6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Administrasi Publik Universitas Diponegoro Semarang

Halo Sahabat ahzaa, bagaimana nih kabarnya semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat serta bahagia selalu untuk sahabat ahzaa. Pilihan tepat sudah mengunjungi blog kami, si pembawa informasi penting dan akan selalu membantu kamu memecahkan kegelisahanmu dalam memilih kampus yang bergengsi. Universitas Diponegoro Semarang salah satunya kampus yang bergengsi, siapa sih yang tidak ingin melanjutnya studinya di UNDIP. Tentu banyak calon mahasiswa yang berjuang untuk memperebutkan calon kampusnya. Yapp kali ini kami akan membahas salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNDIP nih sahabat ahzaa, yaitu Program Studi S1 Administrasi Publik. Buat kamu yang suka menggeluti dan berkecimpung di dunia keadministrasian boleh banget nih sahabat ahzaa untuk bergabung di Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP.

Perlu kamu tau nih kawan, bahwa Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP sudah mendapatkan predikat Akreditasi A loh sahabat ahzaa berdasarkan Nomor 2008/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018. Dan untuk gelar yang akan kamu dapatkan jika dinyatakan lulus dari jurusan Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP dengan gelar Sarjana Administrasi Publik (S.AP). Pejuang title Sarjana mari gemparkan semangatmu dengan membara demi mencapai semua keinginan dan cita-citamu.

Photo by Fab Lentz on Unsplash


Sahabat Ahzaa juga harus tau nih terkait tujuan program yang dimiliki calon program studimu kelak. Tujuan program yang akan dicapai oleh Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP diantaranya adalah
1. Meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa di bidang administrasi publik dalam budaya akademik yang kondusif, kompetitif dan profesional.
2. Meningkatkan peran dosen, alumni dan mahasiswa di bidang administrasi publik dalam skala lokal, nasional, dan internasional
3. Meningkatkan keunggulan lembaga, tata laksana, sumberdaya manusia dalam bidang kebijakan dan manajemen publik.

Yuk kita intip materi yang akan kamu terima saat menjadi mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP diantaranya adalah
• Hukum administrasi negara
• Teori organisasi
• Teori administrasi publik
• Administrasi pembangunan
• Manajemen SDM Sektor publik
• Sistem administrasi NKRI
• Kebijakan publik
• Manajemen publik
• Metode penelitian
• Perilaku dan pengembangan organisasi publik
• Perencanaan pembangunan 
 
Sahabat Ahzaa juga harus tau nih terkait profil lulusan dari Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP yaitu birokrat, pegiat sosial, administrator atau manajer publik, dan analisis kebijakan. Sedangkan komptensi lulusan dari Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP diantaranya adalah

a. Mampu menyelesaikan pekerjaan administrasi publik yang berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data. Serta mampu menunjukkan kinerja sendiri, orang lain dan kelompok yang menjadi tanggung jawab pengawasan di lingkup bidang administrasi publik.
b. Menguasai konsep teoritis administrasi publik secara umum tetapi mendalam di bidang-bidang tertentu, serta mampu mengformulasikan penyelesaian masalah prosedural
c. Memiliki kemampuan mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis

Metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP adalah adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang harus kamu tempuh di Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP diantaranya adalah menempuh dengan jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Kamu juga akan mendapatkan dukungan fasilitas dari kampus loh sahabat ahzaa, fasilitas tersebut guna untuk menunjang proses pembelajaran kamu agar terasa nyaman dan juga aman. Fasilitas yang akan kamu dapatkan di Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP adalah ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu gunakan sebagaimana mestinya tentu dengan sebaik-baiknya yah sahabat Ahzaa.

Kebijakan dan prasyarat admisi yang wajib kamu ikuti nih sahabat ahzaa jika ingin mendaftar dan bergabung di Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP yaitu adalah seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes. 

Cukup sampai di sini dulu pembahasan artikel mengenai Program Studi S1 Administrasi Publik UNDIP. Tetap simak artikel kami selanjutnya sahabat ahzaa, terima kasih sudah setia menyimak artikel di blog kami semoga berkah selalu untuk kalian semua. Salam.

No comments:

Post a Comment