3/23/2023

Rekomendasi Buku- Buku Latihan Soal UTBK- SNBT 2023 Terbaik untuk Persiapan Ujian

Seleksi nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dibuka pendaftarannya pada 23 Maret 2023 hingga 14 April 2023 mendatang. Ada yang berbeda dari pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi dari tahun sebelumnya, salah satunya yaitu bentuk soal yang diujikan. Pada tahun 2023 ini bentuk soal UTBK- SNBT 2023 didasarkan pada peraturan Menteri Kemdikbudristek No. 48 Tahun 2022 yang terdiri dari dua ranah yaitu tes potensi skolastik dan tes literasi. 

Gambar oleh Hermann Traub dari Pixabay

Ranah Tes Potensi Skolastik sendiri terdiri dari empat subtes sementara untuk Tes Literasi terdiri atas tiga subtes dengan rincian sebagai berikut, 

1. Tes Skolastik, meliputi Kemampuan Penalaran Umum, PPU (Pengetahuan dan Pemahaman Umum), PBM (Pemahaman Bacaan dan Menulis), dan Pengetahuan kuantitatif ;
2. Literasi, mencakup Literasi dalam bahasa Indonesia, Literasi bahasa Inggris, dan Penalaran matematika 

Dilansir dari sosialisasi daring pendaftaran UTBK- SNBT 2023 melalui kanal Youtube SNPMB BPPP tanggal 21 Maret 2023, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK ) lebih mengedepankan logika dan penalaran dibandingkan dengan hafalan yang mana UTBK hanya mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS), tidak seperti tahun sebelumnya yang mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Hal ini tentu dapat disimpulkan bahwa tes UTBK SNBT 2023 kali ini tidak lagi menggantungkan dari sisi akademik atau penguasaan materi mata pelajaran yang selama ini ditempuh di SMA dan atau yang sederajat

Persiapan Menghadapi UTBK SNBT 2023
Salah satu cara menghadapi UTBK SNBT 2023 adalah dengan cara berlatih sehingga dapat mengukur sejauh mana kemampuan teman- teman dalam menyelesaikan soal. Untuk menunjang aktivitas berlatih soal, ada banyak buku UTBK - SNBT 2023 yang direkomendasikan untuk dimiliki dan dijadikan referensi dalam belajar. 

Buku- buku tersebut pun sudah mengacu pembuatan soal sesuai peraturan Menteri Kemdikbudristek No. 48 Tahun 2022. Berikut daftar rekomendasi buku untuk persiapan UTBK - SNBT 2023. Bila akan membeli salah satu buku, tinggal klik tautan yang ada di bawah keterangan buku. 

Rekomendasi Buku- Buku Latihan UTBK-SNBT 2023 Terbaik


1. Paket Kitab dan Buku Saku UTBK- SNBT 2023 (Ruang Guru)



Paket Bundling Kitab UTBK-SNBT 2023 merupakan buku latihan soal yang dibuat sesuai dengan kebijakan terbaru dilengkapi pembahasan yang lengkap dan dibuat serta diseleksi langsung oleh Master Teachers Ruangguru sebagai bekal siswa dalam persiapan masuk Perguruan Tinggi Negeri. Buku soal memuat  soal-soal prediksi dan tryout SNBT yang akurat dengan lebih dari seribu soal latihan soal pada masing-masing Tes Potensi Skolastik (4 mapel) & Tes Literasi (3 mapel).

Kitab UTBK-SNBT 2023 juga dilengkapi dengan Informasi terbaru UTBK-SNBT 2023, Tips dan strategi mengerjakan soal UTBK-SNBT 2023, Pembahasan langkah demi langkah dalam memecahkan soal UTBK-SNBT 2023, Analisis jawaban salah dan Informasi scoring dan IRT UTBK-SNBT 2023

2. Paket TPS SNBT 2023 Buku Wangsit Om Jero UTBK



Buku Wangsit termasuk buku yang paling banyak diminati karena soal- soal yang berkualitas dan pembahasan yang lengkap dan menyeluruh. Pada perhelatan UTBK-SNBT 2023 ini, Buku Wangsit Om Jero menawarkan Paket TPS dengan 4 Buku Platinum yang terdiri atas 8 subtes yaitu :
  • Penalaran Matematika
  • Potensi Kognitif
  • Literasi dalam B Indonesia
  • Literasi dalam B Inggris
  • pengetahuan kuantitatif (PK)
  • penalaran umum (PU)
  • pemahaman bacaan dan menulis (PBM)
  • pengetahuan dan pemahaman umum (PPU)

Oya, selain untuk menghadapi UTBK- SNBT 2023, buku Wangsit Om Jero dapat juga sebagai bahan persiapan utk Ujian Seleksi Mandiri spt UTUL UGM dan Sekolah Kedinasan. 

3. ERLANGGA FOKUS SNBT



Erlangga Fokus SNBT merupakan buku persiapan UTBK-SNBT selanjutnya. Buku ini menawarkan Materi rangkuman yang disusun sesuai dengan standar materi SNBT sehingga waktu belajar akan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu buku juga dilengkapi dengan Latihan soal Prediksi untuk membiasakan dan memahami karakter soal SNBT yang menerapkan jenis soal penalaran tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk juga pada tes literasi.

Erlangga Fokus SNBT juga difasilitasi QR Code yang memuat simulasi SNBT berbasis komputer. Simulasi dibuat dengan batasan waktu per subtes mata pelajaran sehingga ketika waktu habis maka soal akan otomatis berpindah ke mata pelajaran lain. 

4. SUKSES UTBK-SNBT 2023: SKOLASTIK dan LITERASI


Buku Sukses UTBK-SNBT 2023 : Skolastik dan Literasi dari Penerbit Duta Buku ini merupakan buku lengkap untuk persiapan menghadapi UTBK-SNBT 2023. Buku ini terdiri dari paket teori yang disertai dengan contoh soal dan pembahasan serta soal latihan UTBK-SNBT 2023 dan pembahasan. Selain itu terdapat pula paket simulasi UTBK-SNBT 2023 dan kunci jawabannya. Buku Sukses UTBK-SNBT 2023 : Skolastik dan Literasi disusun oleh Tim Pengajar Ganesha Operation yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya.

Sementara itu beberapa buku latihan untuk persiapan UTBK-SNBT Terbaik untuk persiapan ujian. Jika ada buku- buku lain yang relevan, akan kami update kembali tulisan ini.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment