6/11/2022

Berminat Masuk Sekolah Kedinasan STMKG, Yuk Intip Informasinya Berikut Ini!

Hai sahabat ahzaa, bagaimana nih kabarnya teman-teman. Salam sehat dan bahagia selalu ya teman-teman semua. Pilihan yang tepat banget nih sudah mengunjungi AhzaaNet, dan simak terus yuk teman-teman artikel ini karena kami akan memberikan informasi penting nih buat teman-teman. Buat kalian yang masih berada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya dan atau mungkin teman- teman yang sudah lulus yang memiliki minat dalam bidang bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, ada baiknya kalian mulai mengambil berfikir dan ambil ancang- ancang untuk masuk ke STMKG. Mengapa? Nah, untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini yaa...

Photo by Joanna Kosinska on Unsplash


Sejarah Singkat
Pertama- tama kita ketahui terlebih dahulu tentang STMKG. STMKG didirikan di kota Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademik Meteorologi dan Geofisika (AMG). Saat itu kampus AMG ini berada di Insitut Teknologi Bandung (ITB) dan pada tahun 1960 AMG dipindahkan di Jakarta yang beralamat di Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat, tepatnya di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG).

Tahun 1978 AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan. Pada tahun  2014 kini menjadi tahun yang sangat bersejarah karena pada tahun 2014 telah diundangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014 tentang perubahan Akademik Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) dan berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Adapun visi yang dimiliki oleh STMKG ini adalah menjadi sekolah tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika. Sementara tujuan STMKG menjadi perguruan tinggi bertaraf Internasional yang mampu menghasilkan alumni dengan kompetensi di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika sesuai dengan standar nasional dan Internasional.

Program Studi
Teman-teman harus catat nih jurusan atau program studi yang terdapat di STMKG diantaranya yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi yang mana masing-masing program studi berjenjang D-IV. 

Program studi Meteorologi berfokus mencetak lulusan Prodi D-IV yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur meteorologi dan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu mampu melakukan pengolahan dan analisa meteorologi. Selain itu pada jurusan Meteorologi juga mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang meteorologi yang dimilikinya.

Program studi Klimatologi mencetak lulusan yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur Klimatologi dan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya yaitu mampu mengolah dan analisa Klimatologi. Selain itu lulusan juga mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Klimatologi yang dimilikinya.

Program studi Geofisika mencetak lulusan yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur Geofisika dan memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya yaitu mampu mengolah dan analisa Geofisika. Selain itu lulusan dari Prodi Geofisika juga mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Geofisika yang dimilikinya.

Program studi Instrumentasi mencetak lulusan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang Instrumentasi sehingga mampu menunjang pelayanan jasa dibidang meteorolgi, klimatologi, dan geofisika. Selain itu lulusan dari Prodi Geofisika juga mampu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Instrumentasi yang dimilikinya.

Nah, untuk dapat diterima menjadi taruna STMKG teman- teman harus melalui proses yang tidak mudah. Berbagai tahap seleksi harus kalian lalui untuk bisa fix menjadi taruna STMKG. Persaingannya pun lumayan ketat. Pada tahun 2022 ini, melalui website resminya, dilihat dari statistik pendaftar terdapat 11.818 pendaftar taruna STMKG yang memperebutkan 250 kursi mahasiswa. Bagaimana? Yuk persiapkan dari sekarang dengan berlatih soal- soal ujian PTB STMKG baik Seleksi Kompetensi Dasar maupun Seleksi Kompetensi Bidang. Teman- teman bisa melatih kemampuan melalui posting latihan soal, hanya di AhzaaNet. 

Baca Juga : 






Kesimpulannya, buat kamu yang senang menggeluti akan perubahan iklim, sekolah kedinasan STMKG cocok banget nih menjadi sebagai salah satu alternatif pilihan kampus teman-teman. Tidak cuman isu-isu lingkungan global yang membuat STMKG menarik loh, tetapi juga prospek yang ditawarkannya. Alumni sekolah dinas BMKG ini diserap oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 

Baca Juga : 






Wahh sangat menarik iya teman-teman pembahasan mengenai STMKG ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kamu dan semoga membantumu dalam memilih melanjutkan studi. Salam sukses terima kasih iya teman-teman, ohh iya jangan lupa tetap simak artikel kami selanjutnya iya. Semoga Bermanfaat
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment