3/17/2023

Lima Fakta Program Keahlian Busana SMK yang Perlu Diketahui

Program keahlian Busana merupakan program keahlian yang mengakomodir minat siswa dalam bidang fashion. Selain itu program keahlian ini juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya dalam hal jahit menjahit, sampai dengan membuat produk yang berkualitas. Maka tidaklah mengherankan apabila peminat program keahlian ini adalah kaum hawa. 

ilustrasi/ sumber gambar : http://binusasmg.sch.id

Program Keahlian Busana bukanlah jurusan yang baru di dunia SMK. Sebelumnya berdasarkan Perdirjen Dikdasmen No.: 06/D.D5/KK/2018, program keahlian Tata Busana merupakan induk dari kompetensi keahlian Tata Busana dan Desain Fashion. Kemudian menurut Kepmendikbudristek No. 165/M/2021, Konversi Spektrum Keahlian SMK Paradigma Baru, keduanya dikonversi dalam spektrum Keahlian SMK Paradigma Baru menjadi Program Keahlian Busana saja.

Beberapa materi yang dipelajari pada program keahlian Busana adalah mencakup pengetahuan dasar tekstil, Dasar Desain dan Desain busana, Pembuatan pola, pembuatan busana custom made, pembuatan busana industri, pembuatan hiasan busana dan produk kreatif kewirausahaan. 

Nah, bagi teman- teman yang memilih mendaftar ke program keahlian Busana di SMK, berikut ini beberapa fakta yang perlu diketahui agar lebih memahami tentang program keahlian ini. 

Satu, Program keahlian ini menjembatani peserta didik yang memang memiliki minat dan bakat dalam hal fashion. 

Dua, Peserta didik akan terbiasa dengan peralatan menjahit seperti mesin jahit industri, peralatan jahit, mesin pasang kancing, mesin obras, mesin lubang kancing, boneka jahit, dan sebagainya. Selain itu mereka juga akan terbiasa dengan peralatan baik manual maupun komputer untuk mengerjakan desain busana yang akan dibuat.

Tiga, Peserta didik akan menempuh pembelajaran dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut yang meliputi pengetahuan bahan tekstil, dasar desain, pembuatan pola, teknologi menjahit, desain busana, pembuatan hiasan busana, pembuatan busana custom-made, pembuatan busana industri hingga membuat produk kreatif untuk kesempatan berwirausaha. 

Empat, Lulusan yang kompeten memiliki peluang yang besar dalam memperoleh pekerjaan dalam skala nasional maupun internasional. Sebagian besar SMK yang membuka Program Keahlian Busana sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam lingkup skala tersebut. Tetapi banyak juga lulusan yang mungkin akan lebih suka mengembangkan usaha sendiri dengan berkarir sebagai pengusaha. 

Lima, Bagi siswa yang ingin mengembangkan kompetensinya melalui pendidikan, beberapa perguruan tinggi yang mengakomodir jurusan  Busana ini, seperti  UNNES, UNJ, UNY, dsb. Banyak siswa lulusan yang melanjutkan kuliah di berbagai jurusan perguruan tinggi seperti tata busana, fashion business , DKV, tata rias kecantikan, dan sebagainya.

Itulah lima fakta mengenai Program Keahlian Busana. Tentunya masih ada fakta- fakta lainnya tentang Program Keahlian ini. Ada fakta- fakta lainnya? Jangan ragu tulis di kolom komentar ya?
Salam. 

No comments:

Post a Comment