3/23/2023

Pendaftaran SNBT 2023 dibuka Hari Ini, Berikut Panduan Lengkap Pendaftarannya

Pendaftaran SNBT 2023 dibuka mulai tanggal 23 Maret sampai dengan 14 April 2023. Agar dalam prosesnya berjalan dengan lancar, sebaiknya cermati langkah- langkah dalam pendaftaran yang dimulai dengan login akun SNPMB, melengkasi isian biodata, pemilihan program studi hingga unduhan kartu tanda pendaftar. 

Login akun SNPMB
Untuk melakukan pendaftaran UTBK - SNBT 2023, para peserta harus terlebih dahulu masuk ke dalam akun SNPMB dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar.

Isian Biodata
Isian biodata dilakukan dengan menginput data yang termasuk nama lengkap, asal sekolah, NISN. Selain itu juga dimasukkan Agama, nomor telepon, Nomor KIP Kuliah (bila memiliki). 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Para pendaftar yang memiliki KIP Kuliah non-bayar biaya UTBK, digratiskan untuk biaya UTBK, sedangkan bagi para pemegang KIP Kuliah bayar biaya UTBK, maka peserta akan tetap membayar biaya UTBK. Untuk peserta yang bukan pemegang KIP kuliah, maka dapat melakukan centang kotak tulisan tidak terdaftar.

Dalam isian biodata, peserta juga akan menginput data orang tua/wali. Peserta dengan kebutuhan khusus seperti tuna wisma dapat membiarkan form kebutuhan khusus kosong dan tidak diperkenankan mencentang 2 pilihan tersebut.

Pada isian biodata, pastikan bahwa data yang dimasukkan benar, lengkap sebelum menekan tombol Simpan dan Lanjutkan untuk menyimpan perubahan. Jika data sudah benar dan lengkap, maka klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Konfirmasi Pengisian Biodata
Konfirmasi Pengisian Biodata merupakan tahapan akhir dari pengisian data yang akan memastikan bahawa isian data sudah benar pasalnya biodata akan disimpan secara permanen dan tidak dapat diubah kembali.

Pada tahapan ini, akan ditampilkan biodata yang sudah diisi pada fase sebelumnya, maka cermati dengan baik bahwa data yang diisikan sudah benar. Jika terdapat kesalahan pada data, maka peserta dapat menekan tombol kembali untuk melakukan pengeditan data yang salah.

Data yang sudah benar dan dipastikan tidak ada yang salah, dapat disimpan permanen dengan cara centang Pernyataan dan tekan Simpan Permanen Biodata. Pada kotak pengecekan Akhir, pilih Ya dan Simpan Permanen

Pemilihan Program Studi
Peserta dapat memilih PTN maupun program studi untuk Pilihan 1 dan Pilihan 2  dalam daftar pilihan. Program Studi atau PTN yang dipilih harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Setelah memilih PTN atau Program Studi baik pilihan 1 maupun Pilihan 2, maka peserta dapat mencermati kelengkapan Portofolio, apakah ada atau tidak.

Jika PTN dan Program Studi yang didaftar mengisyaratkan pengunggahan Portofolio, maka peserta dapat melakukan unggahan Portofolio sesuai dengan langkah dan ketentuan. Pengunggahan Portofolio untuk peserta yang pernah mendaftar SNBP 2023 dapat memilih Portofolio yang berbeda untuk SNBT 2023. Peserta SNBT 2023 yang menggunakan Portofolio yang sama dengan SNBP 2023, hanya memilih sumber Portofolio dan klik Lanjutkan sementara untuk peserta yang memilih menggunakan Portofolio yang berbeda dari SNBP, dapat mengunggah dokumen dari perangkat dekstop komputer dan melengkapi semua berkas yang dipersyaratkan. Para peserta akan mendapat notifikasi bahwa portofolio telah berhasil diunggah jika semua berkas telah lengkap diupload. Peserta dapat melihat kembali dokumen portofolio yang telah diunggah. 

Setelah tahapan portofolio selesai, maka selanjutnya pilih dengan mencentang Pernyataan ketersediaan memenuhi ketentuan Biaya Pendidikan (Uang Kuliah Tunggal atau UKT) pada program studi yang ditetapkan PTN atau Program studi pilihan. Tekan Simpan dan lanjutkan.

Pemilihan Pusat UTBK SNBT
Para peserta dapat memilih pusat UTBK SNBT melalui bagian bawah halaman melalui daftar yang tersedia. Klik Simpan dan Lanjutkan apabila data lokasi sudah dipilih dengan benar.

Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata
Pada konfirmasi akhir pengisian biodata, terdapat konfirmasi Pusat UTBK yang memuat informasi nama sampai Pusat UTBK SNBT 2023. Pada fase ini, peserta dapat mengubah Pusat UTBK jika tidak sesuai dengan klik Ganti Pusat UTBK. Jika semua data sudah diisikan dengan benar dan yakin serta tidak ada perubahan lagi, maka pilih Simpan Permanen Pusat UTBK. Konfirmasi tentang kebenaran data akan muncul dan klik Ya dan Simpan Permanen.

Pembayaran Pendaftaran UTBK SNBT 2023
Berkaitan dengan pembayaran UTBK SNBT 2023, pendaftar yang memiliki KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran sehingga dapat langsung klik pada Ambil Kartu Peserta. Sementara itu untuk peserta Non-KIP Kuliah, dapat melakukan pembayaran dengan cara klik Unduh Slip Pembayaran lalu setelah slip bayar didapatkan, peserta dapat melakukan pembayaran dengan jangka waktu yang ditentukan dengan kode yang tertera.

Itulah Panduan Lengkap Pendaftaran UTBK-SNBT 2023 yang dapat dicermati. Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Selamat berjuang. 

No comments:

Post a Comment