6/17/2022

Inilah Hal Penting Yang Mesti Diketahui Tentang Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP Semarang

Halo, salam hangat dan salam sukses buat sahabat ahzaa. Kembali lagi nih bersama kami yang akan membawa kamu dengan informasi menarik seputar kuliah. Buat kamu calon mahasiswa yang kebingungan ingin melanjutkan pendidikan di kampus mana, nah cocok banget nih karena kami akan memberikan gambaran tentang berbagai info kuliah. Nah, info seputar perkuliahan yang akan kita ulas disini adalah program studi Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP Semarang. Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP merupakan salah satu program studi dalam rumpun teknik ya teman- teman. Saat kalian lulus dari Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP maka kalian akan disematkan gelar Sarjana Teknik (S.T). 

Hal penting lainnya yang harus kamu ketahui dari Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP yaitu tentang tujuan program pendidikan yang menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak.  

Photo by Randy Tarampi on Unsplash


Saat kamu menjadi mahasiswa Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP nantinya, ada beberapa materi yang bisa kamu pelajari seperti pengetahuan dasar teknik mesin terdapat materi statika dan ilmu kekuatan bahan, dinamika teknik, mekanik fluida, temodinamika, material teknik, elemen mesin. Sedangkan untuk pengetahuan keahlian teknik mesin diantaranya yaitu getaran mesin, perpindahan kalor, tata udara, studi karakterisasi, material, ilmu pembentukan logam, pengecoran logam, mesin konversi, energi proses produksi, mekatronika, teknik kendali. 

Adapun profil lulusan dari Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP yaitu sebagai peneliti bidang teknik mesin, staf pengajar (dosen), Engineer, dan wirausahawan. Adakah salah satu diantaranya profil lulusan juga menjadi keinginan kamu? Tetapi kamu juga bisa loh jika tidak menjadi seperti yang tertera pada profil lulusan Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP. Semua kembali pada diri masing-masing ya kawan. Okee sementara untuk kompetensi lulusan Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP berkompeten dalam hal- hal berikut,
  • Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang Teknik Mesin
  • Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis informasi ilmiah di bidang Teknik Mesin dari berbgai sumber.
  • Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
  • Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual.
  • Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri.
  • Bekerja dalam tim.
  • Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara (tertulis, lisan, verbal, dan visual), bekerja dalam tim, mengelola waktu, merencanakan proyek, analisis numeric dan teknologi informasi.
Hal penting juga nih yang harus kamu ketahui yaitu metode pembelajaran dan asesmen yang disuguhkan Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP untuk mahasiswa yaitu Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan portofolio. Sedangkan untuk struktur dan persyaratan program dari Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP yang harus kamu tempuh adalah 144 SKS dalam 8 sampai 14 semester. 

Nah, tidak perlu khawatir ya kawan untuk menempuh struktur dan persyaratan program yang wajib kamu lakukan, ada juga kok fasilitas untuk kamu agar belajar dengan nyaman dan aman. Dukungan fasilitas yang disuguhkan Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP diantaranya yaitu ILS (Informasi and Learning Services) : IT, Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan Konseling. 

Bagimana nih, tentu saat belajar kamu akan merasa nyaman dan aman dong kawan. Okee jika kamu berminat untuk mendaftar di Program Studi S1 Teknik Mesin UNDIP, kebijakan dan prasyarat admisi yang harus kamu perhatikan nih yaitu melalui seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA, sedangkan jika melalui Seleski Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Baik, itulah beberapa hal yang mesti kamu ketahui tentang program studi S1 Teknik Mesin UNDIP Semarang. Semoga Bermanfaat ya teman- teman...Jangan lupa selalu update informasi dari website resmi Undip Semarang. 

No comments:

Post a Comment