6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitras Diponegoro Semarang

Halo sahabat ahzaa, salam hangat dan salam sukses untuk kalian semua. Terima kasih sudah setia menyimak artikel kami, jangan sampai ketingalan info-info penting dari kami ya sahabat Ahzaa. Silakan pantengin terus blog kami karena kami akan selalu menyuguhkan pembahasan yang menarik dan tentunya informatif dong. Okee pada artikel ini kami akan membahas tentang Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP termasuk salah satu jurusan yang terdapat dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Buat kamu yang suka menggeluti ilmu komunikasi boelh banget nih bergabung dengan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP.

Hal pertama yang harus kamu ketahui yaitu bahwa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP sudah mendapatkan prediakat Akreditasi A berdasarkan Nomor 2415/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018. Nah buat kamu yang nantinya bakalan bergabung di jurusan ini, saat dinyatakan lulus kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Tujuan program dari jurusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP adalah 

1. Kemampuan penguasaan ilmu dan keterampilan di bidang ilmu komunikasi
2. Kemampuan memahami, menganalisis dan menyediakan alternatif pemecahan masalah komunikasi
3. Kemampuan bersikap dan berperilaku dalam berkarya untuk kepentingan umum sesuai kompetensinya, kemampuan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash


Buat kamu yang tertarik masuk Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP ketahui yuk materi apa yang akan kamu dapatkan nantinya. Materi yang akan kamu dapatkan yaitu bidang pelaporan (reporting), penulisan (writing) dan penyuntingan (editing) untuk media cetak dan elektronika. Dan ada juga komunikasi pemasaran, periklanan dan hubungan masyarakat.
 
Sahabat ahzaa juga harus tau nih mengenai profil lulusan di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP yaitu praktisi komunikasi di bidang jurnalistik, komunikasi strategis, peneliti komunikasi dan akademisi komunikasi. Sedangkan untuk kompetensi lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP sendiri diantara lain yaitu:
a. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang bahasa dan sastra Indonesia
b. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang bahasa dan sastra Indonesia dari berbagai sumber
c. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
d. Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
e. Mendemonstrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
f. Bekerja dalam tim
g. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Kamu juga harus tau nih metode pembelajaran dan asesmen dari Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP yaitu Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, dan portofolio. Serta untuk struktur dan persyaratan program yang wajib kamu tempuh di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP diantaranya yaitu jumlah SKS = 144, Semester = 8 sampai dengan 14 Semester.

Informasi yang ditunggu-tunggu juga nih buat kamu, demi kenyamanan mahasiswa setiap kampus pasti akan memberikan fasilitas khusus nih buat mahasiswanya. Nah untuk fasilitas yang akan kamu dapatkan di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP itu sendiri yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, Lab Multimedia, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Cukup menarik dong pastinya fasilitas yang disuguhkan.

Jika kamu menetapkan dan menaruhkan pilihanmu pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNDIP boleh banget loh dan harus kamu ketahui dulu nih kebijakan dan prasayarat admisinya adalah seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA dengan jurusan IPA/IPS, sedangkan jika melalui Seleski Mandiri (SM)/SBMPTN dari  SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Yukk tentukan pilihan dan mantabkan hati kamu untuk memilih kampus dan jurusan favorit kamu, demi mencapai semua keinginan dan cita-citamu. Tetap pilih yang terbaik dari yang lebih baik iya, silakan persiapkan diri dan semangat terus untuk bersaing secara sehat dengan pemudi pemuda penerus bangsa. Terima kasih sudah menyimak artikel kami sampai pada pembahasan terakhir ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya kawan. 

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment