3/04/2023

Serunya Membuat Game Vocabulary Bahasa Inggris Interaktif dengan Platform Interacty

Hai sahabat Ahzaa, satu lagi nih platform menarik dan interaktif yang perlu kita coba untuk diterapkan di dalam kelas, yaitu Interacty. Interacty merupakan platform online interaktif yang memungkinkan guru dan pendidik membuat pembelajaran dan lembar kerja secara interaktif baik di sekolah maupun diluar sekolah secara daring. Interacty saat ini menyediakan fitur Bahasa Indonesia sehingga sangat memudahkan buat kita semua. Nah, untuk berkenalan lebih jauh dengan Interacty, teman- teman dapat membaca tulisan saya terdahulu tentang Interacty.


Masih dengan Interacty, hari ini saya akan membahas tentang bagaimana menggunakan fitur - fiturnya dalam membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif yaitu membuat game vocabulary Bahasa Inggris secara Interaktif. Baik, langsung saja yaa kita mulai.

Buka Interacty  lalu silahkan sign in. Bila teman- teman belum memiliki akun, bisa buat melalui akun Google atau facebook. Karena saya sudah membuat akun sebelumnya, maka saya hanya perlu sign in saja.



Inilah tampilan dashboard dari Interacty.


Untuk mulai membuat pembelajaran dan lembar kerja yang interaktif, teman- teman bisa klik tombol "Membuat" pada pojok kanan atas. Akan ada dua pilihan yaitu buat dari awal atau Pilih Templat. Dalam hal ini saya memilih Pilih Templat saja untuk memudahkan saya dalam membuat media pembelajarannya.




Yap, Inilah Galeri Templat yang memungkinkan teman- teman untuk memilih konsep permainan yang dibutuhkan. Interacty menyediakan untuk keperluan Bisnis dan Pendidikan. Lihat pada bagian menu Galeri Template dan pilih Pendidikan. Teman- teman dapat memilih kuis pembelajaran berdasarkan kebutuhan masing- masing.



Sebagai contoh untuk pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar, maka saya memilih  Belajar Bahasa




Tersedia berbagai jenis templat untuk Belajar Bahasa Inggris. Kita bisa melihat dan mencoba permainannya terlebih dahulu melalui Pratinjau templat yang tersedia atau langsung gggunakan templat tersebut. Kuis vocabulary bahasa Inggris yang saya buat ini adalah mencocokkan gambar dengan nama hewan. 


Inilah Pratinjau dari templat yang dipilih sebelumnya,


Berikut Halaman Editor untuk mengatur Kuis teman- teman. Klik Sunting untuk mengatur templat kuis. 



Tersedia Opsi bermain yang memungkinkan teman- teman dalam mengatur permainan. Pada bagian ini teman- teman dapat mengatur tata letak (a), Header kuis (b), dan teks tombol (c). Teman- teman dapat melihat preview nya pada bilah samping. Bila sudah fix dengan templat tersebut, klik Simpan.



Klik Pasangan pada bagian atas. Pada bagian ini teman- teman dapat mengatur gambar dan pasangan kata. Klik pada bagian foto untuk mengubah atau mencari pada library gambar. Klik Simpan bila sudah selesai.



Teman- teman bisa memanfaatkan free picture library dari Pixabay atau Unsplash. Ketikkan saja gambar yang ingin dicari, maka fitur pencarian akan menemukannya. Unggah gambar apabila pencarian sudah selesai

unggah gambar

Nah, kembali lagi ke Opsi Memori, yaitu Langkah Akhir untuk edit kuis. Teman- teman dapat menuliskan apresiasi pada Header dan Deskripsi. Selain itu juga dapat menambahkan gambar untuk menambah reward ke siswa. Jangan lupa klik Simpan yaa.


Sebelum menerbitkan klik Pratinjau untuk melihat pekerjaan teman- teman dalam membuat Game Vocabulary Bahasa Inggris.


Step Akhir, Yuk kita terbitkan kuis yang dibuat. Klik Menerbitkan untuk mempublish. Teman- teman dapat membagikannya melalui URL Link, kemudian menyematkannya di situs web atau LMS, melalui media sosial maupun memindai kode QR nya. 



Itulah cara Membuat Game Vocabulary Bahasa Inggris Interaktif dengan Platform Interacty, Mudah bukan? Mari  kita coba buat kuis- kuis melalui templat lainnya di Interacty. Bagaimana dengan teman- teman? Ada pengalaman membuat media pembelajaran lainnya melalui Interacty? Yuk share di kolom komentar. 

No comments:

Post a Comment