6/28/2022

Yuk, Asah Kesastraanmu di Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP Semarang

Salam. Selamat mengunjungi web kami sahabat Ahzaa, mari simak sampai selesai pembahasan ini yuk. Istilah sekarang sudah bukan hanya jadilah pendengar yang baik, tapi juga jadilah pembaca yang baik dan bijak. Boleh banget loh kamu share artikel ini di teman, sahabat, ataupun saudara kamu. Hal baik yang kamu sebarkan akan membawa dampak positif juga buat diri kamu loh. Siapa di sini yang gemar membaca? Dan suka dengan dunia sastra? Atau kamu ingin belajar tentang sastra bisa banget nih menjadi bagian dari jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP.

Gambar oleh Tumisu, please consider ☕ Thank you! 🤗 dari Pixabay

Tentang Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP Semarang
Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP sudah mendapatkan pengakuan Akreditasi A loh kawan berdasarkan Nomor 5420/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020. Untuk gelar yang akan kamu dapatkan jika dinyatakan lulus dari jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP adalah Sarjana Humaniora (S.Hum). 

Tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP adalah menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak. Sudah bisa kamu pastikan nih kawan, tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP sangat membawa dampak positif untuk mahasiswanya. Jadi kamu jangan ragu lagi ya sahabat Ahzaa jika ingin mendaftar mnjadi bagian mahasiswa Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP.

Apa yang dipelajari Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP Semarang
Materi yang akan kamu pelajari di jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP diantaranya adalah dasar-dasar dan teori tentang bahasa, sastra dan fisologi praktikum di bidang bahasa, sastra dan fisologi. Kamu juga perlu tau nih sahabat ahzaa terkait profil lulusan dari Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP yaitu peneliti bidang bahasa, sastra fisologi dan budaya mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, pamong budaya, pelaku juranalistik, pelaku penerbitan, penyiaran dan perfilman, pimpinan institusi pemerintah, BUMN, LSM yang bergerak di bidang budaya.

Sahabat Ahzaa juga perlu tau nih mengenai kompetensi lulusan yang dimiliki jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP diantaranya yaitu

a. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang bahasa dan sastra Indonesia
b. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang bahasa dan sastra Indonesia dari berbagai sumber
c. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
d. Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
e. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
f. Bekerja dalam tim
g. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Metode pembelajaran yang akan jumpai di jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan struktur dari persyaratan program yang harus kamu tempuh di jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP yaitu dengan jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester dan mahasiswa harus fulltime sesuai acuan standar isi BNSP tahun 2010. Dan untuk dukungan fasilitas yang akan kamu terima dari kampus yaitu ILS (information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu pergunakan sebaik-baiknya, dan dapat menunjang kamu dalam proses belajar di dalam kelas maupun diluar. Tentunya fasilitas tersebut disediakan agar mahasiswa merasa nyaman dan aman.

Info Pendaftaran
Hal penting lain yang harus sahabat Ahzaa ketahui yaitu mengenai kebijakan dan prasyarat admisi dari jurusan Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP adalah seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Cukup sampai di sini dulu ya sahabat Ahzaa pembahasan artikel seputar Program Studi S1 Sastra Indonesia UNDIP. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lainnya, jangan lupa simak terus artikel kami selanjutnya karena di sana akan ada pembahasan yang tak kalah menarik dari artikel ini loh. Terima kasih kawan, See You.

No comments:

Post a Comment