3/20/2023

Cara Cek Jurnal Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan sudah digelar per-tanggal 1 Maret 2023 dan akan ditutup pada 9 Juni 2023. 

Seleksi Mandiri  Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) PGSD Unggulan tahun 2023/2024 merupakan ditujukan untuk meningkatkan mutu mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang khususnya untuk calon guru Sekolah Dasar. 

Kuota calon mahasiswa baru SM-UNNES PGSD Unggulan adalah sebanyak satu rombel yang berjumlah 30 (tiga puluh) calon mahasiswa.

Cek Jurnal Pendaftar S- UNNES PGSD 2023
Jika teman- teman ingin melihat jurnal pendaftaran, kalian dapat menuju ke halaman Jurnal Pendaftaran melalui https://sm.unnes.ac.id/

Pada halaman Seleksi Mandiri terdapat menu login Seleksi Mandiri, klik Lihat Jurnal Pendaftaran 


Pilih klik Seleksi Mandiri Jalur PGSD Unggulan

Jurnal Pendaftaran akan dapat diketahui baik pendaftar pilihan I, Pilihan II maupun jumlah total pendaftar. 


Syarat Umum dan Syarat Khusus Pendaftaran
Syarat Umum - Pendaftar SM-UNNES PGSD tahun 2023/ 2024 diperuntukkan untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK yang terdaftar aktif di kelas XII/XIII pada tahun 2023  dengan dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah. Selain itu setiap mahasiswa diharuskan mematuhi etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES seperti kesanggupan membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari semester 1 sampai dengan 8 untuk golongan 1 atau 2 . Selain itu calon mahasiswa harus siap diakselerasi untuk mengikuti PPG Prajabatan. 

Syarat Khusus - Persyaratan khusus untuk mendaftar yaitu bukti dokumen rapor atau transkrip nilai maupun dokumen lainnya. Dokumen rapor tersebut terdiri dari nilai rapor semester 1 s.d. 5 mata pelajaran Bahasa Inggris, rumpun atau mata pelajaran IPA, kelompok atau mata pelajaran IPS, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan Bahasa Indonesia pada SMA/MA/SMK/MAK/sederajat dengan nilai minimal delapan. 

Tata Cara Pendaftaran dan Biaya
Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://penerimaan.unnes.ac.id . Setelah masuk, isikan biodata dan formulir pendaftaran secara online untuk menerima kode pembayaran berupa nomor virtual account (VA).Pembayaran dilakukan ke Bank BTN dan Bank BNI 46 melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking menggunakan virtual account (VA) yang diberikan pada tahapan sebelumnya. Pendaftaran SM-UNNES jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan dikenai biaya  Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) yang disetorkan melalui Bank BTN dan Bank BNI 46 dengan menunjukkan kode pembayaran Virtual Account (VA). 

Setelah melakukan pembayaran, maka Pengisian data nilai Rapor baru dapat dilakukan dengan mengisi nilai pengetahuan dan prestasi dari semester 1 sampai 5. Langkah berikutnya adalah unggah dokumen yang diperlukan berupa file scan yaitu :
a. surat keterangan yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK
b. pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, dengan format gambar jpg
c. identitas seperti KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar
d. bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh

Kartu Peserta SM-Unnes Jalur Kelas Pendidikan Guru Kelas Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan dapat dicetak dan ditandatangani setelah semua dokumen terisi dan unggahan terupload lengkap.

Tes Seleksi
Tes tulis yang berupa TPA dan Bahasa Inggris dilaksanakan pada 12 Juni 2023 dan bagi yang lolos, berhak maju ke tes wawancara pada 17 Juni 2023. Hasil seleksi tes akan  diumumkan pada  tanggal 23 Juni 2023 melalui laman penerimaan.unnes.ac.id.

Tetap update yaa, tetap simak terus informasi melalui web resmi jika ada perubahan jadwal, maupun pengumuman di https://penerimaan.unnes.ac.id

Selamat Berjuang.

No comments:

Post a Comment