3/15/2023

Seleksi Kompetensi PPPK Guru Kemenag Tahun Anggaran 2022, Apa saja Materi Pokok Tes yang Diujikan?

Seleksi Kompetensi bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) tahun anggaran 2022 akan digelar mulai tanggal 17 Maret sampai 9 April 2023. Pada pendaftaran PPPK Kemenag tahun anggaran 2022, tercatat 74.424 pendaftar yang lolos seleksi administrasi dan akan memperebutkan  49.549 formasi. Salah satu formasi yang diperebutkan adalah Guru Ahli Pertama. Nah, apa saja materi pokok tes yang diujikan untuk teman- teman yang mendaftar pada formasi guru, berikut rinciannya.

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Pelaksanaan ujian seleksi kompetensi PPPK Kemenag tahun anggaran 2022 menggunakan sistem CAT yang lokasi seleksinya digelar di Kantor Registrasi dan UPT milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang tersebar sebanyak 35 titik lokasi.

Materi Ujian Seleksi Kompetensi Calon PPPK Kemenag Tahun Anggaran 2022
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk jabatan fungsional, materi seleksi kompetensi Calon PPPK Kementrian Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2022 meliputi Materi Kompetensi Manajerial, Materi Kompetensi Sosio Kultural dan Materi Kompetensi Teknis.

Materi Kompetensi Manajerial mengukur tentang penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku dalam berorganisasi. Selain itu juga menilai tentang integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi hasil, pelayanan publik, pengembangan baik diri sendiri maupun orang lain, sistem pengambilan keputusan dan pengelolaan terhadap perubahan.

Materi Kompetensi Sosio kultural mencakup pengukuran terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku terkait dengan pengalaman berbaur dalam masyarakat majemuk baik dalam hal beragama, suku dan  budaya. Selain itu kompetensi sosio kultural juga akan menilai hal- hal yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan, etika, nilai- nilai, moral, dan prinsip  yang wajib dipenuhi oleh setiap pemangku jabatan sehingga dapat memeroleh hasil kerja yang selaras dengan peran, fungsi dan jabatan yang diembannya. Hal ini sangat penting karena pemegang jabatan harus dapat menjadi perekat bangsa yang memiliki kepekaan terhadap nilai budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik dan rasa empati.

Materi Kompetensi Teknis berguna untuk menilai kemampuan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku terkait dengan bidang teknis dalam jabatan yang dipilih.

Materi Tes Untuk Formasi Guru PPPK Kemenag
Untuk teman- teman guru, bentuk tes yang diujikan adalah menyangkut kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Kompetensi pedagogik guru berkaitan dengan kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, bagaimana guru merancang dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar dan mengembangkan potensi peserta didik dan mengaktualisasikannya.

Sementara itu kompetensi profesional berhubungan dengan penguasaan pembelajaran secara luas dan mendalam yang meliputi penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang mencakup materi. Selain itu kompetensi profesional juga mengukur penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuan dari guru itu sendiri.

Itulah materi pokok tes yang diujikan untuk formasi Guru Ahli Pertama. Semoga informasi di atas membantu teman- teman untuk mempersiapkan ujiannya.

Semoga sukses. 

No comments:

Post a Comment