3/04/2023

Cara Mudah Membuat Kuis Listening Bahasa Inggris Interaktif

Teman- teman khususnya guru bahasa Inggris, tahukah saat ini bahwa ada cara yang mudah dalam membuat soal listening loh yaitu dengan memanfaatkan fitur dari salah satu platform pembuatan kuis dan media pembelajaran yaitu Interacty

Pembuatan kuis listening melalui platform tersebut lumayan cepat dan mudah ya teman- teman, pasalnya prinsip dasarnya kita hanya perlu mengupload audio, kemudian masukkan pertanyaan dan jawaban lalu bagikan kepada siswa melalui tautan link ke media sosial dan LMS. 



Untuk membuat kuis listening Bahasa Inggris, yang kita harus siapkan terlebih dahulu adalah file listening, dan bahan- bahan seperti pertanyaan. Secara teknis, platform aplikasi akan membantu dari awal sampai akhir. Adapun langkah- langkahnya adalah sebagai berikut,

Buka web Interacty  lalu sign in. Jika belum memiliki akun, bisa buat melalui akun Google atau facebook. 



Berikut tampilan dashboard dari Interacty. Untuk pembuatan projek ini, saya akan memanfaatkan templat yang sudah tersedia untuk mempersingkat waktu. Selain templat, teman- teman juga dapat membuat kuis dari awal. Pada tampilan ini, kita masuk ke Halaman Komunitas



Disini tersedia ratusan templat yang sudah dibuat oleh anggota komunitas Interacty. Karena yang saya perlukan adalah untuk kuis pembelajaran Listening, maka saya mencari yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan kuis saya. 



Klik Pratinjau dahulu untuk melihat desain kuis yang akan dibuat atau langsung Gunakan Templat tersebut. Setelah masuk ke tab editor, silahkan atur bagian- bagiannya. Karena kita akan buat kuis listening, maka kita pilih Audio. 



Penambahan audio dapat melalui perpustakaan audio atau upload audio dari perangkat. Upload file audio yang sudah kita persiapkan sebelumnya.


Berikut contoh audio yang sudah saya upload, Klik Tempatkan Audio jika sudah selesai



Kini saatnya kita atur kuisnya, pada Opsi Kuis, kita atur settingan untuk tampilan kuis, kita set Header dengan menambahkan gambar sampul, masukkan gambar, dan atur untuk tombol mulai. Jangan lupa Klik Simpan.


Kemudian lanjut ke opsi kuis untuk pertanyaan. Masukkan pertanyaan satu persatu (anak panah biru), dan klik jawaban yang benar (anak panah oranye). Klik Tambahkan baru untuk menambah pertanyaan (anak panah merah). Klik Simpan bila sudah selesai.


Yuk lanjut ke Opsi Kuis bagian "Hasil". Bagian ini akan menyetting hasil setelah kuis diberikan. Ada dua opsi yaitu berhasil dengan gambar mendapat piala apabila siswa mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar, dan centang jika siswa hanya dapat menjawab 0 -2 pertanyaan dengan benar. Klik simpan jika tahap ini sudah selesai.


Untuk melihat kuis yang sudah kita buat, klik Pratinjau. Lalu untuk mempublish kuis, klik Menerbitkan. Kita dapat membagikannya melalui tautan link melalui LMS, posting media sosial maupun menggunakan scan QR Code. 



Inilah kuis yang berhasil kita buat tadi. Teman- teman dapat langsung melihat dan memainkannya melalui tautan berikut : https://interacty.me/projects/f7b4011726b4f9d7

Menarik Bukan? Teman- teman dapat mengkreasikan berdasarkan ide masing- masing. Silahkan dicoba, bila bermanfaat, silahkan bagikan pengalamannya melalui kolom komentar yaa...

Salam.

No comments:

Post a Comment