6/06/2022

Pendaftaran Ujian Seleksi Mandiri UGM 2022/ 2023 Dibuka, Berikut Informasinya

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Semoga teman- teman selalu dalam keadaan sehat ya..Amin. Hari ini kami akan memberikan informasi dalam membantu teman-teman tentang informasi pendaftaran seleksi mandiri UGM atau yang biasa dikenal dengan UTUL UGM. Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, kita ketahui dulu yaa tentang UTUL UGM. UTUL UGM merupakan singkatan dari Ujian Tulis UGM. Ini adalah jenis ujian mandiri (saat itu masih sistem tulis menggunakan kertas) di UGM. 

Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash



Nah, kalo berdasarkan website resmi UGM nama UTUL UGM sudah diubah mengikuti sistem seleksinya yang udah tidak pakai kertas dan pensil (tulis) lagi.  UTUL UGM tetap menjadi tes mandiri UGM dengan nama baru Computer Based Test (CBT)-UM UGM. Perlu teman-teman ketahui bahwa UTUL UGM menjadi alternatif bagi calon mahasiswa baru yang mengincar salah satu kampus favorit di Indonesia ini. Dan tentunya, perlu persiapan matang dong buat lolos seleksi masuk UGM 2022. 

Melalui UTUL UGM versi terbaru atau Computer Based Test (CBT)-UM UGM ini terdapat 3 (tiga) jenis kelompok ujian yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu: Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Perlu teman-teman ketahui juga bahwa setiap peserta hanya dapat mengikuti salah satu kelompok ujian, yaitu: Saintek atau Soshum atau Campuran. Nah, karena skor UTUL UGM versi terbaru dilihat dari nilai UTBK SBMPTN dan hasil tes ujian mandiri UGM maka teman- teman harus memilih kelompok ujian yang sama baik saat UTBK maupun saat memilih kelompok ujian di UTUL UGM.

Berikut syarat-syaratnya ya teman-teman untuk ikut serta dalam UTUL UGM,

1. Syarat Umum
  • Warga Negara Indonesia;
  • Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat Tahun 2022, 2021, dan 2020;
  • Mengikuti dan memiliki skor UTBK-SBMPTN Tahun 2022;
  • Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
2. Syarat Khusus
  • Lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat Tahun 2021 dan 2020 harus memiliki ijazah;
  • Lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat Tahun 2022 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah;
  • Pada saat mengikuti CBT-UM UGM Tahun 2022, peserta wajib:
  • Membawa Ijazah (asli atau fotokopi berlegalisir) atau SKL (asli);
  • Membawa Kartu Ujian CBT-UM UGM Tahun 2022;
  • Membawa Kartu Identitas (KTP/KK);
  • Menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi atau membawa kartu vaksin
  • Apabila peserta belum vaksin Covid 19, menunjukkan hasil negatif (rapid tes antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam).
3. Kewajiban Peserta
  • Peserta diturunkan di area drop zone (area penurunan peserta ujian);
  • Diukur suhu oleh panitia yang bertugas;
  • Ketika masuk area ujian, peserta menunjukkan:
  • Kartu ujian dan dokumen lain yang sesuai syarat CBT-UM UGM 2022;
  • Menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi atau membawa kartu vaksin;
  • Apabila peserta belum vaksin Covid 19, wajib menunjukkan hasil negatif (rapid tes antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam)
Hal penting yang harus teman-teman perhatikan yaitu prosedur mengikuti UTUL UGM atau CBT-UM UGM ini diantaranya yaitu:
  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/ lalu melakukan pendaftaran dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online
  2. Memilih 2 program studi pada program sarjana (S1) dan atau Sarjana Terapan (D4). Urutan pilihan menunjukkan urutan prioritas.
  3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat memilih lokasi CBT-UM UGM Tahun 2022 sesuai pilihan yang tersedia, kmudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  4. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk pembayaran yang ada di akun pendaftaran dengan menggunakan kode pembayaran yang telah diperoleh dengan rincian untuk Saintek: Rp 325 ribu, Soshum: Rp 325 ribu dan Campuran: Rp 350 ribu
  5. Memilih sesi CBT-UM UGM Tahun 2022.
  6. Mencetak bukti peserta CBT-UM UGM Tahun 2022.
  7. Mencetak kartu ujian CBT-UM UGM Tahun 2022.
  8. Mengikuti CBT-UM UGM Tahun 2022 sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian
  9. Melihat pengumuman hasil seleksi pada tanggal 13 Juli 2022.

Bagaimana teman-teman, sudah ada bayangan belum nih menjadi bagian keluarga besar UGM. Bercita-cita dan berangan-angan tentunya boleh dong, dan jangan lupa diselipi berdoa dan berusaha ya teman-teman agar bisa lolos melalui seleksi UTUL UGM atau CBT-UM UGM ini. Perlu kalian catat juga ya teman-teman untuk jadwal pendaftaran online dilaksanakan pada tanggal 3 Juni-15 Juni 2022. Sedangkan untuk pembayaran biaya pendaftaran sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing. 

Pelaksanakan CBT penempatan Yogyakarta dilakukan pada tanggal 25 Juni – 4 Juli 2022, sedangkan penempatan Jakarta pada 28 Juni – 4 Juli 2022. Dan pengumuman pada tanggal 13 Juli 2022.

Nah itu lah informasi dari kami, semoga bermanfaat dan membantu teman-teman iya. Jangan lupa simak terus artikel dan pembahasan kami selanjutnya. Selam sukses untuk kita semua teman-teman, sehat selalu teman-teman. Semoga sukses.

Salam.

No comments:

Post a Comment