6/18/2022

Program Studi S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Info Kuliah dan Prospek Lulusannya

Halo sahabat ahzaa, salam sukses buat kalian semua yaa. Terima kasih sudah setia dengan mengikuti web kami, mari simak artikel ini sampai akhir pembahasan yuk. Artikel ini akan membahas tentang Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP. Cocok banget nih buat kamu yang suka menggeluti dengan dunia teknik perkapalan.

Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Jurusan Teknik Perkapalan merupakan program studi yang mempelajari segala yang berkaitan dengan kapal seperti cara merancang sebuah kapal, mesin kapal, navigasi kapal, atau pengembangan teknologi kapal. 

Kamu harus tahu nih bahwa luluasan Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP akan memegang gelar Sarjana Teknik (S.T). Penting nih untuk kamu ketahui sebelum memilih kampus mana yang akan daftar, maka ketahui dulu tujuan dari program pendidikan yang ditawarkan pada Prodi itu apa. 

Nah untuk tujuan program pendidikan Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP ini yaitu menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak.  Wahh tujuan yang baik nih kawan untuk jenjang kamu kedepannya. Karena selain mendapatkan ilmu pengetahuan, kamu juga akan menjadi salah satu mahasiswa Program Studi S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro Semarang dengan memiliki kepribadian yang berakhlak baik.

Nah untuk materi yang akan kamu dapatkan jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP yaitu perancangan kapal, konstruksi kapal, teknik bangunan kapal, galangan kapal, permesinan kapal, bangunan lepas pantai, teknik pengelasan, listrik kapal, sistem perkapalan, kapal perikanan, manajemen industri maritim, teknologi produksi kapal, teknologi kapal tradisional, dan manajemen transportasi.

Profil lulusan dari Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP adalah sebagai desain engineer, product engineer, researcher atau lecture, dan wirausaha atau entrepreneur. Sedangkan untuk kompetensi lulusan Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP diantaranya para lulusan akan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam hal sebagai berikut, 
Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang Teknik Perkapalan
Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis informasi ilmiah di bidang Teknik Perkapalan dari berbagai sumber.
Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual.
Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri.
Bekerja dalam tim.
Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara (tertulis, lisan, verbal, dan visual), bekerja dalam tim, mengelola waktu, merencanakan proyek, analisis numeric dan teknologi informasi.

Ada yang harus ketahui juga nih kawan yaitu mengenai metode pembelajaran dan asesmen Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP diantaranya adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan portofolio. Dan untuk struktur persyaratan program yang harus kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP yaitu dengan jumlah 146 SKS.

Jika kamu menjadi salah satu mahasiswa Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP, kamu juga akan mendapatkan hak fasilitas dari kampus loh. Di Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP juga menyediakan dukungan fasilitas bagi mahasiswanya nih, diantaranya yaitu ILS (Informasi and Learning Services) : IT, Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan Konseling. Jadi kamu jangan khawatir ya kawan, karena proses belajar mengajar saat di kampus sudah terpenuhi dengan adanya fasilitas yang tersedia di kampus dan di jurusan masing-masing.

Okee bagaimana nih kawan, buat kamu yang suka menggeluti teknik perkapalan harus banget daftarkan diri kamu di Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP. Mari wujudkan impian dan keinginan kamu, jangan sampai kamu biarkan hanya dalam angan saja kawan. Segera persiapkan diri kamu untuk mempersiapkan mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA, sedangkan jika melalui Seleski Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes. Nah itu adalah kebijakan dan prasyarat admisi yang harus kamu lalui jika ingin menjadi salah satu mahasiswa Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP.

Cukup di sini dulu ya kawan artikel yang membahas tentang Program Studi S1 Teknik Perkapalan UNDIP. Jika kamu tidak ingin ketinggalan informasi penting lainnya, jangan sampai lewatkan dan terus simak artikel kami selanjutnya ya kawan. Kami akan selalu menyuguhkan informasi yang menarik tentunya informatif ya kawan. Semoga selalu bermanfaat kawan, salam sukses dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment