3/08/2023

Mengenal Lebih Jauh Dua Prodi Baru SNBT 2023 di UNNES Semarang

Universitas negeri Semarang (UNNES) adalah salah satu kampus negeri yang ada di Semarang yang memeroleh predikat unggul berdasarkan akreditasi BAN-PT. 

Universitas negeri Semarang (UNNES) pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini, membuka penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur pendaftaran yaitu SNBP, SNBT dan jalur mandiri. Jalur SNBP sudah ditutup beberapa waktu lalu dan jalur yang dibuka selanjutnya adalah jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pada tanggal 23 Maret - 14 April 2023. Melalui ketiga jalur tersebut, UNNES menampung mahasiswa baru sebanyak 11.150  dengan rincian sebagai berikut jalur SNBP, sebanyak 20 % , jalur SNBT sebanyak 30 % kursi dan jalur seleksi mandirisebanyak 50 % dari total daya tampung. 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

UNNES tahun 2023 ini membuka 72 jurusan atau prodi dimana dua diantaranya adalah prodi baru. Adapun dua prodi baru Unnes yang  tahun ini dimasukkan dalam SNPMB SNBT 2023 adalah Jurusan Desain Komunikasi Visual dan Jurusan Statistika Terapan dan Komputasi. 

Nah, pada tulisan ini akan kita bahas sebenarnya apakah itu jurusan Komunikasi Visual dan Jurusan Statistika Terapan dan Komputasi sebagai prodi baru dalam penerimaan SNBT tahun 2023 ini, berikut ulasannya

Jurusan Komunikasi Visual 
D3 Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu prodi pada Fakultas Bahasa dan Seni (FPBS). Program Studi ini memiliki izin penyelenggaraan Prodi dari Dikti dengan nomor 3006/D/T/2004 sejak tahun 2004. Program studi Desain Komunikasi Visual senada dengan visi misinya yaitu mengembangkan program untuk menghasilkan lulusan diploma/ahli madia di bidang desain komunikasi visual (DKV) dengan kompetensi utama sebagai tenaga/praktisi di bidang desain grafis dan multimedia. Ada 110 SKS sampai 120 SKS yang mesti ditempuh mahasiswa melalui mata kuliah pokok/ wajib untuk mendapat gelar A.Md. Prodi ini sudah terakreditasi A (Amat Baik) melalui SK nomor 4968/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017

Perkuliahan untuk prodi Desain Komunikasi Visual dilaksanakan di dalam maupun di luar ruangan disamping melalui seminar secara berkala. Untuk mengembangkan mahasiswa baik secara tataran akademis maupun praktis, prodi DKV dilengkapi dengan berbagai laboratorium dan studio praktikum kesenirupaan, serta kemudahan akses sumber belajar.

Peluang kerja program studi  adalah dalam bidang Desainer grafis (desainer logo, poster, brosur, baliho, spanduk, pamplet (pampflet), cover majalah, cover buku). Selain itu juga dapat mengisi lapangan kerja sebagai Copy writer, Lay outer media masa, Perancang iklan tayang, Perancang media pembelajaran multimedia, Perancang company profile, Perancang CD interaktif, Desainer website, Animator film (layar lebar, sinetron, film laga), Animator film kartun, Editor video clip, film, video pembelajaran, Ilustrator dan Visualizer.

Jurusan Statistika Terapan dan Komputasi
Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi merupakan salah satu program studi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Prodi D3 Statistika Terapan dan Komputasi (Staterkom) bertujuan menghasilkan lulusan ahli madya yang profesional di bidang statistika dan komputasi, serta berakhlak mulia. Lama studi prodi ini ditempuh selama 5 - 6 Semester dengan jumlah 144 SKS dengan gelar A.Md. 

Lulusan Prodi Statistika Terapan dan Komputasi berpeluang untuk diterima bekerja di instansi pemerintahan maupun swasta. Prodi ini memadukan ilmu statistika dengan teknologi komputer. Selain ilmu statistik, mahasiswa juga dibekali kemampuan dalam membuat aplikasi-aplikasi dalam berbagai bidang berbasis komputer.

Prodi Statistika Terapan dan Komputasi (Staterkom) memiliki berbagai kegiatan ekstra kurikuler bagi pengembangan diri mahasiswa baik secara akademik maupun non akademik. 

Adapun mata kuliah yang dipelajari mencakup mata kuliah-mata kuliah Statistika dan Komputasi yang terdiri dari teori dan praktik  dengan pendekatan pembelajaran yang melibatkan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif baik di dalam kelas maupun di luar kelas. 

No comments:

Post a Comment