena Bunaken mengandung biota laut yang langka dan jarang ditemukan di tempat lain.
(4) Banyak penyelam dan orang-orang yang gemar menyelam datang ke Bunaken.
(5) Untuk mengantisipasi wisatawan yang melancong ke taman laut Bunaken pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta menyediakan tempat-tempat penginapan, berbagai sarana, dan pendukung lainnya pun telah disediakan.

Urutan kalimat di atas agar menjadi kalimat yang padu adalah.. .
A. 3 – 2 – 4 – 1 – 5
B. 4 – 1 – 5 – 2 – 3
C. 5 – 4 – 1 – 3 – 2  
D. 4 – 1 – 3 – 2 – 5


6. Syair Perahu
Inilah gerangan suatu madah,
Mengarangkan syair terlalu indah, 
Membutuhi jalan tempat berpindah,
Di sanalah iktikad diperbetuli sudah.
Ialah perahu tamsil tubuhmu,
Wahai muda, kenali dirimu,
Tiadalah berapa lama hidupmu,
Ke achirat juga kekal hidupmu

Syair tersebut memberi pesan ... .
A. agar manusia hidup bahagia
B. agar manusia menjalankan hidup dengan hati-hati
C. agar manusia rajin bekerja
D. agar manusia mau bekerja sama


7. Tangan dan kaki rela kauserahkan 
Darah keringat rela kau cucurkan 
Bukan hanya untuk ukir namamu 
Ikhlas demi langit bumi 
Bersumpah mempertahankan 
Setiap jengkal tanah 

Penggalan lagu di atas menggambarkan ... .
A. keihklasan dalam berkorban
B. orang yang bekerja keras
C. berani bersumpah demi sejengkal tanah
D. kemauan yang keras.


8. Lantas bagaimana mengasuh dan mendidik anak? Buku ini akan mengajak kita berkaca dalam mengelola anak. Apakah kita sudah mendengarkan dan menghargai pendapat anak, apakah kita justru menjadikan anak sebagai objek atau mengajaknya sebagai partner dalam mendidik anak. Sehingga anak bukan hanya diberi teladan, namun kita sebagai orang tua memang pantas menjadi teladan (Membangun Keluarga Cerdas Dunia Akhirat )
Penggalan resensi di atas memberikan ilustrasi ... .
A. keunggulan buku
B. kelemahan buku
C. keunggulan dan kelemahan buku
D. tampilan fisik buku


9. Kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu dalam rapat Koordinasi Panitia Pembangunan gedung serbaguna SMP pada :

Hari /tanggal : Senin, 20 Maret 2023
Waktu : pukul 10.00
Tempat : Lab. IPA SMP Kartika Bangsa

Maksud surat undangan tersebut adalah … .
A. memohon Panitia Pembangunan gedung serbaguna SMP rapat untuk menyusun program kerja
B. mengharap rapat dengan Panitia Pembangunan gedung serbaguna SMP untuk menyusun program
C. mengundang Panitia Pembangunan gedung serbaguna SMP untuk rapat koordinasi .
D. menghadirkan Panitia Pembangunan gedung serbaguna SMP diajak menyusun program dan koordinasi


10. CUCI GDG Brg2 Elekt. Alat RT, Stock terbatas. Sido Mulyo. Jl Pemuda 17. Tlp: 70775877
Opini dalam iklan tersebut adalah... .
A. CUCI GDG Brg2 Elekt Alat RT
B. Stock terbatas. 
C. Sido Mulyo. Jl Pemuda 17. 
D. Tlp: 70775877


11. Liburan sekolah, Ani pulang kampung untuk bersilaturahmi dengan nenek dan kakek. Pada saat itu sedang musim durian. Kakek tahu kalau Ani suka sekali makan durian. Begitu sayangnya sama cucu, kakek menyiapkan durian yang banyak. Ani makan sampai puas, tetapi apa yang terjadi? Ani mabuk durian.

Catatan yang tepat ditulis dalam buku harian Ani adalah … .
A. Liburan sekolah, aku pulang kampung mengunjungi nenek dan kakek. Karena sedang musim durian, nenek dan kakek menyiapkan durian untukku. Kumakan sepuasnya. Aduh… karena terlalu banyak makan, akhirnya aku mabuk durian.
B. Saat liburan Ani pulang. Nenek dan kakek memetik durian. Ani cucu yang paling disayang. Dia makan durian itu sebanyak-banyaknya. Akhirnya Ani merasa sangat puas menikmati buah durian di kampung nenek.
C. Liburan kali ini aku bersilaturahmi ke kampung nenek dan kakek. Di sana musim durian. Aku petik sebanyak-banyaknya. Aku bagikan tetangga nenek. Aku sangat senang dapat memetik dan makan sampai puas buah durian itu.
D. Liburan sekolah tahun ini dia pulang ke kampung nenek dan kakek. Tujuannya untuk bersilaturahmi. Nenek panen durian. Dia disuguhi durian dan makan sepuasnya. Rasanya dia tidak ingin pulang ke rumahnya.


12. Sedari muda aku di sini, bukan? Tak kuingat punya istri, punya anak, punya keluarga. Tak kupikirkan hidupku sendiri. Aku tak ingin jadi kaya, bikin rumah. Segala kehidupanku, lahir batin, kuserahkan pada Allah Subhanahu Wata’ala. Tak kupikirkan hari esokku, karena aku yakin Tuhan itu ada dan pengasih juga penyayang kepada umat-Nya. Aku bangun pagi-pagi, aku bersuci. Aku pukul beduk membangunkan manusia dari tidurnya. Tugas orang tua tidak berbeda dari apa yang dikerjakan Tuhan, yang bijaksana: memberi iklim, memberi syarat-syarat kehidupan dan selanjutnya merestui kemerdekaan hidup manusia.

Nilai agama dalam kutipan cerpen tersebut yang paling tepat adalah … .
A. Memukul bedug, membangunkan manusia
B. Rela menghadapi segala macam tantangan hidup
C. Menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan
D. Tugas orang tua berbeda dengan tugas Tuhan


13. Mbah; maksud kedatangan kami selain bersilaturahmi dan menengok kesehatan Simbah, kami ingin mohon restu. Terus terang kami kesulitan menolak kawan-kawan yang mendorong kami untuk mencalonkan sebagai bupati. Lagi pula memang selama periode kepemimpinan bupati yang sekarang, Simbah tahu sendiri, tak ada kemajuan yang berarti. Saya yang selama ini mendampinginya setiap saat merasa prihatin, namun tidak bisa berbuat apa-apa. Saya harus tutup mata dan telinga bila melihat dan  mendengar tentang penyelewengan atasan saya itu.” 

*) Mbah = Simbah + Kakek

Konvensi A. Mustofa Bisri

Tema cerita di atas adalah....
A. sosial
B. politik
C. kepemimpinan
D. pemerintahan


14. RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Dijual Cepat Rumah type 48/90 di perumahan Kota Wisata – Cluster Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi standard dan bagus. Harga 220 jt nego. Hubungi (021) 82482136, 081288731588 (Farah)

Yang tidak termasuk fakta  iklan di atas adalah ... .
A. tipe rumah yang dijual 48/90
B. terletak di perumahan Kota Wisata – cluster Montreal Blok YA 15 nomor15
C. nomor telepon (021) 82482136, 081288731588.
D. Kondisi standar dan bagus. 


15. Sudah gaharu cendana pula
... .

Larik yang tepat untuk melengkapi karya tersebut adalah... 
A. Sudah tahu bertanya pula
B. Kemarin malu sekarang tertawa
C. Dahulu teman sekarang lawan
D. Tidak pernah tahu kapan menang


16. "Lagi sedeng-sedengnya perlu uang," kata Sukrana
"Dua anak saya masih sekolah di SD kelas tiga dan kelas lima.
Makanya, saya harus bekerja, biar jadi kuli harian juga," lanjut Sukrana
......................................

Kalimat baku dalam paragraf di atas yang benar adalah ... . 
A. "Mereka sedang-sedangnya memerlukan uang," kata Sukrana.
"Duwa anak saya masih sekolah di SD kelas tiga dan kelas lima.
Oleh karena itu, maka saya harus tetap bekerja, biarpun menjadi kuli harian," lanjut Sukrana.
B. "Lagi sedang-sedang memerlukan uang," kata Sukrana.
"Dua anak saya masih sekolah di SD kelas tiga dan kelas lima.
Oleh karena itu, maka dari itu saya harus tetap bekerja, biarpun menjadi kuli harian," lanjut Sukrana.
C. "Mereka sedang memerlukan uang," kata Sukrana.
"Duwa anak saya masih sekolah di SD kelas tiga dan lima. Maka, saya harus tetap bekerja, biarpun menjadi kuli harian," lanjut Sukrana.
D. "Mereka sedang memerlukan uang," kata Sukrana.
"Dua anak saya masih sekolah di SD kelas tiga dan kelas lima.
Oleh karena itu, saya harus tetap bekerja, biarpun menjadi kuli harian," lanjut Sukrana.


17. Wacana 1
Selama ini areal parkir lebih sering digunakan sebagai tempat belajar menyetir mobil oleh sejumlah lembaga penyelenggara kursus setir mobil. "Sebaiknya, areal itu diitata karena tidak lagi dipakai untuk lahan parkir. Daripada nantinya menimbulkan permasalahan dalam berbagai bentuk, seharusnya pihak pengelola segera menanganinya," terang Lurah Sriwedari, Tribroto Wahyu Jati P., S.H. saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (15/6).
Wacana 2
Menurut penuturan pengunjung, sejumlah oknum petugas ada yang menarik parkir di atas ketentuan yang berlaku. Ketentuan parkir untuk kendaraan roda dua Rp1.000,00 dan mobil Rp2.000,00. Namun,  dalam praktiknya banyak yang menarik Rp2.000,00 untuk motor dan  Rp4.000,00 untuk mobil.
Persamaan kedua media di atas sama-sama menginformasikan permasalahan ... .
A. pungutan
B. harga parkir 
C. parkir
D. jenis kendaraan


18. Waktu menunjukkan pukul 14.00. Latihan hari ini sudah selesai. Meskipun begitu, Karra masih belum puas dengan hasil pertandingan. Dia ngotot harus bisa mengalahkan Dira, karena dia nggak suka kalau Dira belum "runtuh". Bukan Karra namanya kalau nggak nekat. Dengan kondisi masih kecapekan, dia nekat latihan sendiri Belum lagi sinar matahari yang sedang berada di puncak panasnya. Iraz khawatir banget kalau adiknya sudah mulai nekat latihan basket siang-siang.

Karakter Karra dalam kutipan di atas adalah... .
A. disiplin
B. keras kepala
C. pemarah
D. bertanggung jawab


19. Kalimat pembuka yang tepat untuk surat pribadi adalah ... .
A. Hai, apa kabar sahabat?
B. Salam untuk seluruh keluarga,
C. Dengan hormat,
D. Melaui surat ini, saya ... .


Teks berikut untuk menjawab soal nomor 20 sampai ke nomor 23

Demokrasi kita masih transisi sehingga banyak sekali menimbulkan persoalan. Bermacam persoalan itu merugikan warga. Namun, semua itu masih bisa dianggap wajar asal tidak menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi minggu kemarin di kota Makassar.
Unjuk rasa dapat dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarut-larut, seperti penggusuran, konflik kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dan lain-lain. Kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga bisa memicu terjadinya unjuk rasa. Di sisi lain, unjuk rasa dapat mendorong mempercepat penyelesaian berbagai masalah. Namun, perlu juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian dan pemecahan persoalan. Pihak DPR maupun DPRD pun masih meragukan hal itu.

20. Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....
A. Pada saat ini, unjuk rasa disertai kekerasan. 
B. Demokrasi masih menimbulkan persoalan yang merugikan warga.
C. Unjuk rasa dalam pelaksanaan demokrasi dibiarkan berlarut-larut.
D. Unjuk rasa dapat meningkatkan dan mempercepat penyelesaian masalah


21. Kalimat fakta pada kutipan tajuk tersebut ....
A. kalimat pertama paragraf pertama
B. kalimat keempat paragraf pertama
C. kalimat pertama paragraf kedua
D. kalimat ketiga paragraf kedua


22. Pada tajuk tersebut penulis lebih berpihak kepada ....
A. rakyat
B. pemerintah
C. DPRD
D. DPR


23. Simpulan tajuk tersebut adalah ....
A. Pemerintah tidak bisa memutuskan sendiri persoalan yang ada.
B. Unjuk rasa dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarut-larut.
C. Demokrasi Indonesia masih dalam taraf transisi sehingga banyak persoalan.
D. Dalam demokrasi, pembuatan kebijakan dan pelaksanaannya perlu waktu lama.


24. Sederet properti terpajang di panggung. Sepasang kursi, tenda, dan gapura dengan tongkat-tongkat, juga lampu-lampu yang tak menyorot secara datar seperti dalam pertunjukan ketoprak. Dekorasi panggung itu lebih tepat untuk pentas teater modern daripada ketoprak.
Berdasarkan Kalimat utama, paragraf di atas  adalah... .
A. deduktif
B. induktif
C. campuran
D. naratif


25. Lakon pementasan ini diambil dari buku Max Havelaar karya Multatuli (1859) yang mengambil latar belakang masyarakat Lebak, Banten Selatan. Saijah dan Adinda tokohnya. Mereka ingin hidup aman dan tenteram. Tapi harapan itu tak pernah kesampaian. Tindakan sewenang-wenang penguasa dan anak buahnya menghapus impian itu. Dua sejoli ini akhirnya mati oleh keserakahan dan kesewenang-wenangan.
Kata ini pada kalimat pertama menggantikan ... .
A. Max Havelaar
B. Multantuli 
C. Sijah dan Adinda
D. Dua sejoli


26. Pada siang hari tadi terjadi kemacetan sepanjang 8 km di rute Kandang Haur Patrol, Jawa Barat. Berdasarkan hasil pantauan udara Dwi Guntoro, kemacetan tersebut disebabkan karena adanya penyempitan jalan yang semula terdiri dari 4 jalur menjadi hanya 2 jalur saja. Menurut pihak kepolisian, kemacetan akan semakin bertambah parah menjelang pukul 21.00, oleh karenanya, dihimbau agar para pengguna jalan menghindari rute tersebut pada malam hari dan mencari jalan alternatif  lainnya. Pihak kepolisian juga memberikan peringatan mengenai memuncaknya kemacetan di rute-rute luar kota, yang diperkirakan akan terjadi pada H-4 dan H-3.

Laporan di atas mengenai peristiwa... .
A. laporan pemantauan
B. laporan arus mudik menyambut hari Lebaran.
C. laporan kemacetan di Patrol
D. laporan pihak kepolisian


27. Membuka Selubung Bangsawan Melayu
Judul buku : Pahlawan dan Cerita Lainya, Mozaik Melayu Modern.
Judul asli : Heroes and Other Stories
Penulis : Karim Raslan
Penerbit : Yayasan Obor Indonesia
Tahun : 2006
Tebal : 164 halaman

Berdasarkan data di atas merupakan resensi  pada bagian... .
A. identitas buku
B. pendahuluan
C. ulasan buku
D. keunggulan buku


28. Musik itu indah dan menyenangkan. Banyak orang menyukai musik karena menemukan kepuasan dan kedamaian di dalam musik. Generasi muda khususnya para pelajar SMA adalah sebagian besar dari kelompok masyarakat yang menyukai musik. Musik bagi mereka sudah menjadi identitas khusus yang memiliki kebanggaan tersendiri. Dalam rangka hari ulang tahun yang ke-25 SMA Negeri 78, OSIS SMA  Negeri 78 akan menyelenggarakan festival band tingkat SMA se-Jabotabek. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menampung dan menyalurkan bakat serta kemampuan para siswa dalam olah suara yang dipadukan dengan musik.

Paragraf di atas dalam proprosal  kegiatan disebut.... 
A. latar belakang
B. tujuan
C. manfaat 
D. indikator keberhasilan


29. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah... .
A. Engkos Kosasih. 1985. Olah raga. Jakarta : Akademika Presindo.
B. Kosasih, Engkos. Kosasih. 1985. Olah raga. Jakarta : Akademika Presindo.
C. Kosasih, Engkos. Olah raga. 1985. Jakarta : Akademika Presindo.
D. Kosasih, Engkos. 1985. Olah raga. Jakarta. Akademika Presindo.


30. Ed Somers membawa gadis kecil itu, memegang erat-erat pergelangan tangannya dan menyeretnya. Tuan Collins juga datang ke paviliun bersama Ed. “Dia akan menjadi gurumu yang baru,”jelas Ed. “Dan ini akan menjadi kelasmu yang baru.”
Berdasarkan penggalan di atas terjadi konflik ... .
A. batin
B. ide
C. fisik
D. opini

No comments:

Post a Comment