6/11/2022

Berkenalan dengan Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS

Hai sahabat ahza. Selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang salah satu sekolah kedinasan yang peminatnya lumayan banyak yaitu Politeknik Statistika (Polstat) STIS. Yap, Politeknik Statistika (Polstat) STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statistika merupakan institusi pendidikan kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI).


Photo by Randy Tarampi on Unsplash

Politeknik Statistika (Polstat) STIS memiliki perjalanan yang cukup panjang dalam sejarahnya, diawali dengan berdirinya Akademik Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi Politeknik Statistika STIS. Dimulai pada tahun 1964 Biro Pusat Statistik (BPS) membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan mahasiswa terdiri dari lulusan AIS. Kemudian pada tahun 1965 PTIS sudah tidak beroperasi, tetapi AIS tetap  melaksanakan proses pendidikan. Dengan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) pada tanggal 24 Februari 1997 tentang diijinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV kemudian diterbitkan Keppres No. 163 tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS, maka sejak itulah berdirinya STIS dengan dua jurusan yaitu Statistika dan Komputasi Statistika.

Program Studi
Saat ini STIS memiliki dua program studi loh teman- teman, yang terbagi dalam 2 jenjang pendidikan, yaitu Program Diploma 3 dan Sarjana Terapan program studi Statistika dan Program Sarjana Terapan program studi Komputasi Statistik. Adapun program studi yang dimiliki oleh Polstat Sekolah Tinggi Ilmu Statistik adalah Komputasi Statistik dan Statistika. Untuk program studi Statistika sendiri memiliki dua konsentrasi bidang, yaitu Statistika Ekonomi serta Statistika Sosial dan Kependudukan.

Selama 4 tahun atau 8 semester kuliah di jurusan Statistika, kamu akan fokus bagaimana mengumpulkan, menganalisa, dan menginterpretasi data. Karena pada dasarnya, Statistika itu belajar alat analisis untuk penelitian. Statistika merupakan cabang dari ilmu Matematika di mana para Statistikawan bertugas merumuskan dan merangkai bahasa Matematis kemudian dijadikan alat pengolah data. Dalam melakukan analisis data, kamu akan dibantu oleh beberapa jenis software. Jadi kamu tidak perlu khawatir kok karena kuliahnya tidak selalu tentang rumus dan perhitungan matematika.

Mata Kuliah
Satu lagi hal yang mesti kalian perhatikan tentang mata kuliah saat berkuliah di Politeknik Statistika (Polstat) STIS, pada jurusan Statistika misalnya, kamu akan mempelajari Kalkulus, Metode Numerik, Metode Survei Sampel, Analisis Regresi, Komputasi Statistika, Proses Stokastik, Statistika Nonparametrik, Statistika Multivariat, Analisis Data Kategori, Analisis Runtun Waktu, dan Teknik Simulasi.

Statistika merupakan bagian dari bidang studi Matematika. Statistika lebih berfokus ke arah data dan pengolahannya. Dapat dikatakan bahwa Statistika berkutat dalam  mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data ke dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa dijadikan sebuah informasi untuk banyak orang.

Pengetahuan dan kemampuan jika mempelajari ilmu statistik yaitu diantaranya pemahaman matematika, kemampuan dasar programming, kemampuan melakukan analisis, kemampuan mengorganisasi data, kemampuan problem solving, dan kemampuan komunikasi.

Prospek Lulusan
Seorang lulusan Jurusan Statistika memiliki prospek yang lebih luas kedepannya. Para lulusan sangat dibutuhkan oleh perusahaan- perusahaan besar yang tentunya membutuhkan pemroses data. Selain itu kalian juga memiliki peluang yang sangat menjanjikan untuk menjadi aktuaris di perusahaan asuransi, dana pensiun, konsultan aktuaria, investasi, dan manajemen risiko. Tenaga- tenaga dari lulusan Politeknik Statistika (Polstat) STIS juga banyak bekerja pada Instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik untuk menangani berbagai jenis survei serta pengolahannya. 

Bagaimana nih tertarik dong pastinya untuk bergabung di Politeknik Statistika (Polstat) STIS, bagi yang suka dan gemar dengan analisis atau hitung menghitung, bisa banget nih daftarkan diri teman-teman di Politeknik Statistika (Polstat) STIS. Yuk kapan lagi berkesempatan menjadi bagian keluarga besar Politeknik Statistika (Polstat) STIS, mari persiapkan diri teman-teman mulai sekarang untuk bersaing demi mendapatkan peluang masuk Politeknik Statistika (Polstat) STIS STIS. 

Demikian informasi tentang Politeknik Statistika (Polstat) STIS, semoga bermanfaat dan membantu kamu  menentukan kampus mana yang akan menjadi pilihan kamu kelak untuk menggapai semua keinginan dan cita-citamu. Sekian, terima kasih. 

Salam.

No comments:

Post a Comment