6/11/2022

Mengenal Sekolah Kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara

Hello sahabat ahzaa, kembali lai nih dengan kami yang pastinya akan memberikan informasi penting untuk kamu ketahui. Yuk mari bersama kami karena kami akan mengenalkan kepada kamu mengenal Poltek SSN. Bagaimana sih sejarah singkat Poltek SSN dan apa saja sih yang dipelajari di kampus Poltek SSN ini. Nah mari teman-teman kita simak baik-baik yuk informasi ini. 

Photo by Danica Tanjutco on Unsplash

Sejarah Singkat
Berawal dari pendidikan sandi pada tahun 1946 bersamaan dengan berdirinya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan yang dikenal dengan Inteljen pada tahun 1946. Pada tahun 1947 dibentuk pendidikan sandi dengan sistem magang dan setelah organisasi persandian ditingkatkan statusnya menajdi suatu lembaga bernama Djawatan sandi pada tahun 1950. Melalui proses penilaian dan peninjauan mengenai kelayakan sistem pendidikan, kurikulum, sarana, dan prasarana maka berdasarkan surat Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) tahun 2002 menilai D-III AKSARA laik untuk ditingkatkan menjadi D-IV Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Dan melalui pertimbangan kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bahwa dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang siber dan sandi bagi BSSN dan lembaga lainnya maka dilakukannya perubahan kelembagaan Sekolah Tinggi Sandi Negara menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN). 

Program Studi
Perlu kamu ketahui juga nih, bahwa di Poltek SSN ini menyuguhkan 3 program studi Diploma IV dengan sistem paket yang harus kamu selesaikan 8 semester selama 4 tahun. Untuk program studinya sendirinya diantaranya yaitu Rekayasa Keamanan Siber, program studi ini merupakan jenis program studi terapan (vokasi) sehingga untuk setiap Satuan Kredit Semester (SKS) alokasi pengajaran yang diberikan memenuhi komposisi 40% teori dan 60% praktikum. Prodi RKS ini memiliki kurang lebih 2434 jam praktikum untuk mencapai kompetensi keahlian dan keterampilan khusus lulusan prodi.

Prodi selanjutnya yaitu ada prodi Rekayasa Kriptografi, pada program studi ini memiliki dua bidang minat yaitu Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi dan Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi. Program studi ini memiliki visi menjadi program studi dibidang rekayasa kriptografi yang berkualitas dan menghasilkan aparatur persandian negara yang unggul serta berkontribusi dalam keamanan nasional. Dan ada juga program studi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, prodi ini melakukan pengembangan ilmu spesifik yang berkaitan dengan Embedded System Computer Engineering, Cyber Phisical System dan Cryptographic Hardware Engineering.

Prospek Lulusan
Keren sekali dong pastinya teman-teman jika mempelajari materi yang disuguhkan oleh Poltek SSN ini. Prospek kerja Sekolah Tinggi Sandi Negara dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jika lulus seleksi dan memenuhi syarat masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara (Poltek SSN), kamu diharuskan menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas Belajar. Konsekuensinya, kamu dibebaskan dari seluruh biaya Sekolah Tinggi Sandi Negara. Biaya pendidikan maupun biaya tinggal di Poltek SSN seluruhnya ditanggung oleh negara. Kemudian, kamu diharuskan bekerja di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara atau instansi pemerintah yang lain setelah lulus kuliah. 

Bagaimana nih berminat dong pastinya, yang berminat bisa langsung persiapkan diri kalian untuk segera bergabung menjadi keluarga Poltek SSN. Persiapkan diri baik-baik untuk bersaing dengan calon mahasiswa Poltek SSN lainnya, silakan bersaing secara sehat. Sangat informatif dong pastinya pembahasan ini, jangan lupa tetap simak artikel kami selanjutnya iya teman-teman. Terima kasih, Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment