6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Fisika Universitas Diponegoro Semarang

Hai sahabat Ahzaa, salam sukses selalu yaa.. Baik, hari ini akan membahas tentang lingkup Program Studi S1 Fisika UNDIP. Program Studi S1 Fisika UNDIP merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Sains dan Matematika UNDIP. Perlu kamu tahu juga nih kawan bahwa Program Studi S1 Fisika UNDIP sudah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 2522/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2021. Sahabat ahzaa tidak perlu meragukan jurusan Program Studi S1 Fisika UNDIP yah kawan, karena Program Studi S1 Fisika UNDIP sudah diakui dengan jurusan terbaik.  Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Fisika UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Sains (S.Si). 

Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Teman- teman juga wajib tau nih terkait untuk tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Fisika UNDIP adalah menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak. Kamu juga akan menerima materi mata kuliah saat menjadi mahasiswa Program Studi S1 Fisika UNDIP . Materi yang akan kamu terima di Program Studi S1 Fisika UNDIP diiantaranya adalah 

1. Fisika radiasi, mempunyai kompetensi dalam pengembangan dan penerapan radiasi di bidang medis, industri dan riset.
2. Fisika material, mempunyai kompetensi dalam analisis sifat fisis material dan aplikasinya.
3. Geofisika, emmpunyai kompetensi dalam perangsangan dan melakukan surfai explorasi dengan metode geofisika dalam menggali sumber daya alam dan lingkungan.
4. Instrumentasi, mempunyai dalam kepuasan dan penerapan konsep intrumen berbasis mikroprosesor untuk pengelola sinyal otomatisasi dan komunikasi secara hardware dan software.

Profil lulusan Program Studi S1 Fisika UNDIP diantaranya adalah peneliti, akademisi, pemroses dan penginterpretasi data geofisika, industri elektronik, dan industri medik. Sedangkan kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Fisika UNDIP, diantaranya adalah

1. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang fisika.
2. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang fisika dari berbagai sumber.
3. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
4. Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual.
5. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri.
6. Bekerja dalam tim.
7. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu,  merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Kalian juga akan mendapati metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di jurusan Program Studi S1 Fisika UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, provil. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Fisika UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Selain itu teman- teman juga akan mendapatkan dukungan fasilitas seperti ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Perlu disadari juga bahwa fasilitas tersebut tentu harus dipergunakan dengan sebaik mungkin, dan fasilitas yang sudah disediakan guna mempermudah pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Begitu juga mahasiswa akan lebih merasa nyaman dan aman jika mendapatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak jurusan Program Studi S1 Fisika UNDIP.

Yukk catat juga sebagai bahan persiapan mengenai kebijakan dan prasyarat admisi yang harus kamu perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Fisika UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Sampai di sini dulu ya sahabat ahzaa pembahasan mengenai jurusan Program Studi S1 Fisika. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan selalu setia mengunjungi blog kami serta  menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga pemabahasan artikel ini bermanfaat dan berkah selalu untuk teman- teman semuanya. Jangan lupa tetap nantikan artikel kami selanjutnya, simak terus dan pantengin informasinya. Share juga dong link artikel ini, agar orang terdekatmu juga mendapati informasi penting ini. Sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. See You

No comments:

Post a Comment