6/29/2022

Jadwal dan Lokasi Ujian Seleksi Kemampuan Dasar SPMB PKN STAN 2022 sudah Dirilis, Yuk Persiapkan Ujian SKD- nya

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Buat kamu yang mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), ada berita bagus nih, berkaitan dengan Jadwal dan Lokasi Ujian Seleksi Kemampuan Dasar SPMB PKN STAN 2022 sudah dirilis per tanggal 28 Juni 2022 melalui Pengumuman dengan Nomor PENG-99/PKN/2022 tentang Jadwal dan Lokasi Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) pada SPMB Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN tahun 2022.

www.ahzaa.net
ilustrasi CAT


Dalam pengumuman tersebut dijelaskan bahwa peserta yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada SPMB PKN STAN merupakan peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi  administrasi dan telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran SPMB sebagaimana dimaksud dalam Pengumuman Nomor PENG-97/PKN/2022 tentang Hasil Seleksi Administrasi pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2022 dan PENG-98/PKN/2022 tentang Pengumuman Susulan Hasil Seleksi Administrasi pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2022.

Dijelaskan pula bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni s.d. 5 Juli 2022 dengan daftar lokasi pelaksanaan SKD sebagaimana terdapat pada Lampiran I (Tautan Link Lampiran I

Disamping itu, teman- teman peserta SKD juga diminta untuk memperhatikan lokasi dan tempat pelaksanaan tes, tanggal, sesi serta ruang pelaksanaan SKD sesuai dengan yang tertera dalam Lampiran II (Tautan Link Lampiran II). 

Adapun dalam keikutsertaan ujian, teman- teman peserta SKD menunjukkan bukti vaksinasi sebagaimana:
a. dalam hal peserta SKD sudah vaksinasi lengkap, peserta menunjukkan Scan QR Code aplikasi PeduliLindungi;
b. dalam hal peserta SKD belum vaksinasi sama sekali dan/atau sudah vaksinasi namun belum lengkap, peserta wajib menunjukkan:
1) surat keterangan dokter yang menyatakan peserta tidak diperkenankan vaksin; dan
2) menunjukkan paling sedikit hasil tes antigen yang menyatakan non reaktif yang masih berlaku saat pelaksanaan SKD.

Saat ujian, peserta diminta membawa alat tulis pribadi (pensil kayu), TIDAK BOLEH  pensil mekanik dan sejenisnya.

Peserta juga wajib mematuhi ketentuan-ketentuan mengenai Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 dan Tata Tertib Pelaksanaan Seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) BKN yang dapat dilihat pada Lampiran III (Tautan Link Lampiran III).

Peserta hanya dapat mengikuti SKD pada hari/tanggal, sesi, dan ruang ujian sesuai yang tercantum pada Lampiran II pengumuman. 

Teman- teman peserta juga harus memperhatikan juga perihal bahwa dalam hal keadaan tertentu, Panitia Pusat SPMB Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2022 (Panitia Pusat) berhak untuk menetapkan pelaksanaan SKD di luar sebagaimana dimaksud dalam Lampiran II.

Nah ini yang sangat penting, bahwa bagi peserta yang terlambat dan/atau salah waktu/lokasi ujian tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian dan dinyatakan gugur. 

Teman- teman peserta ujian wajib melakukan pendaftaran paling lambat 60 menit sebelum jadwal sesi ujiannya dengan menunjukkan:
  • Kartu Peserta Ujian yang diunduh dan dicetak dari portal https://dikdin.bkn.go.id/. (Contoh Kartu Peserta Ujian sebagaimana terlampir pada Lampiran IV. (Tautan Link Lampiran IV
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik Asli atau KTP asli yang masih berlaku atau Surat Keterangan Pengganti KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga asli atau Kartu Keluarga yang mempunyai Barcode atau salinan Kartu Keluarga yang dilegalisasi basah oleh pejabat yang berwenang atau bagi peserta yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun dapat membawa Kartu Identitas Anak (KIA) asli atau surat kehilangan dari Kepolisian Republik Indonesia.
Berkaitan dengan pakaian yang wajib dikenakan, 
  • Peserta pria wajib mengenakan kemeja lengan panjang/pendek polos warna putih dan celana panjang formal warna hitam polos. 
  • Peserta wanita wajib mengenakan busana/blus lengan panjang/pendek polos warna putih, dan rok panjang formal (sampai mata kaki) tanpa belahan warna hitam polos. 
Jenis Subtes dan ambang batas nilai SKD berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 93 tahun 2022 adalah sebagai berikut:


Sementara untuk ambang batas peserta reguler adalah sebagai berikut,


Ditambahkan pula informasi dalam pengumuman tersebut bahwa bagi peserta yang tidak mengikuti SKD dinyatakan gugur dalam rangkaian ujian SPMB PKN STAN Tahun 2022 dan peserta yang memenuhi ambang batas nilai kelulusan ujian tertulis tidak secara otomatis mengikuti tahapan Seleksi Lanjutan I (Tes esehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) pada SPMB PKN STAN Tahun 2022. Penentuan kelulusan peserta akan diumumkan lebih lanjut pada tanggal 13 Juli 2022. 

Berkaitan dengan biaya akomodasi, transportasi, dan biaya lain-lain yang dikeluarkan oleh peserta dalam rangka mengikuti ujian menjadi tanggungan peserta yang bersangkutan.

Pantau lebih lanjut untuk update informasi via media sosial resmi PKN STAN. Teman- teman bisa membuka medsosnya melalui
Twitter (@pknstanid), Facebook (PKN STAN), Instagram (@pknstan), Youtube (PKN STAN), atau website resminya via http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id.

Nah, berkaitan dengan ujian SKD SPMB PKN STAN 2022, ada baiknya teman- teman juga mempersiapkan untuk belajar melalui latihan soal- soal yang valid. Teman- teman bisa berlatih soal masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN melalui tautan blog di bawah ini,


Demikian informasi perilisan jadwal dan lokasi ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) SPMB PKN STAN 2022 serta Latihan soal SKD SPMB PKN STAN 2022. Semoga sukses teman- teman semuanya. 

Salam. 

Sumber : https://pknstan.ac.id/article/jadwal-dan-lokasi-ujian-seleksi-kemampuan-dasar-spmb-2022

No comments:

Post a Comment