3/21/2023

Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Ditjen Diktiristek Batch 13 Periode Mei-Agustus 2023 Dibuka, Yuk Simak Syarat dan Ketentuannya

Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Ditjen Diktiristek Batch 13 untuk periode Mei-Agustus 2023 resmi dibuka mulai tanggal 20 Maret 2023 samai dengan 9 April 2023. Program ini merupakan program dari Ditjen Diktiristek untuk para mahasiswa yang masih aktif di perguruan tinggi untuk mendapatkan pengalaman magang dalam berbagai posisi. 

source : Instagram ditjen.dikti

Syarat Umum dan Administratif
Untuk dapat mengikuti program PKL ini, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi yaitu persyaratan umum dan administratif.

Sebagai persyaratan umum, para calon peserta  merupakan mahasiswa yang masih aktif pada perguruan tinggi di bawah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Selain itu mahasiswa peserta magang harus memiliki mata kuliah wajib untuk mengikuti program kerja lapangan atau magang dari perguruan tinggi masing- masing atau magang sebagai syarat untuk kelulusan. Para peserta magang juga dituntut untuk menguasai program dan isu terkini seputar pendidikan tinggi, dapat bekerja dalam tim dan diutamakan memiliki alat kerja pribadi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Program magang dilakukan secara Work from Home dan Work from Office di kantor Diktiristek Jakarta (hybrid) selama periode magang.



Sementara itu untuk persyaratan administratif, para peserta magang harus memiliki Surat Pengantar yang ditandatangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi dan ditujukan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan menuliskan posisi magang yang dituju. Para calon peserta magang juga harus memiliki Kartu Tanda Mahasiswa dan Kartu Rencana Studi yang melampirkan mata kuliah agang/ KKL/ Job Training/ lainnya. Selain kedua syarat di atas, calon peserta magang juga harus membuat CV yang memuat pas foto terbaru serta portofolio sesuai dengan bidang yang dilamar. Format dibuat dalam bentuk PDF atau link untuk video dan animasi. Syarat administrasi terakhir adalah Surat kesediaan Diri untuk mengikuti Program magang hingga selesai dan menjalankan semua tugas dengan baik ditandatangani di atas materai. 

Formasi Penempatan
Ada tiga formasi untuk penempatan mahasiswa magang yaitu Konten Kreator, Kerja sama dan humas. 

Untuk formasi konten kreator, ada beberapa syarat yang dibutuhkan, seperti berpengalaman membuat konten kreatif dan memiliki minat dalam media sosial, khususnya Tiktok. Calon peserta juga mesti memiliki kemampuan dalam teknik pengambilan gambar dan proses editing sederhana. Selain itu calon peserta magang harus senantiasa mengikuti perkembangan atau tren terkini di media sosial

Untuk formasi Kerja Sama, ada beberapa syarat yang dibutuhkan diantaranya merupakan mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Sastra Inggris, atau sejenisnya yang aktif dan menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Jika memiliki sertifikat TOEFL/ IELTS, sertifikat tes tersebut dapat dilampirkan. Calon peserta magang juga harus memiliki minat terhadap isu pendidikan dan kerjasama domestik dan internasional.

Sedangkan untuk formasi Humas, persyaratannya adalah memiliki pengalaman dan mampu menulis siaran pers dan berita dengan baik serta memiliki kemampuan analisis isu dan membuat perencanaan strategis untuk program komunikasi. 

Pelaksanaan program magang akan berlangsung pada periode bulan Mei sampai dengan Agustus 2023. 

Pengiriman Berkas
Nah, bila memiliki persyaratan dan ketentuan di atas, berkas pendaftaran yang memuat persyaratan administratif dapat dikirim melalui e-mail ke alamat rekruitmenpkldikti8@gmail.com dengan CC kepada nherlina@kemdikbud.go.id dan sherlina@kemdikbud.go.id

Adapun untuk subjek diisikan posisi yang dilamar. Batas waktu pengiriman berkas paling lambat tanggal 9 April 2023 pukul 23.59 WIB.

No comments:

Post a Comment