6/29/2022

Mengenal Program Studi S1 Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Selamat menjalani aktivitas sahabat ahzaa, Selamat datang kembali di AhzaaNet. Masih bingung memilih untuk melanjutkan studinya di mana? Nih kami punya solusi buat kamu, terkhusus buat kamu yang suka menggeluti di bidang administrasi bisnis cocok banget nih bergabung di jurusan Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP.

Perlu kamu tau nih sahabat Ahzaa bahwa Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP telah mendapatkan predikat Akreditasi A  berdasarkan Nomor 3009/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2018. Dan untuk gelar yang akan kamu dapatkan jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.AB).

Photo by Randy Tarampi on Unsplash


Tujuan program yang dimiliki setiap program studi juga harus kamu perhatikan ya sahabat ahzaa. Sebagai calon mahasiswa kamu juga harus mengenali calon kampusmu loh salah satunya tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP diantaranya adalah

1. Meningkatkan kualitas pendidikan formal staf pengajar (35% Doktor)
2. Meningkatkan kualitas IPK mahasiswa (rata-rata 3,25)
3. Mengoptimalkan kemampuan dosen bidang penelitian dan pengabdian
4. Meningkatkan jumlah lulusan tepat waktu (95%)
5. Meningkatkan jumlah penerbitan karya ilmiah dosen dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
6. Meningkatkan jumlah kerjasama penelitian dengan lembaga-lembaga terkait
7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas program pengabdian masyarakat
8. Mempertahankan nilai akreditasi lembaga
9. Melakukan pengembangan kurikulum secara periodik
10. Mendapatkan penelitian di luar anggaran rutin Fakultas
Materi yang akan kamu pelajari di jurusan Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP adalah ilmu administrasi bisnis dan aplikasinya meliputi marketing, akuntansi dan keuangan, manajemen sumber daya manusia, operasi serta enterpreaneurship. Profil lulusan yang dimiliki jurusan Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP yaitu pelaku bisnis, konsultan bisnis, peneliti dan pendidik.
Selain profil lulusan, kamu juga harus tau nih kompetensi lulusan yang dimiliki Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP diantaranya,

a. Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang administrasi bisnis
b. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang administrasi bisnis dari berbagai sumber
c. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
d. Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
e. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
f. Bekerja dalam tim
g. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Metode pembelajaran yang akan kamu terima di Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP diantaranya adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan struktur dari persyaratan program yang harus kamu tempuh di jurusan Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP yaitu dengan jumlah SKS 147, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester dan mahasiswa harus fulltime acuan standar isi BNSP tahun 2010.

Dan untuk dukungan fasilitas yang akan kamu terima di Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu pergunakan sebaik-baiknya, dan dapat menunjang kamu dalam proses belajar di dalam kelas maupun diluar. Tentunya fasilitas tersebut disediakan agar mahasiswa merasa nyaman .

Hal penting lain yang harus sahabat Ahzaa ketahui yaitu mengenai kebijakan dan prasyarat admisi dari jurusan Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP adalah seleksi jalur SNMPTN PPA UNDIP harus lulusan SMA jurusan IPS, sedangkan melalui seleksi lainnya dapat dari jurusan IPA/IPS/Bahasa.  Seleksi dilakukan berdasarkan hasil tes.

Semoga pembahasan artikel mengenai Program Studi S1 Administrasi Bisnis UNDIP bermanfaat buat kamu sahabat Ahzaa, sampai beretemu di artikel kami selanjutnya. Tetap simak terus dan jangan lupa share artikel ini ke teman, sahabat, dan saudara kamu agar mereka juga mendapat informasi penting ini. Sekian terima kasih .

Salam

No comments:

Post a Comment