6/17/2022

Sekilas Tentang Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP Semarang, Info Kuliah dan Profil Lulusannya

Hai sahabat Ahzaa, Semoga kalian semua tetap dalam keadaan sehat ya ... Masih bersama kami nih dengan pembahasan yang menarik dan informatif. Buat kamu yang berminat di jurusan teknik dan berfokus menggeluti tentang komposisi, struktur pertambangan dan sejenisnya yuk simak artikel ini. Kamu boleh banget share artikel ini ke teman-teman atau saudara kalian agar mereka tidak ketinggalan informasi penting ini. Pada tulisan ini kami akan membahas tentang Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP. 

Photo by Ian Schneider on Unsplash

Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP merupakan jurusan yang cocok buat kamu yang gemar dengan ilmu geologi. Hal lain yang perlu kamu ketahui juga tentang materi yang akan kamu dapatkan saat berkuliah di Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP adalah dasar-dasar penyeledikian bahan tambang, pola dasar perhitungan cadangan bahan tambang ditinjau dari nilai ekonomisnya. Selain itu ada juga materi penambangan bahan-bahan tambang, perminyakan, geologi teknik (kestabilan lereng, grouting/injection semen), penyelidikan bawah permukaan, penginderaan jauh, penanganan bencana alam, dan penguasaan penggunaan software pendukung geologi.

Profil Lulusan
Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.). Perlu kamu ketahui juga profil lulusan dari Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP mencakup konsultan Teknik Bidang Kebumian (Engineering, lingkungan, ESDM), peneliti Bidang Kebumian, pengusaha Bidang Kebumian (Engineering, lingkungan, ESDM), Pendidik/Dosen Bidang Kebumian, Profesional Bidang Kebumian (Engineering, lingkungan, ESDM), dan Leader Bidang Kebumian (Engineering, lingkungan, ESDM). 

Selain profil lulusan yang harus kamu ketahui, ada hal penting juga nih yang perlu kamu ketahui dari Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP yaitu kompetensi lulusan. Kompetensi lulusan dari Program Studi S1 Tekniki Geologi UNDIP diantaranya,

a. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang Teknik Geologi
b. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis informasi ilmiah di bidang Teknik Geologi dari berbgai sumber.
c. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
d. Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual.
e. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri.
f. Bekerja dalam tim.
g. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara (tertulis, lisan, verbal, dan visual), bekerja dalam tim, mengelola waktu, merencanakan proyek, analisis numeric dan teknologi informasi.

Sementara metode pembelajaran dan asesmen yang dimiliki Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP melingkupi Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan portofolio. Selama berkuliah sampai lulus dan mendapatkan gelar, kamu harus menempuh 149 SKS. 

Nah, tetapi jangan pusing dengan jumlah SKS yang akan ditempuh ya teman-teman, karena disisi lain ada fasilitas yang akan mewadahi diri kamu agar tetap nyaman saat belajar. Dukungan fasilitas bagi mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Geologi UNDIP diantaranya adalah ILS (Informasi and Learning Services) : IT, Library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan Konseling.

Buat kamu yang tertarik dengan jurusan Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP yuk segera persiapkan diri kamu. Nah perlu kamu ketahui juga nih kebijakan dan prasyarat admisi Program Studi S1 Teknik Geologi UNDIP yaitu seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA, sedangkan jika melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes. Sudah tertera jelas dong prasyaratnya, persiapkan diri kamu baik-baik ya teman-teman agar bisa masuk ke kampus yang kamu dambakan. Oke cukup sampai sini artikel dan pembahasan dari kami, tetap simak artikel kami selanjutnya ya. 

Semoga Bermanfaat.
 

No comments:

Post a Comment