6/22/2022

Jurusan Keperawatan, Info Kuliah dan Peluang Kerjanya

Salam sukses sahabat Ahzaa, yuk tetap semangat menggapai semua yang masih dalam angan-angan. Saatnya kamu mewujudkan anagn-angan itu. Tetap berdoa dan terus berusaha dalam menggapai semua cita-cita kamu. Kamu mau jadi perawat? Wahh pilihan yang tepat sudah mengunjungi blog  kami, karena hari ini kita akan membahas tentang jurusan Keperawatan. Simak yuk sampai selesai. 

Image by Megan Rexazin from Pixabay

Tentang Jurusan Keperawatan
Keperawatan merupakan program studi yang dapat mempersiapkan kamu untuk menjadi seorang perawat. Jurusan Keperawatan ini akan meneliti teori dan teknologi baru untuk memulihkan dan menjaga kesehatan mental serta fisik para penyandang penyakit dan disabilitas. Bidang keahlian masing-masing kelas keperawatan meliputi perawat dewasa, perawat anak, perawat senior, perawat psikiatri, dan pasien rawat jalan.

Keahlian yang akan kamu dapatkan jika menjadi mahasiswa Jurusan Keperawatan yaitu kemampuan komunikasi, berpikir kritis, problem solving, bekerja secara tim, serta keterampilan interpersonal, teliti, detail dan tekun. Keuntungan lainnya yang akan didapatkan dari Jurusan Keperawatan diantaranya yaitu seorang perawat sangat dibutuhkan masyarakat. Pelayanan dan asuhan kesehatan yang meningkat secara tidak langsung berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan tenaga medis.

Perlu kamu tahu nih sahabat Ahzaa, selama 4 tahun atau 8 semester kamu akan fokus pada perawatan pribadi untuk mencapai, mempertahankan atau memulihkan kesehatan dan kualitas hidup yang optimal. Kamu akan belajar bagaimana memenuhi kebutuhan dasar manusia, termasuk biologis, psikologis, sosial, spiritual dan budaya. Nanti setelah lulus, jika kamu menjadi perawat, kamu akan bertanggung jawab untuk mendampingi dokter dan bertanggung jawab atas proses pemulihan kesehatan pasien.

Mata Kuliah Jurusan Keperawatan
Terkhusus untuk mahasiswa Jurusan Keperawatan, kamu akan menjumpai materi mata kuliah meliputi Keperawatan Dasar, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Lansia, Keperawatan Gawat Darurat, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Kesehatan Pesisir, Psikologi  Keperawatan, Manajemen Keperawatan, dll. Setelah mendapatkan gelar Bachelor of Science in Nursing, jika  ingin menjadi perawat di Rumah Sakit, kamu harus menyelesaikan Profesi Ners selama 1 tahun.

Profesi Ners biasanya dilakukan dengan praktek di pusat pelayanan kesehatan. Jadi kamu akan dibekali pengalaman profesional dengan belajar langsung di rumah sakit atau klinik kesehatan lainnya. Selama pelatihan keperawatan profesional, kamu akan menerapkan semua teori dan konsep yang kamu pelajari selama perkuliahan. Kamu juga akan melakukan asuhan keperawatan dan mengelola pelayanan keperawatan. Buat sahabat ahzaa jika kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, banyak juga institusi ternama yang bisa kamu jadikan referensi.

Universitas yang Membuka Jurusan Keperawatan
Intip yuk Universitas ternama dan terbaik dengan Jurusan Keperawatan yang dimiliki Indonesia diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Riau, Universitas Diponegoro, dan masih banyak lainnya. 

Prospek Kerja Jurusan Keperawatan
Untuk prospek kerja lulusan dari Jurusan Keperawatan walaupun setiap tahun ada lulusan baru, peluang kerja Jurusan Keperawatan masih banyak. Karena saat ini kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan juga semakin meningkat. Lapangan kerja untuk lulusan Jurusan Keperawatan sangat luas loh sahabat ahzaa diantaranya adalah rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan, homecare, panti jompo, dan masih banyak lainnya. Sahabat ahzaa juga bisa go internasional, karena perawat termasuk salah satu profesi yang diikutsertakan dalam pasar bebas ASEAN. Jadi yuk persiapkan diri kalian untuk bersaing dengan perawat lainnya demi memperebutkan kesempatan go Internasional.

Nah bagaimana nih sahabat ahzaa, semoga tulisan ini dapat memberikan gambaran tentang jurusan keperawatan. Yuk persiapkan diri kamu untuk merebutkan kampus impian kamu dengan calon mahasiswa Keperawatan lainnya, semangat untuk bersaing secara sehat ya kawan. Cukup di sini sahabat ahzaa informasi artikel yang kami sampaikan, untuk pembahasan lainnya tetap simak terus di artikel selanjutnya ya sahabat Ahzaa. Terima kasih, Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment