6/06/2022

Jadwal Seleksi Mandiri Undip 2022, Catat Syarat Daftar, dan Jadwalnya

Halo sahabat ahzaa, bagaimana sudah menentukan belum nih perguruan tinggi yang akan dituju? Baik, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai Ujian Mandiri untuk masuk di Universitas Diponegoro Semarang. Jalur ini khusus bagi teman- teman yaa yang kemarin tidak tersaring masuk melalui SNMPTN maupun SBMPTN. 

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Pada tahun 2022 ini, Universitas Diponegoro membuka kembali Ujian Mandiri (UM) S1 dengan menggunakan metode gabungan antara portofolio dan Tes Potensi Skolastik (TPS) Secara Online loh teman-teman. Kalian dapat memilih salah satu jalur dari ketiga pilihan jalur diantaranya yaitu,
 
1. Jalur KIP dan/atau Golongan tidak mampu yang dibuktikan dengan Kepemilikan KIP (Kartu Indonesia Pintar) dengan penetapan UKT Golongan 1-3 tanpa SPI
2. Jalur Reguler, pembayaran meliputi  UKT tertinggi dan SPI sesuai pilihan golongan (1 atau 2)
3. Jalur Kemitraan (untuk umum), pembayaran meliputi UKT Tertinggi dan SPI diatas golongan II

Sebagai persiapan diri teman-teman dalam mengikuti test Ujian Mandiri masuk Undip, teman-teman harus mempersiapkan nilai Raport, prestasi Non Akademik/Kejuaraan (bila ada), Esai tentang Wawasan Kebangsaan. Adapun persyaratannya yaitu siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2022, 2021 dan 2020 memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju, dengan usia maksimal adalah 22 tahun.

Tata Cara Pendaftaran
Simak yuk bagaimana tata cara pendaftaran UM Undip. Adapun tata cara pendaftaran UM Undip diantaranya,
1. Peserta terlebih dahulu  membuat user pada website pendaftaran menggunakan email. https://pmb.undip.ac.id/
2. Peserta memilih jalur pilihan UM S1 dan memilih/mengisi Besaran SPI. Apabila Anda sudah menyimpan, maka pilihan Jalur dan Besaran SPI tidak bisa terganti
3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri).
4. Peserta mengisi data portofolio (Raport Smt 1-5 dan atau Prestasi lain) melalui website pendaftaran. https://pmb.undip.ac.id/ 
5. Peserta wajib melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangai oleh peserta dan orang tua (dalam format .pdf) dan diwajibkan Cetak kartu peserta pada website pendaftaran online. https://pmb.undip.ac.id/
6. Setelah selesai melakukan cetak kartu peserta dan mengikut ujian sesuai jadwal pada kartu peserta.

Setelah mengetahui langkah pendaftaran, teman-teman juga harus tahu nih materi apa saja yang harus disipkan teman-teman saat akan menghadapi test UM Undip. Materi tersebut diantaranya Tes Potensi Skolastik (TPS) : Numerik, Verbal, Penalaran, dan Bahasa Inggris. Persiapkan baik-baik ya kawan materi yang sudah ditentukan.

Kelompok Program Studi
Teman-teman juga harus tahu nih kelompok program studi apa saja sih yang ditawarkan Undip? Nah mari kita simak yuk. 
  • Kategori SAINTEK : 2 pilihan program studi (ada 34 prodi S1 Saintek Kampus Tembalang dan 1 Prodi S1 Keperawatan Kampus Jepara). 
  • Kategori SOSHUM : 2 pilihan program studi (ada 17 prodi S1 Soshum Kampus Tembalang dan 1 Prodi S1 Hukum Kampus Jepara). 
  • CAMPURAN : 1 Pilihan program studi SAINTEK dan 1 pilihan program studi SOSHUM. 
Nah, bagaimana ilustrasi pemilihan kelompok program studi, berikut ilustrasinya, Siswa SMA IPA memilih pilihan 1 Ekonomi dan pilihan 2 Teknik Sipil, atau sebaliknya. Atau Siswa SMA IPS memilih pilihan 1 Perencanaan Wilayah dan Kota dan pilihan 2 Akutansi, dan atau sebaliknya.

Pendaftaran
Catat baik-baik yuk teman kapan sih dilaksanakan UM Undip ini? Untuk pendaftaran online dilakukan pada 11 April-20 Juni 2022. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 11 April-20 Juni 2022. Sedangkan untuk cetak kartu peserta pada tanggal 11 April-20 Juni 2022. Untuk pelaksanaan ujian online dilakukan pada tanggal 27 Juni-8 Juli 2022. Dan untuk pengumuman hasil seleksi yaitu pada tanggal 13 Juli 2022.

Itulah sedikit informasi dan pastinya sangat membantu teman-teman dong dalam menegtahui UM Undip 2022. Mau tahu info-info lainnya, simak terus ya teman-teman artikel dan tulisan kami berikutnya. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment