6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Informatika Universitas Diponegoro Semarang

Salam sukses dan salam bahagia untuk sahabat Ahzaa semua. Tetap ceria dan semangat terus untuk menggapai semua cita-cita kawan- kawan semuanya. Buat kamu yang suka dengan dunia komputer simak terus yuk artikel ini sampai terakhir. Pembahasan kali ini yaitu mengenai tentang Program Studi S1 Informatika UNDIP. Perlu kamu tahu juga nih kawan bahwa lulusan dari Program Studi S1 Informatika UNDIP akan mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom).

Image by Pexels from Pixabay


Sebelum bergabung menempatkan hatimu di calon kampus yang akan kamu pilih, perlu sahabat ahzaa tau nih terkait tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Informatika UNDIP adalah 
1. Mampu beradaptasi dengan kebutuhan pasar kerja dan harapan masyarakat
2. Mampu mengembangkan bidang teknik informatika dan teknologi informasi
3. Mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Saat kamu berkuliah ambil Program Studi S1 Informatika UNDIP, maka kalian akan menerima materi Teori dan Aplikasi Komputasi, Sistem Cerdas, Rekayasa Perangkat Lunak, Basis Data dan Sistem Informasi. Dan untuk profil lulusan jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP adalah pengembang perangkat lunak, untegrator sistem, akademisi dan peneliti.

Lulusan dari Prodi S1 Informatika UNDIP memiliki kompetensi lulusan antara lain,
1. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep informatika kimia
2. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang informatika dari berbagai sumber
3. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
4. Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
5. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
6. Bekerja dalam tim
7. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Teman- teman akan mendapati metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP seperti Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Informatika UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Adapun dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP adalah Lab. Komputasi dan Grafika Komputer, Lab. Sistem Cerdas, Lab. Rekayasa Perangkat Lunak, Lab Sistem dan Teknologi Informasi, dan Lab. Layanan Komputasi. Tentu fasilitas disediakan untuk kamu pergunakan sebaik-baiknya, agar mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Begitu juga mahasiswa akan lebih merasa nyaman dan aman jika mendapatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP.

Teman- teman wajib catat nih mengenai kebijakan dan prasyarat admisi yang harus kamu perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Informatika UNDIP ini dapat bermanfaat untuk kamu dan juga lainnya. Jangan lupa tetap nantikan artiel kami selanjutnya, simak terus dan pantengin informasinya. Sekian sahabat Ahzaa, sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Semoga berkah selalu untuk kalian semua. Salam. 

No comments:

Post a Comment