6/28/2022

Mengenal Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

Salam literasi untuk sahabat Ahzaa, dan sukses terus buat kalian semua. Kebiasaan baik tentu akan membawa dampak baik juga ya kawan untuk diri kita, maka dari itu mulailah melakukan kebiasaan positif tersebut. Kamu bisa memulainya dengan membiasakan diri dengan gemar membaca, agar bertambahnya wawasan ilmu pengetahuan kamu. Mengunjungi web kami dan menyimak pembahasan artikel ini tentu itu sudah menjadi salah satu diantaranya kebiasaan positif.
 
Mana nih suaranya yang suka mengunjungi perpustakaan? Dan tentunya ingin menggeluti ilmu perpustakaan. Boleh banget nih jika kamu bergabung di Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP. Simak terus yuk artikel ini, agar kamu mengetahui terkait jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP. 

Photo by Jonas Jacobsson on Unsplas


Tentang Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP
Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP mendapatkan pengakuan Akreditasi A Pada tahun 2018 sesuai dengan Nomor 1178/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018. Sudah tidak perlu diragukan lagi ya kawan, jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP sudah memegang jurusan sangat baik. Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP ini termasuk dalam Fakultas Ilmu Budaya UNDIP. Untuk gelar yang akan kamu dapatkan jika dinyatakan lulus dari jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP yaitu Sarjana Humaniora (S.Hum). 

Perlu sahabat ahzaa tau nih tujuan program yang terdapat dalam jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP adalah
1. Agar dapat menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi dasar keilmuan dalam bidang perpustakaan dan informasi
2.  Membekali alumnus dengan kompetensi teknologi informasi untuk perpusdokinfo
3. Mengingkatkan mutu tenaga perpustakaan dan pusat-pusat dokumentasi dan informasi agar lebih mampu memahami dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Materi Kuliah
Materi yang akan kamu pelajari di jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP diantaranya yaitu manajemen perpustakaan dan pengelolaan informasi berbasis teknologi informasi, metode dan sarana penelusuran informasi, strategi pemasaran dan distribusi informasi, metode penelitian untuk pusdokinfo dan beberapa materi lain yang berhubungan dengan kepustakawan.  Dan untuk profil lulusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP adalah manajer perpustakaan, pustakawan, dokumentasi/arsiparis, pembuat sistem informasi perpustakaan, informasi konsultan, dan peneliti.

Kamu juga harus tau nih sahabat ahzaa mengenai kompetensi lulusan yang tedapat di jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP. Komptensi lulusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP diantaranya yaitu

a.  Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang ilmu perpustakaan 
b. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang ilmu perpustakaan  dari berbagai sumber
c.  Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
d. Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
e.  Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
f.  Bekerja dalam tim
g. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Metode pembelajaran dan asesmen
Metode pembelajaran dan asesmen yang terdapat dalam jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur persyaratan program yang harus mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP tempuh diantaranya adalah jumlah SKS 145, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester dan mahasiswa harus fulltime acuan standar isi BNSP tahun 2010.

Dukungan dan Fasilitas
Tak perlu khawatir kawan, kamu akan mendapatkan dukungan fasilitas yang dapat kamu nikmati untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa. Tentu kamu akan merasa nyaman dan aman saat menjalani perkuliahan di dalam kelas maupun di luar kelas. Failitas yang akan kamu dapatkan diantaranya yaitu fasilitas ILS (information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling.

Prasyarat Pendaftaran
Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus kamu perhatikan jika ingin menjadi keluarga di jurusan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP adalah mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes. 

Baik, demikian pembahasan artikel ini terkait Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP. Buat kamu yang suka menggeluti ilmu perpustakaan bisa banget loh daftarkan diri kamu di Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan UNDIP. Cukup di sini dulu pembahasan artikel ini ya kawan, sampai bertemu dan jangan lupa simak terus artikel kami selanjutnya. 

Terima kasih, Salam.

No comments:

Post a Comment