6/28/2022

Gemar Sejarah? Mari Asah Ilmu Sejarahmu Lewat Prodi S1 Sejarah UNDIP Semarang

Hi sahabat Ahzaa, kembali lagi nih dengan kami AhzaaNet. Terima kasih sudah mengunjungi web kami dan simak terus yuk sampai pembahasan akhir. Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai Program Studi S1 Sejarah Universitas Diponegoro Semarang. Mana nih suaranya yang mempunyai keinginan masuk di Universitas Diponegoro? Dan terkhusus buat kamu yang ingin melanjutkan studinya di jurusan sejarah, mari percayakan lewat Program Studi S1 Sejarah Universitas Diponegoro Semarang.

Tentang Prodi S1 Sejarah UNDIP Semarang
Perlu kamu tau nih sahabat Ahzaa bahwa Program Studi S1 Sejarah Universitas Diponegoro Semarang sudah mendapatkan pengakuan jurusan yang sangat baik loh. Pada tahun 2019 jurusan Program Studi S1 Sejarah Universitas Diponegoro Semarang mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 4033/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019. Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari jurusan Program Studi S1 Sejarah Universitas Diponegoro Semarang yaityu Sarjana Humaniora (S.Hum). 

Tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Sejarah Universitas Diponegoro Semarang adalah menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dan akhlak. Sedangkan untuk materi yang akan kamu dapatkan di jurusan Program Studi S1 Sejarah UNDIP diantaranya yaitu sejarah dan kebudayaan, khususnya sejarah dan kebudayaan maritim. Antropologi sosial, sosiologi, pengantar ilmu ekonomi, kewirausahaan, ilmu pariwisata, manajemen warisan budaya, manajemen sumberdaya manusia, kearsipan, perpustkaan dan informatika, sejarah terapan, sejarah industrialisasi, sejarah militer, sejarah kota, sejarah ketatanegaraan RI, dan Sejarah Islam.

Image by Belajati Raihan Fahrizi from Pixabay

Sahabat Ahzaa harus tau juga nih mengenai profil lulusan dari Program Studi S1 Sejarah UNDIP yaitu peneliti sejarah, pengajar sejarah, jurnalis sejarah, pa,ong sejarah dan budaya, wirausahawan dalam bidang kesejarahan. Sedangkan untuk kompetensi lulusan dari Program Studi S1 Sejarah UNDIP diantaranya adalah
1. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang sejarah Indonesia 
2. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang sejarah Indonesia dari berbagai sumber
3. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
4. Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
5. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
6. Bekerja dalam tim
7. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Pembelajaran
Metode pembelajaran dan asesmen yang akan lalui di jurusan Program Studi S1 Sejarah UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Sejarah UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester dan mahasiswa harus fulltime acuan standar isi BNSP tahun 2010.
Dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Sejarah UNDIP yang akan diterima yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu pergunakan sebaik-baiknya, agar mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun luar kelas. Begitupun mahasiswa juga akan lebih merasa nyaman dan aman jika mendapatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak kampus.

Pendaftaran
Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus sahabat Ahzaa perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Sejarah UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Terima kasih sahabat Ahzaa atas waktunya membaca dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kamu dan juga lainnya ya, maka dari itu yuk share ke teman, sahabat, dan keluargamu agar mereka juga mendapatkan informasi penting ini. Sekian sahabat Ahzaa, sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Jangan lupa tetap simak terus di web kami. 

Salam.

No comments:

Post a Comment