6/17/2022

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah Kota Universitas Diponegoro (Undip) Semarang

Halo sahabat ahzaa, bagaimana kabarnya? Kembali lagi di AhzaaNet. Baik, hari ini kita kembali lagi untuk memberikan info kuliah buat teman- teman yang berminat pada program studi Teknik Perencanaan Wilayah Kota Undip.

Yukk lebih jauh kita kenali Program Studi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang melalui informasi ini. Teman - teman, Program Studi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP merupakan salah satu Prodi yang ada di Fakultas Teknik. Sebagai salah satu dari prodi teknik, lulusan mahasiswa Prodi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.). 

Photo by Danica Tanjutco on Unsplash

Dilansir melalui website resminya, tujuan dari Prodi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP ini adalah menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak.  

Oya, kamu perlu tau juga nih saat kamu berkuliah di program studi ini, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah diantaranya yaitu berkaitan dengan Perencanaan Kota, dalam bentuk mata kuliah seperti Perencanaan Kota, Perencanaan Tapak, Perencanaan Wilayah, Perencanaan Transportasi, Sistem Informasi Perencanaan, Ekonomi Wilayah dan Kota, Prasarana Wilayah Kota, Perumahan dan Pemukiman, Monitoring dan Evaluasi, sampai dengan Analisis Lokasi dan Pola Ruang.  Seru banget bukan, materi yang akan kalian terima.

Untuk profil lulusan Prodi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP itu sendiri yaitu Perencana, Perumus Kebijakan, Penyusun Program Pelaksana, Pengevaluasi Rencana, Kebijakan dan Program. Sementara kompetensi lulusan Prodi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP mencakup,
  • Mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang Teknik Perencanaan Wilayah Kota. 
  • Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis informasi ilmiah di bidang Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dari berbagai sumber.
  • Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
  • Mendemonstrasikan kemampuan dalam medesain, nelaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dkerjakan dalam kelompok maupun individual.
  • Mendemonstrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri.
  • Bekerja dalam tim.
  • Menerapkan kemampuan berkomunikasi ecara tertulis, lisan/verbal, visual, dapat mengolah waktu, merencanakan proyek, analisis numeric dan teknologi informasi.

Metode pembelajaran dan asesmen pada Program Studi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP ini adalah melalui Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan portofolio. Agar bisa lulus, kalian harus menempuh 144 SKS selama 8 semester sampai dengan 14 Semester.

Beberapa fasilitas yang akan kamu terima jika menjadi salah satu mahasiswa Program Studi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP adalah ILS (Informasi and Learning Services) seperti IT, Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan Konseling.

Bagaimana? Tentunya tertarik kan untuk mendaftarkan diri kamu di Prodi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP. Jika kamu berminat untuk bergabung di Program Studi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP silakan kamu dapat mendaftar melalui seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA/IPS, sedangkan jika melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa/SMK dengan berdasarkan hasil tes.

Cukup menarik kan informasi artikel ini, tentunya kamu sangat terbantu dong pastinya untuk mengurangi kegelisahan kamu menentukan kampus mana yang akan kamu pilih untuk melanjutkan studi demi mencapai semua cita-cita yang sudah kalian rancang. Jika kamu berminat di Program Studi S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP yukk segera persiapkan diri kalian baik-baik dan selamat bersaing ya teman-teman. 

Terima kasih sudah mengunjungi web kami, jangan lupa selalu simak artikel kami selanjutnya iya, karena pasti akan ada pembahasan dan artikel yang menarik lagi. 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment