6/09/2022

Mengenal Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Permasyaratakan (Poltekip) Kemenkumham

Halo sahabat ahzaa, salam sukses ya. Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi seputar Poltekip. Poltekip merupakan salah satu sekolah kedinasan yang saat ini lumayan banyak peminatnya. 

Politeknik Ilmu Permasyaratakan (Poltekip) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang terletak di bawah naungan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan yang  sebelumnya bernama Akademi Ilmu Pemasyarakatan ini berdiri berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor: 270/164 tanggal 24 Oktober 1964. Poltekip ini didirikan sebagai pendadaran kader-kader Pemasyarakatan di Indonesia dan memiliki tugas pokok melaksanakan pendidikan selama 4 tahun pada jalur pendidikan profesional program setara-S1 yang ditujukan pada keahliaan khusus di bidang Pemasyarakatan.

Photo by Fab Lentz on Unsplash


Setelah menyelesaikan program Diploma atau Sarjana, teman-teman akan langsung ditempatkan di instansi yang berkaitan dengan Kemenkumham. Jenjang karir teman-teman sebagai pegawai kementerian tentunya jelas, terstruktur, bisa diukur, dan juga pasti. Selain itu, teman-teman juga berkesempatan untuk keliling Indonesia karena tugas. 

Nah, salah satu cara untuk bisa bekerja di Kemenkumham adalah dengan mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh kementerian tersebut  dengan menempuh gelar akademik di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip). Memang, tidak mudah untuk bisa lulus ujian masuk Poltekip dan menempuh pendidikan di sekolah kedinasan. Perlu usaha ekstra agar bisa mendapat kursi calon Taruna/Taruni (catar) di Kemenkumham. Tapi, bukan berarti cita-cita kalian mustahil. Meski saingan teman-teman lumayan banyak, masih ada jalan kalau kamu memang serius ingin berkarir di Kemenkumham. Tetap semangat dan terus berusaha ya teman-teman untuk mencapai cita-citanya.

Lulusan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) yang telah selesai menempuh program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Pemasyarakatan (A.Md.P.) Sedangkan lulusan Poltekip yang menyelesaikan program Sarjana (Strata I) mendapat gelar Sarjana Terapan Pemasyarakatan (S.Tr.Pras.). Setelah menerima gelar tersebut, kamu harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Kemenkumham baik di dalam maupun luar negeri.

Lulusan Poltekip jadi apa sih? Untuk taruna yang lulus dari Poltekip akan ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh wilayah NKRI. UPT tersebut meliputi UPT Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, UPT Lembaga Pemasyarakatan, UPT Rutan, UPT Balai Pemasyarakatan, dan UPT Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Rampasan Negara. Setelah menyelesaikan studi, teman-teman akan mendapat SK pengangkatan sebagai PNS yang bekerja di wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Melalui dedikasi dan kompetisi yang mumpuni, tak perlu waktu lama agar kamu bisa mendapat promosi jabatan.

Tertarik kan pasti teman-teman untuk menjadi salah satu taruna di Poltekip, yukk semangat untuk mewujudkan impian teman-teman. Tentu sangat jelas dong informasi yang kami suguhkan. Bilamana teman-teman ingin mendapatkan informasi lainnya jangan lupa iya tetap simak terus artikel kami selanjutnya. Bakalan ada informasi-informasi menarik lainnya. Salam sukses ya teman-teman. 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment