6/14/2022

Mengenal Apa Itu Tes Army Alpha dan Contoh Soal dalam Uji Psikotes

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi informasi untuk teman- teman yang sedang akan menghadapi psikotes. Nah, salah satu uji psikotes yang akan dihadapi adalah tes Army Alpha. Tentang apa itu tes Army Alpha akan kita bahas lebih jauh lagi melalui pembahasan berikut. Semoga bermanfaat yaa...

Apa itu Tes Army Alpha
Dilansir dari Psychology Wiki, Army Alpha adalah tes yang dikelola kelompok yang dikembangkan oleh kelompok psikolog yaitu Robert Yerkes dan enam anggota komite lainnya seperti W.V. Bingham, Henry H. Goddard, T.H. Haines, Lewis Terman, G.M. Whipple, F.L. Wells. Tes ini digunakan untuk mengevaluasi sejumlah besar rekrutmen militer di Amerika Serikat selama Perang Dunia I. Tes Army Alpha pertama kali diperkenalkan pada tahun 1917 karena permintaan untuk metode sistematis untuk mengevaluasi fungsi intelektual dan emosional tentara. Tes tersebut mengukur "kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan mengikuti arahan, dan pengetahuan informasi". 

Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay 


Dalam bidang kemiliteran, nilai atau skor Army Alpha digunakan untuk menentukan kemampuan prajurit dalam melayani, mengklasifikasi pekerjaannya, dan mengetahui potensinya untuk posisi kepemimpinan. Sementara pada prajurit yang buta huruf atau berbahasa asing maka akan mengikuti Army Beta, sebagai ujian nonverbal yang setara. Army Beta merupakan versi tes yang dikembangkan untuk digunakan pada mereka yang buta huruf. Pengembangan tes beta dan tes kinerja untuk ujian berbicara asing dan buta huruf disajikan dalam cara yang khusus seperti penggunaan diagram demonstrasi dan pantomim untuk menyampaikan instruksi. Adapun Jenis pengujian baru dalam versi beta, menggunakan desain geometris, gambar yang tidak lengkap dan sebagainya. Tujuan dari tes tambahan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam hal bahasa untuk menunjukkan kemampuan mereka. Selain itu, tes beta bertujuan untuk menunjukkan kelemahan dalam berfikir dan mengetahui ketidakmampuan bagi mereka bila berdinas militer akibat kekurangan mental. Tes ini juga dapat menemukan orang- orang yang memiliki kemampuan yang tidak biasa atau khusus. 

Setelah berakhirnya Perang Dunia I, tes Army Alpha terus mengalami perubahan revisi seperti pada alat tesnya sendiri baik tujuan pemberian tes, instrument test, administrasi tes, norma hingga pada sistem penskoran. Pada tahun 1936, Scrammel-Brannan melakukan revisi terhadap Army Alpha. Tes Army Alpha diberikan kepada mahasiswa dengan delapan subtes yaitu kemampuan mengikuti arah,  penalaran aritmatika, penilaian praktikal, sinonim antonim, penyusunan kalimat, kelengkapan seri angka, analogi dan informasi. Dari kedelapan subtes Army Alpha tersebut, hanya 3 bentuk subtes yang diadaptasi dari bentuk aslinya, sedangkan subtes lainnya masih mengikuti bentuk aslinya. 

Pada tahun 1986, Army Alpha juga direvisi oleh F.L Wells, seorang psikolog Amerika yang bekerja dalam kelompok Robert Yerkes untuk mengembangkan Army Alpha pada perang dunia II. Wells menghilangkan subtes yang tidak sesuai dalam tes Army Alpha melalui berbagai pertimbangan. 

Peruntukan Tes Army Alpha
Saat ini tes Army Alpha tidak hanya digunakan dalam administrasi militer namun tes ini sudah banyak diaplikasikan dalam setting pendidikan, perekrutan pegawai dan sebagainya. 

Contoh Soal Tes Army Alpha dan Pembahasan
Tes Army Alpha yang diujikan terdiri dari 12 soal. Untuk menjawab soal, teman- teman akan menerima instruksi secara langsung dari penguji tes. Waktu pengerjaan setiap soal dibatasi dalam beberapa detik  saja sehingga membutuhkan konsentrasi dan daya tangkap yang baik untuk menjawab setiap soal.

Berikut macam contoh soal plus pembahasan  tes Army Alpha. Semoga bermanfaat yaa...

1. Perhatikan lingkaran- lingkaran pada soal berikut, tuliskan huruf S pada lingkaran kedua dan buatlah tanda silang pada lingkaran keempat

 
2. Perhatikan lingkaran- lingkaran bernomor pada soal. Gambarkan garis melintang dari bawah lingkaran nomor 3, berlanjut ke atas lingkaran nomor 4 dan 5 lalu ke bawah lingkaran nomor 6.



3. Buat tanda silang pada bidang yang terletak dalam segitiga, tetapi tidak dalam lingkaran. Tulislah huruf Y pada bidang yang terletak di dalam segitiga juga di dalam lingkaran.

4. Tulislah angka 3 pada bidang yang terletak dalam persegi dan segitiga, namun tidak dalam lingkaran. Tulislah huruf "O" pada bidang yang terletak dalam persegi dan lingkaran, tetapi tidak dalam segitiga.

5. Jika benar bahwa kereta api lebih cepat daripada bus, maka buat tanda titik pada lingkaran kedua dan beri garis bawah pada kata "Ya". Jika tidak, coret kata "Tidak"

6. Tulislah jawaban dalam lingkaran ketiga jumlah bulan dalam satu tahun. Kosongkan lingkaran keempat, dan tuliskan pada lingkaran kelima jawaban yang salah dari pertanyaan tadi.


7. Buat garis di bawah huruf vokal sebelum huruf J. Lingkari huruf ketiga setelah K
8. Amati ketiga lingkaran dan tiga kata di kanannya. Tulislah huruf kelima dari kata pertama dalam lingkaran pertama, huruf paling akhir dari kata kedua dalam lingkaran kedua dan huruf ketiga dari kata ketiga dalam lingkaran ketiga.

9. Coretlah bilangan- bilangan yang bernilai kurang dari 70 tetapi lebih besar dari 50.


10. Tuliskan dua huruf vokal  pada bagian kotak yang paling besar dan angka antara 7 dan 9 dalam bagian yang hampir paling kecil.


11. Perhatikan angka dan kombinasi angka -huruf. Coretlah angka genap yang tidak berhuruf, coret juga angka ganjil yang bernilai kurang dari 7, baik yang berhuruf maupun yang tidak.



12. Jika 2 adalah sepertiga dari 6, maka buatlah sebuah garis di bawah angka 7. Tetapi, jika 8 lebih dari 9, maka beri tanda silang pada angka 2.


No comments:

Post a Comment