3/08/2023

Teks Deskripsi Bahasa Indonesia SMP : Pengertian, Ciri- Ciri, Tujuan, dan Struktur Serta Contohnya

Teks Deskripsi dapat diartikan sebagai sebuah teks yang berisi pemaparan atau penggambaran dengan kata- kata suatu benda, tempat, suasana atau keadaan. Penulis teks deskripsi mengharapkan pembacanya melalui tulisannya dapat melihat apa yang dilihatnya, dapat mendengar apa yang didengarnya, dapat merasakan apa yang dirasakannya yang nantinya akan sampai pada kesimpulan yang sama dengannya. Deskripsi dapat disimpulkan sebagai hasil dari observasi melalui panca indera yang disampaikan dengan kata- kata atau tulisan. 

Gambar oleh Cindy Parks dari Pixabay

Contoh dari teks deskripsi yang merupakan penggambaran suatu tempat dapat dilihat pada contoh berikut ini,

Bedugul merupakanh kawasan resor danau pegunungan di Bali, Indonesia, yang terletak di tengah-utara pulau dekat Danau Bratan di jalan antara Denpasar dan Singaraja. Wilayahnya meliputi desa Bedugul itu sendiri, antara lain Candikuning, Pancasari, Pacung dan Wanagiri.

Secara administratif, Bedugul termasuk dalam wilayah di Kabupaten Tabanan, yaitu 48 kilometer sebelah utara kota Denpasar atau 20 kilometer sebelah selatan kota Singaraja. Di kawasan tersebut terdapat tiga danau kawah yaitu Danau Beratan, Danau Buyan, dan Danau Tamblingan. Cuaca di daerah Bedugul sangat sejuk karena lokasinya di ketinggian sekitar 1.500 meter (4.900 kaki) di atas permukaan laut. 

Situs utama di Bedugul adalah pura air Pura Ulun Danu Bratan dan Kebun Raya Bali. Kebun Raya, dibuka pada tahun 1959. Dengan total luas 157,5 hektar (389 acre), merupakan kebun raya terbesar di Indonesia

Ciri- Ciri Teks Deskripsi
Teks deskripsi memiliki ciri- ciri teks yang membedakannya dengan teks lainnya. Adapun ciri- ciri dari teks deskripsi adalah sebagai berikut :
  • Teks memaparkan suatu objek  baik benda, tempat, suasana, kejadian ataupun situasi
  • Penulisan teks deskripsi melibatkan panca indera manusia yaitu penglihatan, penciuman, peraba, perasa dan pengecap.
  • Objek yang dijabarkan akan dianalisis berdasarkan sifat dan ciri- cirinya secara detail seperti warna, ukuran, sifat kepribadian (apabila objeknya manusia) dan sebagainya.
  • Mengandung kata kata atau frasa yang memiliki akna sifat atau keadaan.
  • Teks deskripsi dituangkan dengan kiadah kebahasaan yang ditentukan.
  • Teks deskripsi biasanya dituliskan berdasarkan pengalaman penulis maupun peristiwa yang pernah dialami sehingga memudahkan pembaca untu memahami tulisannya.

Tujuan Teks Deskripsi
Teks deskripsi biasanya ditulis berdasarkan pengalaman penulis tentang suatu objek baik tempat, benda, keadaan dan sebagainya. Adapun tujuannya adalah sebagai himbauan, nasihat, atau ajakan penulis berkaitan dengan objek tersebut. Pada contoh teks deskripsi di atas, tujuannya adalah untuk mendeskripsikan Bedugul.

Struktur Teks Deskripsi
Teks deskripsi memiliki tiga struktur dalam teks seperti bagian Identifikasi yang berupa gambaran umum objek yang dideskripsikan, Deskripsi bagian, yaitu rincian objek yang dijelaskan melalui bagian-  bagian yang detail berdasarkan apa yang dilihat, dan apa yang dirasakan melali pendapat penulis, dan Simpulan atau kesan yang merupakan kesan umum tentang objek yang dideskripsikan oleh penulis. 

Berikut contoh  teks deskripsi untuk lebih memahami teks tersebut,

Teks 1

Museum Kereta Api Ambarawa memiliki 21 lokomotif antik dan dua lagi yang disimpan di depo. Lokomotif - lokomotif tersebut sudah tidak diproduksi lagi, bahkan pabrik yang membuatnya sudah tidak ada lagi. Bangunan utama museum kereta api Ambarawa merupakan bekas stasiun kereta api Ambarawa yang dibangun pada tahun 1873 yang memiliki luas 127.500 m2.

Yang tertua di museum ini adalah lokomotif buatan Hartman Chemnitz. Lokomotif dengan panjang 8,58 m dan lebar 2,45 m tersebut mulai dioperasikan pada tahun 1891. Dengan bahan bakar kayu, lokomotif uap ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 50 km/jam.

Bagian khusus dari kunjungan ke museum ini adalah perjalanan dengan kereta api dari Museum Kereta Api Ambarawa ke stasiun kereta Bedono. Paket wisata ini disebut Railway Mountain Tour. Perjalanan itu begitu istimewa. Pasalnya, para peserta akan menaiki kereta antik dimana kereta tersebut akan menempuh jalur roda gigi sepanjang 4,9 kilometer yang merupakan satu-satunya di dunia.

Teks 2
Becak adalah sarana transportasi lokal skala kecil. Alat transportasi tersebut juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti kereta penumpang, bicak, helicak, bentor. Becak bertenaga manusia merupakan sejenis sepeda roda tiga yang dirancang untuk mengangkut penumpang selain pengemudi. 

Becak sering digunakan berdasarkan sewa. Becak hampir digunakan di semua kota-kota besar di seluruh dunia, namun yang terbanyak adalah di kota-kota di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur.

Becak dianggap sebagai ikon ibu kota Jakarta sebelum ada pelarangan pada tahun 1970-an. Becak dilarang di jalan-jalan utama kota. Namun, masih banyak becak yang beroperasi khususnya di daerah kumuh di kota Jakarta. Upaya memperkuat larangan tersebut mengakibatkan penyitaan besar-besaran kendaraan di akhir 1990-an dan 2007

Selamat Belajar.

No comments:

Post a Comment