6/06/2022

Penerimaan Jalur Nilai Rapor Universitas Brawijaya (UB) 2022, Yuk Cek Syarat, Biaya dan Jadwalnya

Hai sahabat Ahzaa, Selamat datang kembali di AhzaaNet. Semoga selalu dalam keadaan sehat ya teman-teman. Baik, motivasi hari ini adalah siapkan diri teman-teman untuk menggapai masa depan, demi kemajuan dan kemakmuran bangsa ini. 

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Well, hari ini kita akan masih ngomongin ujian seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri. Pada kesempatan ini kita akan bahas tentang Penerimaan Jalur Nilai Rapor Universitas Brawijaya (UB) 2022. Bagi teman- teman yang belum mengetahui tentang ujian seleksi mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) jalur nilai rapor, Yukk kepoin yaa prosedur pendaftaran, syarat dan ketentuannya mumpung masih dibuka pendaftarannya. Seleksi mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan.

Persyaratan
Intip apa saja persyaratannya yuk teman-teman. Bagi teman-teman pendaftar SMUB Jalur Nilai Rapor harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah
3. Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya
4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Pilihan Program Studi
Teman-teman dapat memilih Program Studi dengan tiga kelompok yang disuguhkan Universitas Brawijaya diantaranya adalah kelompok SAINTEK, kelompok SOSHUM dan CAMPURAN. 
Teman-teman hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK atau kelompok SOSHUM dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 
Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih 2 (dua) program studi CAMPURAN yaitu 1 (satu) kelompok SAINTEK dan 1 (satu) dari kelompok SOSHUM. Atau keduanya dibidang SAINTEK atau SOSHUM Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 
Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dari kelompok SOSHUM Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Jadwal Pendaftaran
Catat tanggalnya yuk teman-teman, 
  • Pembayaran biaya pendaftaran jalur Rapor pada tanggal 17 Mei 2022 (pukul 13.00 WIB)  s/d 24 Juni 2022 (pukul 23.59 WIB). 
  • Pengisian data nilai Rapor dan finalisasi pendaftaran pada tanggal . 
  • Pengumuman hasil seleksi Mandiri Jalur Rapor 17 Mei 2022 (pukul 13.00 WIB)  s/d 24 Juni 2022 (pukul 23.59 WIB). 
Biaya
Adapun Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB 2022 adalah sebesar Rp. 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah). 

Ketentuan pengisian data
Teman-teman harus tahu juga nih ketentuan pengisian data nilai rapor dan akreditasi sekolah. Pengisian data rapor terdapat pada bagian pengetahuan dengan aturan sebagai berikut,  
Nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi (Petunjuk detil ada pada Link Pendaftaran). Matematika Minat tidak masuk dalam Perhitungan rata-rata. 
Adapun nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan, 
1. Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (Diurutkan semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.
2. Kelas akselerasi 2 Tahun (4 Semester) mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler yang telah dilegalisir sekolah.
3. Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.

Selain pengisian nilai rapor, teman-teman juga harus mengisi nilai akreditasi sekolah (SMA/MA) dan jurusan (bagi SMK) yang masih berlaku (dapat dikonfirmasi pada pihak sekolah/Guru BK) Dalam bentuk Huruf dan Angka. 

Cara Pendaftaran
Intip tata cara pendaftarannya yuk teman-teman,
 
1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id/
2. Memilih Seleksi Mandiri UB Jalur Nilai Rapor 2022 pada halaman dashboard
3. Melakukan pengisian data Nomor NISN dan NPSN
4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran yang muncul saat pendaftaran di admisi, (berlaku sebagai Nomor Pendaftaran atau NIM) sesuai dengan Bank yang dipakai.
5. Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI, Bank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan Kode Pembayaran (13 digit)
6. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi. Konfirmasi pembayaran dengan input secara Mandiri yaitu masuk di Dashboard admisi dengan klik Pendaftaran kemudian input tanggal bayar, input Biaya Pendaftaran Rp. 350.000, Pilih Bank untuk bayar dan Klik Konfirmasi) tidak ada waktu tunggu jika pembayaran sudah sesuai. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar atau Sreen Shoot layar ATM sebagai bukti cadangan jika bukti bayar tidak keluar.
7. Mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id/
8. Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II
9. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut:
  • Foto diri ukuran 3 x 4 background warna bebas (Bisa pakai foto Ijazah/UTBK)
  • Rapor per Semester sesuai ketentuan pada poin V yang telah dilegalisir pihak sekolah apabila tidak mendapatkan legalisir dapat Scan dari Rapor Aslinya yang ada tanda tangan pihak sekolah.
  • Scan Ijazah/SKL (bagi siswa lulusan 2020/2021) yang telah di legalisir Pihak Sekolah atau dapat scan dari aslinya.
  • Scan SKL bagi lulusan 2022 yang telah di legalisir Pihak Sekolah atau scan dari SKL Asli, bagi yang belum punya SKL dapat menggunakan Surat Keterangan kelas XII dan dapat gunakan surat yang sama untuk mengikuti UTBK).
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Keterangan Kependudukan/Kartu Keluarga (KK) bagi yang tidak punya KTP.
  • Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi);
  • Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze)
  • Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze)
  • Tingkat Regional/Provinsi/Kabupaten/Kota (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze)
  • Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
10. Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
11. Mencetak kartu peserta seleksi atau simpan dalam bentuk file PDF.

Bagaimana pastinya informatif dong teman-teman pembahasan ini, mari persiapkan diri kalian sedari sekarang iya teman-teman. Ayoo berkompetisi secara sportif dengan para calon mahasiswa lainnya, tetap semangat dan sukses terus iya buat teman-teman. Yukk simak terus di artikel berikutnya. Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment