3/29/2023

Materi PJOK Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 2 : Pengertian Senam Lantai, Manfaat dan Macam- Macam Gerakannya

Senam merupakan kegiatan olahraga yang selain menyehatkan juga dapat membentuk tubuh menjadi indah dan kuat. Senam dilakukan dengan gerakan- gerakan yang teratur dan sistematis untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani. Gerakan senam dapat bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik, gerak, menjaga kesehatan otot jantung, dan memperlancar peredaran darah. Ada banyak jenis senam dimana senam lantai merupakan salah satunya. 

Image by <a href="https://pixabay.com/users/qimono-1962238/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Arek Socha</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Pixabay</a>
Source : Pixabay

Pengertian Senam Lantai
Senam lantai merupakan salah satu cabang olah raga senam yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan dimana gerakannya mengacu pada gerak dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap anggota tubuh, yaitu kemampuan motorik dan gerak, seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan. 

Senam lantai gerakannya dapat dilakukan di atas matras dengan bentuk aktivitas yang bermacam- macam seperti mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara dan menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan keseimbangan.

Dalam kejuaraan senam, luas lantai yang digunakan adalah berukuran 12 X 12 meter dengan tambahan 1 meter di setiap sisinya untuk keamanan pesenam. Adapun waktu lomba untuk putra adalah 50 - 70 detik sementara untuk putri adalah 70- 90 detik.

Manfaat Senam Lantai
Melakukan senam lantai dan senam lainnya secara teratur kan dapat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah berikut ini :
a. Membentuk dan mengembangkan otot tubuh
b. Mengembangkan kualitas fisik
c. Membentuk keindahan tubuh
d.Memelihara kesehatan jasmani

Aktivitas senam juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan sosial seperti membantu kejernihan dalam berpikir dan memecahkan masalah- masalah berkaitan dengan gerak. 

Macam - Macam Aktivitas Senam Lantai
Aktivitas Keseimbangan
Keseimbangan merupakan kemampuan untuk mempertahankan tubuh pada bidang tumpu tertentu. Aktivitas keseimbangan dilakukan dengan posisi tubuh yang tegak. Ada beberapa contoh melakukan aktivitas keseimbangan diantaranya dengan cara mengangkat satu kaki dan merentangkan kedua lengan kesamping. Selain itu aktivitas keseimbangan dapat dilakukan dengan mengangkat satu kaki ke belakang dan kedua tangan lurus ke depan. Aktivitas keseimbangan juga bisa dilakukan dengan mengangkat satu kaki ke depan maupun ke samping.


Gerakan guling depan
Guling depan merupakan gerakan badan mengguling ke depan dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. 

Cara melakukannyaadalah sebagai berikut :
a. Sikap awal jongkok, kedua telapak tangan menyentuh matras, dagu mengenai dada.
b. Kaki diluruskan dan berat badan dipindah ke lengan
c. Pundak diletakkan hingga badan.
d. Mengguling diirirngi kedua kaki hingga badan dapat berguling
e. Sikap akhir dengan kedua kaki mendarat kedua tangan memegang lutut dengan posisi jongkok. 

Aktivitas guling belakang (back roll)
Guling belakang dilakukan dengan cara mengguling ke belakang melalui bagian belakang badan mulai anggota badan seperti panggul bagian belakang, punggung dan tengkuk.

Untuk melakukan guling belakang dapat melalui langkah- langkah :
a. Aktivitas guling belakang (back roll) diawali dengan sikap jongkok, kedua tangan menghadap ke atas
b. Jatuhkan badan ke belakang, dorong kedua tangan, badan terguling ke belakang.
c. Sikap akhir, kedua kaki mendarat, kedua tangan menjaga keseimbangan, kemudian diakhiri sikap jongkok dan pandangan ke depan.

Sikap Lilin
Sikap lilin merupakan sikap dalam posisi kedua kaki diangkat lurus ke atas dengan posisi kedua tangan menopang badan agar stabil.
Sikap lilin diawali dengan tidur terlentang lalu angkat kedua kaki ke atas dengan posisi kedua tangan menopang bagian punggung. 

Head stand
Head stand merupakan sikap berdiri menggunakan tumpuan pada bagian kepala. Sikap head stand ini dilakukan dengan sikap tegak, tumpuan pada kepala, kedua tangan pada bagian siku ditekuk untuk menopang bagian kepala tersebut dan telapan tangan menumpu sikap head stand.

Sikap head stand diawali melakukan posisi bungkuk ke depan, sambil meletakkan kedua tangan di atas matras. Dahi kemudian diletakkan  diantara kedua tangan sambil memposisikan tangan hingga membentuk segitiga. Pinggul perlahan diangkat ke atas dengan posisi badan tegak lurus terhadap matras. Kaki diluruskan satu persatu dan bertahan dengan menjaga keseimbangan.

Hand stand
Hand stand merupakan sikap berdiri dengan kedua tangan sebaagi tumpuannya. Untuk melakukan hand stand, posisi badan dibungkukkan ke depan, telapak tangan ditempelkan ke matras. Angkat kedua kaki ke atas lalu luruskan tubuh dari atas ke bawah.  

No comments:

Post a Comment