6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro Semarang

Hai sahabat Ahzaa, buat kamu yang suka berkecimpung di ilmu pemerintahan cocok banget nih simak artikel ini. Pembahasan kali ini mengenai Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP, bisa kamu jadikan pilihan nih sahabat ahzaa untuk melanjutkan studi. Kapan lagi sih mendapat kesempatan mendaftar di kampus yang sangat bergengsi ini, tentu Universitas Diponegoro Semarang menjadi salah satu kampus favorit calon mahasiswa loh. Yuk semangat untuk bersaing secara sehat yah kawan  mari raih cita-citamu dan sukses bersama.  

Tentang Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan Undip Semarang
Pada tahun 2018 jurusan Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan  nomor 3198/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Untuk gelar yang akan kamu dapatkan jika lulus dari Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP adalah Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP). Yuk pejuang sarjana tunjukkan kemampuanmu semaksimal mungkin demi menggapai semua cita-citamu.

Photo by Clark Tibbs on Unsplash

Setiap program studi tentu terdapat tujuan program yang sudah ditetapkan, guna untuk mengukur pencapaian yang telah diatur oleh setiap jurusan masing-masing. Dan kamu sebagai calon mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP harus tau nih tujuan programnya antara lain,

1. Pemahaman teoritik, metodologis tentang tata kelola pemerintahan dan praksis pengembangan tata kelola pemerintahan
2. Kemampuan memahami dan menganalisis persoalan tata kelola pemerintahan, meliputi persoalan tata kelola, perilaku pemerintahan dan pengembangan kekuatan politik intermediary
3. Kemampuan menyusun model pengembangan tata kelola pemerintahan dan merumuskan kebijakan pemerintahan
4. Kemampuan mengelola partisipasi masyarakat dan mendampinginya dalam proses pembangunan dan mensinergikan sumber daya baik internal maupun eksternal untuk pengembangan masyarakat menuju pembangunan berkelanjutan

Materi Kuliah
Materi yang akan kamu pelajari di Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP adalah fungsi-fungsi pemerintahan, relasi antara pemerintah dan yang diperintah dalam konteks global, nasional, daerah dan desa. Adapun konsentrasi yang ditawarkan untuk memperkuat kompetensi lulusan adalah manajemen politik dan pemerintahan, analisis kebijakan pemerintah. 

Profil Lulusan
Profil lulusan yang dimiliki Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP diantaranya adalah birokrat/aparatur pemerintah, analisis politik dan pemerintahan, konsultan politik, penggiat/konsultan pemberdayaan masyarakat, peneliti, dan dosen. Sedangkan untuk kompetensi lulusan yang dimiliki Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP diantaranya yaitu

a. Mampu menganalisa dan memimpin proses pembuatan kebijakan pemerintah
b. Memiliki kapasitas dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan
c. Mampu menganalisa isu-isu politik dan pemerintah
d. Mampu mengontruksi solusi atas persoalan politik dan pemerintahan
e. Mampu menganalisa sumber daya strategis untuk advokasi politik dan pemerintahan
f. Memiliki kapasitas melakukan advokasi dalam proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan pemerintahan
g. Mampu menganalisa sumber daya yang dimiliki masyarakat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kemasyarakatan

Perkuliahan
Metode pembelajaran yang akan kamu jumpai di jurusan Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan struktur dari persyaratan program yang harus kamu tempuh di jurusan Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP yaitu dengan jumlah SKS 147, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester. 

Fasilitas
Sahabat Ahzaa juga harus tau nih terkait dukungan fasilitas yang akan kamu terima dari Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu pergunakan sebaik-baiknya, dan dapat menunjang kamu dalam proses belajar di dalam kelas maupun diluar. Tentunya fasilitas tersebut disediakan agar mahasiswa merasa nyaman dan aman.

Hal penting lain yang harus teman- teman ketahui yaitu mengenai kebijakan dan prasyarat admisi dari jurusan Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP adalah seleksi jalur SNMPTN PPA UNDIP harus lulusan SMA jurusan IPS, sedangkan melalui seleksi lainnya dapat dari jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan seleksi berdasarkan hasil tes.

Bagaimana nih sahabat ahzaa, menarik dan informatif kan pembahasan artikel mengenai Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan UNDIP. Terima kasih sudah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat dan berkah selalu untuk sahabat Ahzaa semuanya. Sampai bertemu di artikel kami selanjutnya. 

Salam.

No comments:

Post a Comment