6/17/2022

Kenali Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yuk Kenali Info Kuliah dan Profil Lulusannya

Hai sahabat ahzaa, salam hangat dan salam sukses untuk kalian semua. Terima kasih sudah setia menyimak artikel kami, pokoknya jangan sampai ketinggalan info-info penting dari kami iya. Silakan pantengin terus di web kami karena kami akan selalu menyuguhkan pembahasan yang menarik dan tentunya informatif. Oke, pada artikel ini kami akan membahas tentang Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang. Masih sama nih dengan artikel sebelumnya yaitu membahas tentang jurusan teknik, tetapi kali ini dengan program studi yang berbeda. Silakan kalian simak terus dan tentukan dari sekarang, kamu tertarik pada jurusan yang mana.

Hal pertama yang harus kamu ketahui yaitu bahwa Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang merupakan salah satu prodi dari fakultas teknik jadi buat kamu yang nantinya bakalan bergabung di jurusan ini, saat dinyatakan lulus kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.). Buat pecinta teknik boleh banget nih bergabung di jurusan ini, apalagi buat kamu yang suka menggeluti tentang lingkungan. Waahh sangat cocok pastinya, tapi ketahui lebih mendalam dulu yuk tentang Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang.

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash


Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang memiliki tujuan menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak. Sudahlah yuk jangan diragukan lagi, tujuan dari program studinya aja sudah sangat berdampak positif yaitu memberikan kesempatan serta menyediakan wadah untuk seluruh masyarakat umum dan tentunya demi mengembangkan pengetahuan dengan membentuk kepribadian yang berakhlak.

Buat kamu yang tertarik masuk Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro ketahui yuk materi apa yang akan kamu dapatkan nantinya. Materi yang akan kamu dapatkan yaitu dasar-dasar Teknik Lingkungan dan Aplikasinya. Sementara untuk profil lulusannya yaitu konsultan lingkungan, birokrat, PNS di bidang lingkungan, akademisi, peneliti, dan kewirausahaan teknologi. Wuahh sangat keren dong pastinya untuk profil lulusannya. 

Intip kompetensi lulusan Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro yuk. Untuk kompetensi lulusannya sendiri diantara lain yaitu:
a. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menyelesaikan masalah-masalah lingkungan.
b. Kemampuan untuk merancang sarana dan prasarana lingkungan dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, dan keberlanjutan.
c. Kemampuan manajemen dalam  bidang teknik lingkungan.
d. Kemampuan untuk merancang dan melakukan penelitian, menganalisa dan menginterpretasi-kan data lingkungan.
e. Pemahaman tentang dampak dari penyelesaian-penyelesaian teknik lingkungan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial.
f. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara (tertulis, lisan, verbal, dan visual), bekerja dalam tim, mengelola waktu, merencanakan proyek, analisis numeric dan teknologi informasi.

Kamu juga harus tau nih metode pembelajaran dan asesmen dari Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro mencakup Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan portofolio. Selama berkuliah sampai lulus, kamu akan menempuh 144 SKS dalam 8 sampai dengan 14 Semester.

Tambahan informasi lagi nih, berkaitan dengan fasilitas buat mahasiswanya. Nah, untuk fasilitas Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro melingkupi bimbingan dan konseling, e-journal, wifi, ruang baca dan perpustakaan, mushola, laboratorium pendidikan dan penelitian. Cukup menarik dong pastinya fasilitas yang disuguhkan.

Jika kamu menetapkan dan menaruhkan pilihanmu pada Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro kamu bisa kok bergabung, nih harus kamu ketahui kebijakan dan prasayarat admisinya adalah seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA, sedangkan jika melalui Seleksi Mandiri (SM)/SBMPTN dari jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Yukk tentukan pilihan dan mantabkan hati kalian untuk memilih kampus favorit kamu, demi mencapai semua keinginan dan cita-citamu. Tetap pilih yang terbaik dari yang lebih baik iya, silakan persiapkan diri dan semangat terus untuk bersaing secara sehat dengan pemuda pemudi penerus bangsa. Okee cukup di sini teman-teman, jangan lupa simak artikel kami selanjutnya karena masih banyak informasi menarik di sana. 

Salam.

No comments:

Post a Comment