3/21/2023

Cara Mudah Membuat Ucapan Ramadhan 2023 Berbasis Animasi Digital dengan Canva

Umat muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan menyambut bulan suci Ramadhan. Khususnya di Indonesia sendiri bulan Ramadhan akan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023 atau 1 Ramadhan 1444 H.

Memasuki datangnya bulan Ramadhan biasanya mengalir ucapan- ucapan yang ditujukan untuk orang- orang terdekat, rekan kerja maupun keluarga yang jauh. Ucapan - ucapan tersebut berisikan harapan atau doa untuk diri sendiri maupun untuk kebersamaan dalam menjalankan ibadah puasa dengan lancar. 



Biasanya kita membuat ucapan- ucapan digital yang akan diunggah ke media sosial atau dikirimkan kepada orang lain. Seiring kemajuan zaman, pembuatan ucapan digital tersebut tidaklah sulit, ada banyak platform atau aplikasi untuk membuatnya, salah satunya adalah Canva. 

Canva merupakan platform desain yang menyediakan berbagai macam templat untuk berbagai keperluan, misalnya dalam pembuatan poster, flyer,  presentasi, film pendek, website statis atau produk desain yang lain.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman- teman bagaimana membuat ucapan Ramadhan berbasis animasi digital di Canva. Langkahnya cukup mudah, dengan beberapa langkah saja. Untuk memulainya, silahkan login ke Canva terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun Canva, silahkan buat lebih dahulu.

Baik, langsung dimulai ya,

Buka Canva lalu ketik kata kunci dalam pencarian Ramadhan. 


Pilih templat yang tersedia,



Saya memilih salah satu templat berikut, lalu klik Sesuaikan templat untuk kustomisasi templat yang dipilih


Edit tulisan dan elemen- elemen yang ada di dalamnya.


Atur animasi dengan klik "animasikan". 


Setel waktu tampilan, bisa lima detik, sepuluh detik atau sesuai dengan kebutuhan


Tambahkan audio untuk isian lagu yang mengiringi tampilan animasi


Saya memilih tema arab, karena berkenaan dengan templat dan topik dari ucapan yang dibuat. Klik Play untuk melihat hasil dari Ucapan Ramadhan yang dibuat. 



Setelah selesai smeua dalam fitur edit sampai pratinjau, maka Klik Bagikan untuk mengunduh ucapan Ramadhan yang sudah dibuat. 

Klik Unduh untuk mendownload ke komputer device atau gawai yang kita miliki. 


Jika teman- teman hanya ingin membuat ucapan yang berbentuk gambar saja, maka pada saat mengunduh, pilih Jenis File untuk format gambar seperti JPEG atau PNG.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment